fbpx

Penyangga Kanopi Cagak Rumah Minimalis Ternyata Meningkatkan Nilai Jual Hunian!

Tiang rumah memiliki peran yang begitu vital, terutama jika hunian tersebut memiliki sebuah kanopi di atas terasnya. Dikenal pula dengan cagak rumah minimalis, kita tentu bisa menghiasnya agar nampak cantik sembari mendukung fungsinya tersebut.

Cagak rumah ini pun harus kita sesuaikan dengan jenis dari hunian itu sendiri. Misalnya jika rumah kamu bertema kontemporer, maka penggunaan batu alam bisa sangat menyatu dengan rumah tersebut.

Ada lagi jenis mewah dan modern mengikuti perkembangan zaman dan desain eksterior di kota-kota besar.

Semua jenis model, desain, dan material yang digunakan – tak lain dan tak bukan – adalah demi meningkatkan tampilannya secara nyata.

Untuk jenis dan desainnya, ada pilihan cagak rumah minimalis yang bisa kamu coba dan terapkan dimulai hari ini juga!

Cagak Rumah Batu Alam

Cagak Rumah Batu Alam

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa cagak rumah batu alam lebih mampu menyatu dengan hunian bertema kontemporer, akan tetapi bukan berarti kita tak bisa menggunakannya pada desain dan model lain.

Yang terpenting susunan dasarnya masih berupa minimalisme, batu alam cenderung mampu menyesuaikan dirinya dengan hunian tersebut.

Pilihlah batu alam yang berwarna hitam, serta cat dasar dinding bagian luar berwarna putih. Perpaduan warna tersebut akan menitikberatkan pada tiang kanopi sebagai fokus utama dari hunian dari tampak depan.

Cagak Rumah Modern

Cagak Rumah Modern

Modern bisa kita nilai dari sisi desain, bentuk, dan warnanya. Bahkan ada jenis cagak rumah minimalis yang berdiri sendirian sehingga nampak begitu kontras sebagai ornamen depan rumah.

Sebagian besar cara tersebut bisa menyatu dengan hunian kecil seperti type 36, yang mana tak membutuhkan ukuran terlalu lebar bagi kanopi yang tersemat di sana.

BACA JUGA :  4 Pagar Kebun Minimalis Membuat Pekarangan Rumah Nampak Menawan

Cari juga warna yang terang mengikuti unsur dari kekontrasan. Agar tak bersaing dengan dinding rumah, maka background tersebut bisa menggunakan warna netral seperti krem, dasar seperti putih, atau disamakan dengan sedikit garis putih di sana-sini.

Silahkan bayangkan sendiri antara rumah minimalis yang dengan dan tanpa cagak, pasti memiliki nuansa berbeda begitu jelas.

Cagak Rumah Mewah

Cagak Rumah Mewah

Jika rumah kamu terbilang besar dan mewah namun masih ingin mendapatkan sisi minimalisme, maka harus didukung dengan model dan warna dari cagak rumah minimalis itu sendiri.

Dikarenakan teras dan kanopinya yang lebar, maka seringkali kita membutuhkan lebih dari 2 buah tiang.

Triknya adalah untuk tidak menghiasinya dengan warna terang karena malah akan membuatnya begitu menyilaukan dan jauh dari istilah minimalisme.

Warna terang hanya boleh kamu gunakan untuk hunian kecil karena berguna untuk memberikan ilusi besar.

Alhasil penerapan warna terang pada hunian yang sudah mewah malah akan merusak arti dari simple dan minimalis sebagai gaya hidup sehari-hari.

Cagak Rumah Besar

Cagak Rumah Besar

Ada pula cagak rumah minimalis super besar yang berhasil menjulang tinggi ke langit-langit lantai 2.

Kuncinya pun sama dengan cagak rumah mewah di atas, yakni pemilihan warnanya tak boleh menggunakan semburat terang.

Sebaliknya, carilah warna dasar seperti putih atau hitam yang disesuaikan dengan warna krem atau putih dari dinding.

Nuansa minimalisme akan semakin kamu rasakan jika memiliki kanopi atap di lantai 2 tersebut. Jika hunian dilengkpi dengan beranda atas, jangan lupa juga untuk mengecat pagar teras atas dengan warna sejenis.

Selain mencegah tampilan berlebihan, warna hitam pada cagak dan pagar juga akan mengurangi pantulan sinar matahari sekaligus memberikan highlight pada elemen utama rumah tersebut.

Tinggalkan komentar