fbpx

7 Gapura Rumah Minimalis Modern Dambaan Penghuni Rumah dan Tamu

Sebuah gerbang memang dapat melindungi rumah kita dari orang luar asing yang membahayakan penghuninya. Sementara gapura rumah minimalis modern akan membuat hunian kita menjadi stand out!

Tanpa harus memberikan nuansa berlebih-lebihan, gapura ini akan menarik banyak sekali energi positif yang seringkali menjadi pemancing hoki dan cuan.

Selain itu ada pula manfaat yang mungkin tak kita pikirkan sama sekali. Misalnya, gapura dapat menjadi area pembatas, pintu masuk gerbang, dan ungkapan selamat datang kepada para tamu.

Bahkan di Jepang saja gapura menjadi salah satu simbol untuk memasuki area suci seperti kuil.

Namun khusus bagi kita, mungkin gapura rumah minimalis modern ini dapat menjadi penghias hunian sekaligus ungkapan menerima seseorang dari luar.

Untuk itulah, kita bisa sesuaikan sendiri dengan jenis gapura seperti yang ada di bawah ini.

Gapura Rumah Mewah

Gapura Rumah Mewah

Mewah dan sederhana nampak menjadi dua sisi yang saling bermusuhan. Akan tetapi, minimalisme sendiri sebenarnya merupakan sesuatu yang mewah namun tak berlebih-lebihan.

Itu artinya, kita bisa menempatkan gapura rumah mewah tanpa harus menyematkan hal-hal yang bikin kantong kita boros.

Tak ada relief, tak ada patung, dan tak ada hiasan super mahal lainnya layaknya mansion para artis terkenal di luaran negeri sana.

Sebaliknya, kita bisa memberikan nuansa mewah tersebut dari ketinggiannya yang menjulang, warnanya yang putih bersih, serta pencahayaan atau penempatan lampu tepat di bawah bagian gapura tersebut.

Gapura Rumah Sederhana

Gapura Rumah Sederhana

Sederhana juga tentunya masih termasuk ke dalam nuansa minimalisme. Akan tetapi harus menghindari hal-hal yang terlihat jelek, kotor, kusam, atau seala kadarnya.

Gapura rumah minimalis modern bergaya sederhana ini adalah kebalikan dari kata ‘mewah’ di atas.

BACA JUGA :  ✔ 38+ Warna Cat Rumah Minimalis Dulux Merk Jempolan Semenjak 1931

Dengan begitu, kita bisa buat gapura dengan ketinggian sewajarnya, dan luas yang kecil saja. Misalnya hanya cukup untuk jalan satu buah mobil.

Bahkan kita pun bisa membuat gapura di atas model gerbang minimalis terbaru yang hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki, sehingga rumah sekecil apapun akan nampak minimalis dan indah.

Gapura Rumah Dari Bambu

Gapura Rumah Dari Bambu

Ada pula yang bernuansa tradisional, yakni dari bambu. Sebagian besar gapura ini memang selalu tersemat pada pintu masuk kampung atau desa.

Sebagai sosok kreatif dan ingin tampil berbeda namun masih ingin membawa unsur Indonesia, maka tak ada salahnya juga jika kita ingin menyematkan sebuah gapura rumah minimalis modern yang terbuat dari bahan sederhana tersebut.

Ada banyak cara dan tips yang bisa kita lakukan. Misalnya,

  • Memadukannya dengan bilik.
  • Atapnya tetap menggunakan genteng karena bambu memang kuat menahan beban.
  • Atau bisa juga atap dihiasi dengan serat-serat dari pohon kelapa.

Cukup kreasikan saja sendiri, dan lihat hasil tradisional minimalis modern yang akan kamu dapatkan nanti.

Gapura Rumah Bali

Gapura Rumah Bali

Lain lagi dengan gapura rumah minimalis modern bergaya bali yang biasanya tak memiliki atap. Sebagai gantinya, gapura nampak menjulang tinggi dengan bentuk seperti gunung terbelah.

Gapura gaya Bali cenderung lebih bernuansa Hindu, dikarenakan sejarahnya yang masih menempel secara konstan.

Tentunya akan jauh lebih cocok buat siapa saja yang memiliki agama sama. Akan tetapi kamu pun tak dilarang untuk menggunakannya sebagai bagian dari artistik dan seni budaya di Indonesia.

Tentu saja, bisa dikreasikan sendiri dengan menambahkan bagian atap jika mau. Lagipula kita memang ingin membuat gapura tersebut bukanlah sebagai tempat peribadatan, melainkan  sebagai penghias gerbang rumah yang penuh estetika

Gapura Rumah Jawa

Gapura Rumah Jawa

Lain tempat lain kultur. Jika kamu berkunjung ke pulau Jawa, mungkin gapura rumah minimalis modern yang tersemat akan nampak lebih ke unsur keraton.

BACA JUGA :  Ukuran Loster Kayu Minimalis untuk Berbagai Macam Tujuan

Tapi sama halnya seperti gapura Bali, kita pun tak harus terpatok pada gaya tradisional, melainkan melihat dari sisi kemajuan zaman itu sendiri.

Rata-rata gapura dibuat dari batu bata dengan lebar yang super besar. Sementara kita bisa membuatnya terbuat dari batu alam atau bahan modern lainnya, dengan lebar yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pemilik rumah.

Gapura Rumah Cina

Gapura Rumah Cina

Gapura Cina jauh lebih bernuansa artistik. Bagaimana tidak, unsur dan kebudayaannya masih melekat erat selama ribuan tahun lamanya.

Biasanya gapura rumah minimalis modern dari Cina masih membawa unsur keunikan tersendiri di dalamnya.

Layaknya seperti gaya Jepang, motif dinding dan pagarnya bisa kita tambahkan bentuk shoji, atau kotak-kotak rapi dengan pewarnaan yang sesuai.

Sekalipun ada jenis dan bentuk yang jauh lebih modern, akan tetapi tak disarankan sama sekali.

Ini karena orang yang melihatnya akan salah persepsi terhadap apa yang kita bangun. Bisa saja mereka mengatakan bahwa itu gapura modern biasa, padahal kita ingin menyematkan unsur negeri tirai bambu di sana dengan sempurna.

Gapura Rumah Klasik

Gapura Rumah Klasik

Ada pula gapura rumah minimalis modern yang nampak seperti berada di Eropa. Gaya klasik ini memang penuh dengan seni dan artistik.

Namun lagi-lagi kita bisa menyederhanakan bentuknya dengan semburat warna netral dan ukuran yang jauh lebih kecil atau ringan.

Tak perlu memaksakan diri untuk membuatnya nampak seperti arsitektur yang ada di Eropa sana, apalagi mirip dengan yang ada di Prancis.

Perlu dicatat bahwa gaya bangunan dan gerbang di negara tersebut dibuat oleh para pemahat yang terkenal di zamannya, yang mana tak akan bisa kita lakukan di masa kini.

Jika memaksa, mungkin tarif jasanya akan gila-gilaan! Jadi, mending tetap ikuti kekhasan minimalisme dan modernisasi, yang seringkali tak akan membuat para penghuni rumah merasa ribet.

Tinggalkan komentar