fbpx

Tips Memilih Sangkar Burung Minimalis Mewah Agar Hewan tak Mudah Mati

Memelihara seekor hewan unggas di dalam sangkar burung minimalis mewah memang menjadi kebanggaan tersendiri. Namun siapa sangka ternyata mereka pun dapat memberikan manfaat bagi para pemiliknya.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara memelihara burung yang baik dan benar, yang mana salah satu cirinya adalah memasukan mereka ke dalam sangkar yang kurang begitu nyaman atau tidak sesuai untuk ditinggali.

Alhasil kebanyakan dari hewan peliharaan tersebut hanya mampu hidup kurang dari satu bulan saja. Jika bisa bertahan lama pun kondisi burung kurang begitu baik, terlihat stres, dan sakit-sakitan.

Untuk itulah, sebelum kamu benar-benar memeliharanya, pastikan kamu menyediakan beberapa sangkar burung minimalis mewah pilihan seperti pada gambar berikut ini.

Sangkar Burung Lovebird

Sangkar Burung Lovebird

Burung lovebird atau burung cinta ini memiliki ukuran antara 12 hingga 17 cm. Cukup standar bagi spesies burung yang dapat terbang.

Berkat ukurannya tersebut jugalah, kita bisa membeli kandang burung standar dengan rentang jeruji sekitar 2 cm.

Tapi perlu dicatat bahwa burung lovebird sangatlah aktif, sehingga seringkali kita membutuhkan kandang yang agak lebih besar agar mereka mampu bermain dengan ceria.

Ukuran yang direkomendasikan adalah sekitar 81 x 50 x 50 cm per pasang burung dengan empat buah tempat bertengger, wadah pakan dan air, serta area untuk mandi.

Sangkar Burung Kenari

Sangkar Burung Kenari

Hampir sama ukurannya dengan burung lovebird di atas, akan tetapi dari sisi merawatnya sangat berbeda.

Sekaipun kenari merupakan jenis burung yang sangat kuat dan mampu bertahan dalam suhu kamar biasa, akan tetapi tetap jauhkan sangkar burung minimalis mewah tersebut dari area yang berangin kencang, AC, dan paparan sinar matahari secara langsung.

BACA JUGA :  9 Tips Jitu Etalase Kosmetik Minimalis Memiliki Nilai Jual Tinggi

Pasalnya, kenari bisa mengalami panas pada suhu tubuhnya lebih cepat dari burung pada umumnya.

Salah satu ciri bahwa area sangkar mengalami kenaikan suhu adalah ketika mulut kenari tersebut menganga lebar dan sayapnya nampak menjauh dari tubuhnya. Jadi segera bawa ke tempat yang lebih sejuk sebelum terkena dehidrasi, heatstroke, dan mati.

Sangkar Burung Pleci

Sangkar Burung Pleci

Burung pleci memiliki keunikan pada area matanya yang nampak putih. Namun bukan berarti pupil dan bola matanya memiliki warna serupa, melainkan masih nampak hitam layaknya burung pada umumnya.

Burung pleci memiliki ukuran kecil, tetapi dari sisi suaranya sangatlah merdu. Sebagai hewan unggas penyanyi, banyak orang Asia yang sudah memeliharanya semenjak ratusan tahun yang lalu.

Tapi lagi-lagi kondisi dan jenis sangkar burung minimalis mewah untuk pleci yang kita gunakan akan mempengaruhi suara nyanyian dan kualitas suaranya.

Misalnya, kita harus menentukan ukuran kandang pleci secara tepat dan disimpan pada lingkungan terbaik agar mereka tak stres.

Tempat pakan dan minuman juga harus tetap selalu bersih agar burung terhindar dari bakteri, virus, dan parasit penyebab penyakit.

Sangkar Burung Murai

Sangkar Burung Murai

Di beberapa negara tertentu seperti Amerika, burung Murai sebenarnya ilegal untuk dijadikan hewan peliharaan.

Namun lain tempat lain aturan! Di Indonesia sendiri belum ada larangan mengenai aktivitas memelihara hewan yang satu ini – setidaknya sampai artikel ini dibuat.

Jika kamu salah satu orang yang ingin menjadikannya sebagai teman rumah, maka sangkar burung minimalis mewah untuk murai haruslah sedikit lebih besar daripada sangkar standar.

Soalnya burung ini memiliki ukuran mirip seperti burung ini cenderung lincah dan aktif bergerak. Bahkan ada beberapa spesies yang memiliki ekor panjang dan membutuhkan ruang ekstra untuk dapat menampungnya.

Tinggalkan komentar