fbpx

Indahnya Model Anak Tangga Minimalis Mempercantik Interior dan Eksterior

Lantai 2 di rumah kita pastinya akan jauh lebih mudah diakses saat menggunakan sebuah tangga yang telah tersemat di sana. Demi meningkatkan kualitas tampilan dan kerapihan, ada kalanya kita pun membutuhkan sebuah model anak tangga minimalis tertentu agar enak saat dipandang oleh mata.

Tidak peduli apakah saat ini kamu tengah berencana membuat rumah, meningkatkan hunian yang sudah ada menjadi loteng, atau memperbaiki tangga, membuatnya terlihat menarik bisa menjadi sebuah kewajiban buat siapa saja yang doyan dengan hunian rapi dan bernuansa minimalis.

Jika otak kamu masih nge-blank untuk membayangkan model anak tangga minimalis untuk direalisasikan, mungkin beberapa tips dan gambar di bawah ini dapat membantu.

Model Anak Tangga Teras Depan Rumah

Model Anak Tangga Teras Depan Rumah

Pertama kita mulai dulu dari area luar, yakni teras depan rumah. Untuk membuat tangga yang unik dan indah, kita harus bisa menyatukannya dengan nuansa sekitar, terutama halaman.

Jika misalnya kondisi rumah kamu dibangun di atas tanah menurun, maka akan sangat terlihat sekali keindahannya dengan menyematkan tangga dari gerbang depan hingga teras. Dari kejauhan akan terlihat bahwa hunian kita bak istana di negeri dongeng.

Namun untuk hunian yang dibangun di tanah lapang, maka bisa sematkan 3-4 anak tangga dari tanah ke teras demi menghindari air hujan membahasahi hunian kita.

Agar tak mudah terpeleset, maka anak tangga beton lebih disarankan untuk area luar ruangan. Lagipula, coran beton cenderung mampu menahan cuaca di luar yang ekstrim sekalipun.

BACA JUGA :  Penting Tapi Disepelekan, Tali Air Rumah Minimalis Bisa Menyelamatkan Hunian Kita!

Model Anak Tangga Beton

Model Anak Tangga Beton

Namun siapa sangka ternyata kita pun dapat menyematkan model anak tangga beton sebagai bagian dari interior.

Untuk membuatnya tampil cantik, biasanya orang akan melapisinya dengan marmer atau keramik dengan pola-pola tertentu.

Namun ada syarat tersendiri untuk melakukannya, yakni lantai rumah kamu keseluruhan juga harus berbalut keramik.

Akan kurang enak dilihat jika misalnya kita menggunakan model anak tangga minimalis berbalut keramik namun lantai hunian kita yang lainnya menggunakan kayu.

Model Anak Tangga Dari Besi

Model Anak Tangga Dari Besi

Sementara itu, tangga besi cenderung jauh lebih multifungsi dan dapat disematkan di berbagai macam area sesuai keinginan.

Misalnya di dalam rumah, maka akan cocok disematkan di hunian berbalut lantai keramik ataupun kayu.

Sementara di luar ruangan, besi cenderung kuat terhadap sinar matahari dan air hujan. Sekalipun ada kalanya karatan, akan tetapi sebagian besar besi yang digunakan untuk furnitur luar sudah dibaluk dengan stainless steel, atau bahan anti karat lainnya.

Akan tetapi perlu diingat bahwa kita harus memberikan cat warna hitam jika ingin menyematkannya sebagai furnitur eksterior. Soalnya sinar cahaya matahari akan diserap dan tak dipantulkan secara maksimal.

Sebaliknya, pantulan sinar matahari gegara furnitur eksterior yang berwarna terang akan membahayakan kita saat menaiki atau menuruninya.

Model Anak Tangga Dari Kayu

Model Anak Tangga Dari Kayu

Kita memang sering melihat adanya model anak tangga minimalis yang terbuat dari kayu tersemat di luar ruangan, terutama di area taman.

Namun jika kayu tersebut bukanlah jenis berkualitas baik seperti kayu jati, maka akan cepat mengalami pelapukan dan pembusukan, sehingga lambat laun malah akan membahayakan siapa saja yang menaikinya.

Singkatnya, jika kamu hendak membuat model anak tangga dari kayu, maka pastikan dulu bahan dasarnya.

BACA JUGA :  Cara Mendesain Rumah Monokrom Minimalis Lebih Berwarna!

Jika misalnya rentan terkena air hujan, maka akan lebih baik jika disematkan saja di dalam ruangan.

Lagipula, anak tangga dari kayu sangatlah menyatu dengan hunian berlantai kayu ataupun keramik.

Tinggalkan komentar