fbpx

Serba-Serbi Tangga Ulir Minimalis, Hemat Ruang Bergaya Artistik

Mau itu di luar atau dalam ruangan, tangga ulir minimalis dengan bentuknya yang spiral akan mampu menghemat lebih banyak ruang.

Tak jarang kita pun terpesona untuk membuatnya tersemat di hunian kecil dan mini, terutama type 36 atau bahkan kurang daripada itu.

Tangga berputar ini akan senantiasa memberikan banyak sekali fungsi dan kelebihan. Namun harus kita imbangi dengan kebutuhannya yang beragam, terutama dari sisi daya tahan dan pemasangan.

Daya tahan tersebut juga tentunya didukung dengan berbagai macam elemen, sebut saja ukuran, material, railing, hingga pembentukan sebagai finishing.

Berikut ini adalah serba-serbi tangga ulir minimalis lengkap dengan gambar dan hal-hal yang dibutuhkannya saat proses dibuat. Jangan sampai dilewatkan setiap detail yang ada ya!

Ukuran Tangga Ulir

Ukuran Tangga Ulir

Tak ada artinya jika misalnya tangga spiral kita kegedean, karena ujungnya malah akan menyempitkan ruangan kita.

Di saat yang bersamaan, membuatnya terlalu kecil juga akan membahayakan kita sebagai penggunanya.

Bukan hanya dari sisi keseimbangan, juga anak tangga yang terlalu kecil membuat kita rentan terjatuh.

Idealnya, kita harus membuat tangga hemat ruangan menggunakan diameter sekitar 1,25 meter. Ukuran ini akan memudahkan kita saat ingin memasangkan elemen lain terutama railing atau jerjak tangga.

Lebar ini akan sangat kuat sekalipun ketinggiannya mencapai 2,75 meter ke atas.

Tangga Ulir Bekas

Tangga Ulir Bekas

Seperti yang kita tahu bahwa besi memang dapat didaur ulang, sehingga bisa saja material utama yang kita beli baru tersebut merupakan daur ulang dan bukanlah berasal dari bijih besi utama.

Namun yang terpenting adalah dari sisi kekuatannya masih harus mumpuni. Akan fatal akibatnya jika tangga ulir minimalis yang tersemat di dalam rumah kita menggunakan material abal-abal yang mudah goyah atau karatan.

BACA JUGA :  4 Macam Sofa Warna Pink Minimalis dan Efeknya Terhadap Rasa Kasih Sayang

Hindari pembelian tangga bekas yang sudah nampak ambruk. Jangan mentang-mentang diberi harga murah kemudian buru-buru membelinya, karena sisi keamanan haruslah tetap menjadi prioritas utama kita.

Apalagi jika ada anak-anak dan orang tua sebagai bagian dari hunian rumah kita.

Railing Tangga Ulir

Railing Tangga Ulir

Railing atau pegangan tangga ulir minimalis menjadi hal terwajib yang harus kamu perhatikan entah dari sisi desain hingga materialnya.

Jika dipasangkan dengan benar, maka railing ini akan memiliki tingkat keamanan yang sama seperti halnya tangga tradisional pada umumnya.

Kuncinya adalah material yang digunakan tidak licin saat dipegang, mudah digenggam, serta tak mudah karatan.

Segera ganti jika ada bagian yang nampak rusak atau tajam karena dapat membayakan telapak tangan.

Dari sisi tampilan, railing juga tentu memainkan peran yang sangat penting. Untuk menampilkan kesan asyik yang penuh dengan seni, carilah warna railing tangga terbaik yang nampak menyatu dengan hunian kamu saat ini.

Model Tangga Ulir

Model Tangga Ulir

Modelnya tentu bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan persona dari tangga ulir minimalis itu sendiri.

Ada banyak material yang tersedia sehingga memberikan tampilan berbeda dari setiap sisi dan model desainnya.

Misalnya, kita bisa menggunakan model tangga ulir dari besi, kayu, hingga campuran antara keduanya.

Beberapa orang juga lebih senang menggunakan model railing dari kaca tebal anti pecah yang dipadukan dengan unsur metal agar nampak lebih modern.

Secara rata-rata model tangga ini tak memiliki bentuk lain selain spiral. Mungkin hal yang paling dominan dari perbedaannya terletak pada ukuran dan dimensinya yang harus disesuaikan dengan ketinggian dan material yang digunakan.

Bahkan setiap ketinggian ada aturan baku tersendiri di luar negeri sana, yang bisa kita ikuti demi menjaga keselamatan dan keawetan furnitur kita tersebut dalam jangka panjang.

Tinggalkan komentar