fbpx

4 Pilihan Tangga Lipat Loteng Minimalis Beserta Kelebihannya

Tersembunyi di area atas rumah kita, ruang penyimpanan atau kamar tidur bisa diakses dengan begitu mudah jika menggunakan tangga lipat loteng minimalis.

Berkat fungsinya tersebut jugalah, ruangan yang tak seharusnya dilihat oleh orang lain atau oleh para tamu kita, bisa tetap tersimpan dan jauh dari jangkauan.

Sekalipun memang tak dapat dinikmati dan terlihat selama 24 jam penuh, akan tetapi pemilihan tangga yang nampak menyatu dengan rumah tentu lebih disarankan.

Tak hanya itu saja, kamu pun wajib mencari jenis yang terbuat dari bahan terbaik agar tidak cepat rusak.

Dari sekian banyak tangga lipat yang tersebar di pasaran, berikut adalah 4 bahan baku terbaik yang bisa kamu pilih, lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

Tangga Lipat Dari Metal

tangga lipat yang kuat

Sesuai namanya, tangga lipat loteng minimalis yang terbuat dari metal merupakan perpaduan dari berbagai macam bahan logam. Jika bisa, carilah yang terbuat dari campuran titanium dan magnesium agar membuatnya tahan lama serta ringan saat dipasangkan dan ditarik dari tempat persembunyiannya.

Cari pula yang disertai dengan pegangan tangan agar proses pendakian kamu ke ruang rahasia menjadi jauh lebih aman.

Kelebihan dari tangga lipat metal ini tentu dari segi kekuatan dan bentuknya yang nampak menyatu dengan rumah modern.

Namun kekurangannya dari sisi harga, karena menjadi jenis yang paling mahal dibandingkan dengan ketiga tangga lainnya di bawah ini.

Tangga Lipat Dari Aluminium

tangga lipat aluminium

Masih berbahan dasar metal, namun datang dari satu jenis logam saja, yaitu aluminium. Sama halnya seperti titanium dan magnesium yang ada di atas, aluminium juga cenderung sangat kuat dan memiliki bobot yang ringan.

BACA JUGA :  Terangkan Tentang Ciri Khas Dari Rumah Minimalis! Gampang Banget Kok!

Bedanya, harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Tentu disesuaikan dengan bobot berat yang mampu ditahannya.

Tangga lipat loteng minimalis yang terbuat dari aluminium sendiri hanya bisa menahan beban hingga 165 kg saja.

Jadi dilarang membawa lemari berat menggunakan tangga ini ya! Karena bisa penyok atau bahkan mengalami kecelakaan akibat terjatuh.

Namun jika digunakan sebagai aktivitas normal sehari-hari, maka tangga lipat aluminium juga akan nampak menyatu dengan rumah minimalis yang modern.

Tangga Lipat Dari Kayu

tangga lipat kayu untuk rumah tingkat

Buat kamu yang ingin menghemat lebih banyak lagi, maka tangga lipat loteng minimalis yang terbuat dari kayu bisa menjadi jawabannya.

Tentunya bahan dasar ini jauh lebih ringan dan tak sekuat bahan metal, akan tetapi masih cocok digunakan untuk pemakaian normal.

Kelebihan dari tangga kayu tentunya akan menghasilkan lebih sedikit suara dan dentang daripada jenis logam. Kamu juga bisa melipatnya tanpa harus mengeluarkan ekstra tenaga.

Sayangnya, rata-rata kayu hanya bisa menahan beban kurang dari 110 kg saja, dan mengangkut barang besar seperti lemari tentunya akan menjadi terhambat dan jauh lebih beresiko.

Tangga Lipat Dari Jati

tangga lipat kayu loteng

Atau ingin mendapatkan kekuatan yang sama dengan logam tetapi masih bisa mendapatkan esensi minimalis dan alam di saat yang bersamaan? Maka kayu jati menjadi jawabannya.

Ada banyak kelebihan yang disediakan dari tangga lipat loteng minimalis dengan menggunakan bahan dasar jati, dimulai dari kekuatan, bobot berat, hingga anti rayap.

Sayangnya, harganya sudah pasti mahal, bahkan lebih mahal daripada tangga berbahan aluminium di atas.

Namun jika dibandingkan dengan nilai gunanya, maka bisa bertahan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.

Aroma kayu jatinya pun akan terus terasa setiap kali kamu naik tangga untuk mengakses ruang rahasia tersebut, dan bisa diaplikasikan di berbagai macam desain rumah, entah itu bertema tradisional, kontemporer, maupun minimalis.

BACA JUGA :  Kerja di Rumah Dengan Design Ruang Rapat Minimalis yang Brilian

Tinggalkan komentar