fbpx

Buat Ruang Kaca Minimalis Di Rumah Sebagai Area Rekreasi Bersama Keluarga

Cahaya matahari, penerangan di siang hari, cipratan air hujan, serta pemandangan spektakuler di malam hari bisa kamu tonton dengan sempurna jika bersantai di ruang kaca minimalis.

Ruangan ini bisa kamu bikin sebagai area khusus atau disematkan di berbagai macam bagian hunian utama, seperti ruang tengah atau bahkan kamar mandi.

Tergantung pada gaya atau tipenya, kamar-kamar ini dapat berdinding kaca, beratap kaca, atau gabungan dari keduanya.

Dengan pintu multi-geser dan jendela yang dapat dipindahkan sesuka hati, area ini akan menjadi bagian dari rekreasi saat menikmati momen me time atau bersama keluarga.

Dari sekian banyaknya model, ada loh kelebihan kita menyematkan ruang kaca minimalis pada hunian, yang mana dibedakan berdasarkan desainnya sebagai berikut.

Ruang Tamu Kaca Minimalis

Ruang Tamu Kaca Minimalis

Ruang tengah menjadi salah satu area yang paling banyak dikunjungi oleh penghuni, karena merupakan titik utama dari segala macam aktivitas dan pertemuan.

Jadi tak ada salahnya juga untuk memberikan nuansa luar dengan cara menggunakan dinding rumah kaca di hampir segala sudutnya.

Tak perlu takut mengenai jam privasi, karena ada pengaman yang dapat menutupi kaca-kaca tersebut di waktu-waktu tertentu.

Bahkan jenis yang modern hanya menggunakan sentuhan remote control saja, maka semuanya dapat tertutup dan terbuka dengan mudahnya.

Ruang tamu kaca minimalis menjadi salah satu pilihan yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kesehatan mental. Selain pemandangan luar dapat terlihat dengan jelas, cahaya alami juga menyediakan sejumlah vitamin D yang berguna untuk mengusir dan mencegah depresi.

Ruang Kaca Outdoor

Ruang Kaca Outdoor

BACA JUGA :  Motif Relief Minimalis Dari Dinding Rumah Hingga Ekterior Luar Ruangan

Jika rumah kamu sudah terlanjur menggunakan dinding beton atau kayu seluruhnya, maka tak perlu ribet dan pusing.

Kita tinggal menambahkan sebuah ruangan ekstra di luar sebagai tempat rekreasi outdoor, dengan catatan dindingnya terbuat dari kaca. Bahkan bila perlu, bagian atasnya pun menggunakan bahan sama, namun dari jenis kaca yang telah diperkuat dan dilengkapi dengan tulangan besi.

Ruang kaca minimalis ini bisa didesain dengan ukuran 3×3 atau disesuaikan dengan halaman rumah kamu. Sematkan pula furnitur utama seperti meja dan kursi.

Namun dari sisi penggunaannya cenderung multifungsi, kita dapat memanfaatkannya sebagai acara berkumpul sambil bersantai, hiburan, ruang makan, ruang olahraga, atau bahkan peristirahatan seperti spa dan area bermain anak-anak.

Ruang Kaca Kamar Mandi

Ruang Kaca Kamar Mandi

Jika tempat tinggal kamu ada di lingkungan alam dan jauh dari tetangga, maka ruang kaca kamar mandi pun bisa dibuat tanpa harus takut ada yang mengintip.

Sama halnya seperti ruang tengah di atas, ruang kaca minimalis ini dapat kamu tutup untuk mendapatkan ekstra privasi secara penuh di waktu-waktu tertentu.

Jika ingin aman, mungkin kamu bisa menyematkan kaca tersebut di bagian atap untuk mendapatkan sinar mentari dan nuansa langit malam hari yang indah sambil berendam air hangat.

Paparan sinar mentari dari atas juga akan mencegah kamar mandi nampak kusam, sempit, dan lembab.

Sementara dari sisi desainnya, kita akan menjalani akvititas bebersih sambil merasakan nuansa alam tiada tara.

Ruang Kaca Kedap Suara

Ruang Kaca Kedap Suara

Sementara ruang kaca kedap suara selalu digunakan untuk tujuan tertentu, yakni agar tidak menimbulkan kebisingan ke arah luar.

Ini biasanya digunakan untuk studio rumahan dan seringkali disematkan alat musik yang tak bisa dikontrol volume suaranya, seperti misalnya drum.

BACA JUGA :  Jarang Dilirik, Lis Profil Kayu Minimalis Ternyata Menyimpan Esensi Indah

Sebagai informasi, ruang kaca minimalis kedap suara ini mengharuskan kita menggunakan kaca akustik laminasi yang diproduksi dengan menggabungkan dua lapisan kaca berupa interlayer polyvinyl butyral.

Nah, interlayer PVB ini bertindak sebagai lapisan akustik yang memberikan sifat penyerapan suara yang begitu luar biasa.

Tinggalkan komentar