fbpx

Kanopi Balkon Atas Minimalis, Tips Membuatnya Indah Berkali Lipat!

Balkon lantai 2 atau lebih atas lagi merupakan tempat yang sangat ideal untuk bersantai dan menghabiskan waktu di luar ruangan, tetapi panas matahari yang terik bisa membuat kita tak nyaman. Buatlah pilihan cerdas dengan menambahkan kanopi balkon atas minimalis untuk mengatasi masalah tersebut.

Berbeda dengan atap yang seringkali mengkerucut dan nampak klasik, kanopi malah membuat hunian kita menjadi nampak lebih berkualitas dan modern.

Sisi indahnya yang mengkilau dan badannya yang ramping nampak begitu keren saat ditatap dari kejauhan.

Warna-warna dari bagian depan cor daknya sendiri bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan selera pribadi.

Namun untuk melakukannya, ada beberapa tips dan cara berikut yang akan membuat kanopi balkon atas minimalis kamu nampak indah berkali-kali lipat dari coran dak tetangga.

Kanopi Pergola

kanopi balkon lantai 2

Ini masih jarang digunakan di perumahan manapun, dengan begitu hunian kita akan nampak unik.

Pergola sendiri merupakan sistem atap terbuka yang terdiri dari bilah kayu (bisa menggunakan kayu palet) yang dipasangkan dengan jarak rata antara satu sama lain.

Mungkin diantara kamu berpikir bahwa jenis kanopi ini masih bisa memaparkan cahaya matahari di atas.

Namun sebenarnya kita lebih mudah menghiasinya dengan nuansa alam. Misalnya, kita dapat menumbuhkan tanaman merambat sebagai penyejuk balkon di lantai atas kita, yang mana menjalar hingga ke model tiang kanopi yang juga tak kalah bagusnya.

Saat ditatap dari depan, maka beranda kita pun akan nampak seperti hunian yang berasal dari dunia fantasi.

Kanopi Akrilik

kanopi balkon tingkat

Cara lain untuk menaungi area beranda atau balkon kita adalah dengan membuat sebuah struktur atap semi permanen dari logam dan melapisinya dengan lembaran akrilik atau polikarbonat.

BACA JUGA :  Tekstur Tembok Minimalis dan Tekhnik Rahasia Di Dalamnya

Bentuknya yang agak transparan akan mengurangi paparan cahaya matahari secara langsung. Namun di saat yang bersamaan, kanopi balkon atas minimalis ini akan nampak ajaib saat turun hujan.

Sisi keunikannya sendiri dapat terlihat ketika tetesan air hujan membasahi bagian semi transparan di setiap lembaran akrilik yang dipasangkan.

Sebagai alternatif, cari juga atap kaca yang telah dikeraskan agar susunannya terlihat rapi dan memungkinkan cahaya masuk ke balkon dan sekaligus memberikan keteduhan bagi kita.

Regangkan Kanopi Paviliun

model kanopi balkon minimalis

Misalnya kamu masih ingin mendapatkan asupan nutrisi vitamin D dari sinar mentari, akan tetapi ada sebagian kecil area beranda kamu tertutupi oleh dak minimalis, maka buatlah paviliun sebagai jenis kanopi portable.

Misalnya hasil ciptaan Nick Leith-Smith Architecture memasang kanopi balkon atas minimalis dengan gaya paviliun untuk menaungi satu bagian area tempat duduk saja.

Struktur semi permanen ini terdiri dari bagian atas kain yang direntangkan pada bingkai dengan tiang sudut yang melekat pada geladak.

Mungkin ini cara termudah untuk dilakuan karena tak memerlukan budget super gede saat membuatnya.

Kanopi Setengah Bagian

desain kanopi balkon minimalis

Tujuannya masih sama seperti yang di atas, yakni kita hanya ingin membuat kanopi yang menghalangi sinar matahari sebagian saja.

Dengan begitu, kanopi balkon atas minimalis ini nampak multifungsi. Cocok disematkan di rumah yang banyak sekali penghuninya.

Karena seringkali ada beberapa orang yang doyan berjemur di pagi hari, ada pula yang takut kulitnya gelap saat terpapar sinar mentari.

Untuk membuatnya, pasang kanopi setengah dari lebar teras atas kita. Bisa juga menggunakan jenis canopi gantung. Kemudian sematkan 2 buah kursi di sana.

Kita pun dapat menyematkan ayunan yang menempel pada langit-langit kanopi agar gaya hidup santai dan me time kita semakin terasa.

BACA JUGA :  Gambar Pos Satpam Minimalis Memastikan Rumah Kita Aman

Ajak seluruh anggota keluarga untuk rekreasi di beranda atas setiap kali hari libur tiba sambil mendapatkan paparan sinar alami yang menyehatkan.

Tinggalkan komentar