fbpx

Selain Indah, Motif Lis Gypsum Minimalis Memberikan Manfaat Super

Sisi tersulit dari pendirian bangunan itu sebenarnya bukanlah terletak pada pemasangan batu bata saja, melainkan dekorasi dan finishing! Satu dari sekian banyaknya proses yang membutuhkan ketelitian adalah pada saat pemasangan motif lis gypsum minimalis di sudut bangunan atas.

Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa pemasangan gypsum itu mungkin hanya dijadikan sebagai hiasan dan ornamen sebuah hunian saja. Padahal ada manfaat lainnya yang bisa kita petik darinya.

Sadar atau secara tak sadar para pemilik rumah pastinya mendapatkan manfaat tersebut dalam jangka panjang.

Buat kamu yang penasaran, mari kita lihat motif lis gypsum minimalis lengkap dengan manfaatnya seperti yang sudah tertulis di bawah ini.

Motif Lis Gypsum Polos

Motif Lis Gypsum Polos

Gypsum yang memiliki ukiran tentunya dijual dengan harga yang berbeda dan cenderung agak lebih mahal.

Namun buat kamu yang memiliki budget terbatas, maka penggunaan motif lis gypsum polos pun tentunya masih disarankan.

Selain masih memberikan estetika pada bangunan itu sendiri, juga masih memainkan peran penting terhadap detail-detail manfaat yang diberikannya.

Jika ada kerusakanpun, jenis polos cenderung lebih mudah diganti dan tak nampak cacat saat dilihat dari kejauhan.

Tak kalah dengan motif bunga, lis gypsum masih mampu memberikan sifat dan tampilan yang berbeda sesaat setelah dipasangkan.

Lis Gypsum Anti Api

list gypsum polos

Namun di luar dari model lis gypsum minimalis tersebut, ornamen bangunan ini sebenarnya terdiri dari kristal yang mengandung sejumlah kecil air (dikenal pula sebagai air kristalisasi).

Berkat bahannya tersebut jugalah, lis gypsum akan menahan bencana kebakaran sehingga kita dapat memadamkannya sebelum api menyebar terlalu jauh.

Susunan bahan dasar dari lis gypsum tersebut akan membantu menjaga suhu api tetap rendah. Oleh karena itulah, lis gypsum menjadi salah satu ornamen multifungsi yang banyak digunakan secara luas oleh penduduk dunia, terutama saat kita tinggal di area yang panas.

Bahkan ada beberapa jenis gypsum yang mampu menahan api hingga 4 jam lamanya dalam beberapa aplikasi sistem multi-lapisan khusus. Tak heran ada pula produk berupa dinding gypsum minimalis yang diproduksi dan dijual.

BACA JUGA :  Jarang Dilirik, Lis Profil Kayu Minimalis Ternyata Menyimpan Esensi Indah

Mengurangi Tranmisi Suara

lis gypsum polos

Seringkali kita ingin terhindar dari suara bising dari luar atau loteng atas bangunan, terutama jika kita tinggal di apartemen bertingkat.

Nah, penggunaan model lis gypsum minimalis pada rumah akan membantu mengurangi transmisi kebisingan dari atas.

Ini karena setiap sudut antara dinding dan atap tertutupi dan menjadikannya peredam suara dengan budget yang begitu ramah di kantong.

Suara musik yang terlalu kencang memang tak bisa diredam begitu saja, akan tetapi beberapa suara mengobrol yang cenderung privasi tak akan sampai ke lantai atas, sehingga menyediakan keamanan pada diri kita dan keluarga.

Lis Gypsum Motif Bunga

Lis Gypsum Motif Bunga

Kemudian jika kamu memiliki budget agak gede, maka bisa memilih model lis gypsum minimalis yang bermotif bunga.

Berbeda dengan jenis polos di atas, motif ini akan memberikan nuansa artistik yang jauh lebih indah. Jadi tak heran jika harganya pun agak sedikit mahal.

Tapi perlu dicatat bahwa ini hanya berlaku pada tampilannya saja, sementara sifatnya tak memiliki perbedaan sama sekali.

Misalnya dalam hal posisi pemasangan, baik berbunga atau polos tak bisa disematkan di area yang mudah basah.

Ini tentunya termasuk kamar mandi dan dapur (seringkali menghasilkan uap masakan yang berubah menjadi air).

Adapun untuk pemasangan di kedua area rumah tersebut, ada lis gypsum khusus yang anti dan tahan terhadap air.

Bisa Memiliki yang Berserat Kaca

gypsum motif bunga

Untuk itulah, ada banyak jenis motif lis gypsum minimalis yang tak dibuat secara tradisional. Misalnya, sebuah papan gypsum yang diperkuat dengan serat kaca yang tersemat di bawah setiap permukaannya.

Alhasil, bahan ini akan memberikan kinerja menyeluruh yang lebih baik, lapisan plester tahan lama berkualitas tinggi, dan memungkinkan produk tersebut tak mudah ditekuk agar bisa digunakan pada struktur yang basah dan melengkung. Idealnya bisa disematkan pada area semi-terbuka.

Intinya, masing-masing model lis gypsum memiliki tujuan dan pemasangannya masing-masing, jadi alangkah lebih baik jika disesuaikan dengan penggunaan, kebutuhan, dan tujuan.

BACA JUGA :  BUFET TV MINIMALIS

Tersedia Dengan Banyak Variasi

ukiran gypsum bunga

Motif bunga sebenarnya bisa kita bagi ke dalam berbagai macam jenis lagi. Bahkan berkat perkembangan zaman dan keahlian para pengukir dalam menciptakan sebuah cetakan, maka variasi bunga ini cenderung tak terbatas.

Ini bisa memberikan pilihan bagi kita untuk mendapatkan motif lis gypsum minimalis sesuai dengan selera dari masing-masing pengguna.

Motif lis sendiri bahkan bisa disesuaikan dengan gaya dari plafon yang sudah tersemat lebih dulu di rumah kita.

Pasalnya, saat ini sudah banyak sekali gaya dan ciri khas berbeda untuk menghasilkan langit-langit rumah yang begitu menarik hati untuk dilirik.

Warna putih dari gypsum akan membantu menyesuaikan nuansa dasar dan netral pada ruangan kita semaksimal mungkin.

Cat Motif Lis Gypsum

Cat Motif Lis Gypsum

Motif lis gypsum minimalis rata-rata datang dengan warna dasar putih. Akan tetapi kita pun dapat mengecatnya untuk bisa menghasilkan warna kontras atau agar menyatu dengan semburat langit-langit yang telah kita miliki sebelumnya.

Pengecatan biasanya menggunakan sebuah roller yang diberi bantuan berupa galah untuk menggapainya.

Roller ini wajib digunakan karena akan mencegah terjadinya gelembung cat pada saat digunakan.

Selain itu, dasarnya yang berupa busa dapat dengan mudah diterapkan pada permukaan lis gypsum dengan motif bunga sekalipun.

Setelah itu, barulah kita menentukan warna dan jenis cat yang ingin digunakan.

Cara Mengecat dan Pemilihan Warna

cat buat lis gypsum

Warna-warna yang kita pilih nantinya akan memberikan nuansa berbeda entah pada motif lis gypsum minimalis maupun keadaan ruangan secara keseluruhan.

Kemudian pada prosesnya, maka disarankan menggunakan kuas pada bagian sudut-sudutnya jika misalnya penggunaan roller cenderung membuatnya kurang begitu rapi atau sulit untuk dilakukan.

Selain itu, pastikan lis gypsum sudah bersih dari berbagai macam debu, karena jika tidak maka akan menyebabkan bekas debu yang kurang enak dilihat pada lis itu sendiri.

Kita bisa menggunakan cat untuk dinding. Akan tetapi disarankan untuk menggunakan cat dasar khusus gypsum agar lebih menempel dengan sempurna dan menghasilkan semburat warna yang kita inginkan.

Ingat, setiap bahan akan menentukan penampilan dan masa pakainya dalam jangka panjang.

Tinggalkan komentar