fbpx

Buat Tangga Besi Kecil Minimalis Tanpa Menghabiskan Banyak Space

Buat kamu yang tengah pusing memikirkan pemasangan tangga di rumah saat ini, kenapa tidak coba saja tangga besi kecil minimalis yang mampu membawa kelebihan sekalipun tersemat pada ruangan yang kecil.

Elemen ini dapat dengan mudah disematkan tanpa harus menghabiskan banyak sekali ekstra space, sambil menyediakan nilai gunanya agar kita dapat mengakses lantai 2 dengan begitu mudah.

Selain itu, tangga kecil ini dapat menjadi salah satu titik fokus di ruangan tertentu sehingga perlu kita dandani secantik mungkin.

Tak perlu berlebihan dengan menempatkan ornamen yang harganya selangit. Sebagai sosok penghuni rumah minimalis, kita bisa bermain-main di dalam bahan dan warna.

Jika masih bingung, mari kita selami lebih dalam mengenai tips dan manfaat dari tangga besi kecil minimalis untuk disematkan di rumah kita.

Jenis Tangga Besi Kecil

Jenis Tangga Besi Kecil

Tangga besi hadir dalam berbagai macam bahan dan desain. Ini memungkinkan kita sebagai pengguna terhindar dari kebosanan!

Jadi jangan terpatok pada desain, bahan, dan warna yang itu-itu saja! Kika harus mengkreasikan diri dalam memadu-padankan antara satu ruangan bawah dengan atas secara lebih elegan.

Untuk jenisnya sendiri, silahkan coba atau bayangkan beberapa varian berikut ini! Mungkin saja ada yang nampak serasi dan ideal dengan selera dan kondisi rumah kamu sekarang.

Tangga Besi Hollow

Tangga Besi Hollow

Kita bisa menyematkan segala macam besi pada elemen tersebut. Hanya saja, bagian anak tangga dan railing-nya bisa kita pisahkan sesuai dengan kebutuhan.

Katakanlah anak tangga dibuat dengan 100% besi, sementara railing atau pegangannya bisa kamu setarakan dengan besi hollow.

Saat besi yang memiliki karakteristik bolong di tengah ini tersemat pada tangga besi kecil minimalis di rumah kita, maka akan mengurangi biaya entah dari sisi instalasi ataupun bahan dasar itu sendiri.

Berkat proses fabrikasinya, logam seperti besi hollow sangatlah fleksibel dan dapat dibangun untuk hampir semua spesifikasi.

Tangga Besi Lipat

Tangga Besi Lipat

Bahkan ada pula jenis tangga besi kecil minimalis yang dapat dilipat sehingga lantai 2 nampak seperti ruang rahasia.

BACA JUGA :  6 Model Meja Minimalis Dari Kayu Dengan Karakteristiknya Masing-Masing

Ini bisa kamu gunakan untuk area privasi yang tak ingin didekati oleh tamu atau orang luar. Privasi tersebut bisa berupa gudang atau kamar tidur.

Sama halnya seperti besi hollow di atas, membuat tangga lipat loteng minimalis juga cenderung mudah untuk dipasangkan dan tidak memerlukan biaya besar.

Bahkan ada banyak produsen yang memang menjual tangga lipat dalam bentuk jadi, lengkap dengan desain dan bentuknya yang unik.

Pilihan ini tentunya lebih disarankan karena menghindari kegagalan pembuatan dan pemasangan – yang seringkali terjadi jika dibuat bukan sama ahlinya.

Tangga Besi Melingkar

Tangga Besi Melingkar

Tangga besi kecil minimalis bisa kita press lagi hingga nampak semakin hemat ruangan, yakni dengan cara membuatnya nampak melingkar.

Desain ini sudah banyak digunakan pada hunian modern dengan lahan terbatas. Lagipula, tangga melingkar ini mampu memberikan nilai jual yang jauh lebih tinggi.

Sekalipun bisa kita cat dengan berbagai macam warna, namun sebenarnya warna besi asli yang hitam masih sangat menyatu dengan hunian minimalis karena termasuk ke dalam warna dasar.

Pernis pun tak diperlukan berkat sifatnya yang tak bengkok atau melengkung meskipun diserang oleh perubahan suhu dari waktu ke waktu di dalam ruangan.

Untuk alasan ini jugalah, tangga besi seringkali dijagokan sebagai bagian dari furnitur eksterior luar ruangan.

Tangga Besi Kayu

Tangga Besi Kayu

Bolehkah kita kombinasikan dengan kayu? Siapa yang melarang? Boleh-boleh saja! Bahkan kayu dan besi sudah menjadi dua sejoli yang seringkali tak dapat dipisahkan.

Ada banyak pilihan yang bisa kamu kreasikan sendiri untuk membuat tangan besi kecil minimalis yang satu ini.

Misalnya, kita bisa membuat anak tangga dari besi sementara railing-nya terbuat dari kayu. Atau sebaliknya, anak tangga dari kayu sementara railing terbuat dari besi.

Tak perlu takut untuk memadupadankan keduanya. Warna alami besi dan kayu sudah sangat cocok sebagai gambaran dari minimalisme klasik dan modern, sehingga mampu memunculkan nuansa artistik yang unik.

Tangga Besi Tempel Dinding

Tangga Besi Tempel Dinding

Kita juga dapat memanfaatkan kekokohan dinding sebagai bagian dari pondasi. Namun tetap saja frame utama harus tersemat demi menstabilkan struktur bangunan.

BACA JUGA :  Lemari Setengah Badan Minimalis, Berapa Ketinggian yang Ideal?

Hampir sama seperti halnya tangga besi kecil minimalis biasa yang menyematkan railing dan anak tangga, perbedaan dari jenis ini adalah cenderung lebih mampu bertahan dari goyangan saat kita menaikinya.

Dinding beton sejatinya merupakan sekat pemisah yang mumpuni dalam hal kekuatan dan kestabilan, sehingga para arsitek jauh lebih merasa aman saat tangga didekatkan dengan struktur dinding tersebut.

Pilihan ini cocok buat hunian yang terdapat anak kecil di dalamnya, karena memungkinkan mereka dapat berjalan lebih aman dan anti goyang sekalipun dinaiki atau dituruni secara terburu-buru.

Aksesoris Tangga Besi Kecil

Selain daripada jenisnya yang tersebar dalam berbagai macam bentuk dan desain, kita pun bisa membuat struktur tangga besi kecil minimalis menjadi jauh lebih aman, kuat, dan indah saat ditatap dari kejauhan.

Meskipun ada banyak ornamen indah yang ditawarkan, namun kami lebih ingin membahas 2 jenis aksesoris yang mampu mendatangkan lebih banyak nilai guna dan manfaat bagi para penghuni rumah itu sendiri. Diantaranya:

Pagar Tangga Besi

Pagar Tangga Besi

Pagar tangga ini adalah nama lain dari railing. Bagian pinggirannya memiliki banyak sekali manfaat, dimulai dari pegangan, keamanan agar tak terjatuh, penstabil tangga, dan masih banyak lagi.

Dari bahannya sendiri bisa kita sesuiakan dengan tema rumah atau selera masing-masing. Ada yang berbasis kayu, besi, kaca, bahkan hingga tralis dan loster.

Pegangan Tangga Besi

Pegangan Tangga Besi

Ada pula pegangan yang tersemat pada dinding sepanjang tangga itu berdiri. Gunanya masih sama, yakni membantu agar kita dapat dengan aman saat menaiki atau menuruni tangga.

Aksesoris ini sangatlah dibutuhkan buat siapa saja yang tengah memiliki masalah kesehatan terkait keseimbangan.

Sebut saja para penderita stroke yang tengah menjalani rehabilitasi, anak kecil yang baru bisa berjalan, kamu yang merasa kelelahan setelah pulang bekerja, dan segala macam keadaan dan situasi yang sulit untuk dapat dikontrol.

Minimalisme dengan aksesoris ini tak hanya menonjolkan sisi keindahan bangunan dan kegunaannya saja, juga membantu kita tetap aman dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Tinggalkan komentar