fbpx

Pilihan Risban Kayu Minimalis Untuk Teman Berjemur di Taman

Bersantai di taman atau ruang tamu sih boleh saja, yang penting jangan lupakan sebuah furnitur dengan nama kuno yang disebut risban kayu minimalis.

Di zaman now, risban kayu lebih dikenal dengan nama kursi panjang atau garden chair. Kursi ini memang tersedia dalam berbagai macam bahan, akan tetapi nuansa minimalis dan sederhana bisa kamu dapatkan dengan gaya klasik kayu sekalipun sudah ada di tengah zaman modern.

Kayu memiliki banyak sekali jenis, sehingga harus kamu pilih dengan sebenar-benarnya agar tidak cepat rusak.

Untuk mendapatkan tipe yang berkualitas baik, silahkan tengok risban kayu minimalis berikut ini beserta dengan penjelasannya.

Risban Kayu Jati

Risban Kayu Jati

Kursi taman panjang atau risban memang bisa kita tempatkan di ruang tengah, akan tetapi dari sifat dan lahiriahnya didesain untuk luar ruangan tak peduli ukurannya – mau itu kursi besar atau kursi kayu kecil, tepatnya sebagai bangku taman.

Dikarenakan area luar seringkali terpapar sinar matahari dan air hujan secara langsung, maka bahannya sendiri haruslah kuat.

Misalnya kita bisa menggunakan risban kayu jati yang tahan terhadap cuaca panas dan anti air. Di dalam kursi ini ada minyak alami yang dikeluarkan oleh kayu jati sekalipun sudah dipotong dan diproses menjadi kursi.

Minyak tersebutlah yang membuat air tak mampu menyerap, sehingga dalam jangka panjang kursi akan tetapi bertahan dan terhindar dari kelembapan.

Resban Kayu Antik

Resban Kayu Antik

Semakin berumur risban kayu minimalis dari jati tersebut, maka akan disebut sebagai barang antik.

Sudah banyak loh kursi jati yang dianggap sebagai barang jadul berkat kemampuan dan daya tahannya yang kuat selama berpuluh-puluh tahun.

BACA JUGA :  Cara Mencari Ukuran Kursi Kayu Minimalis, Biar Tak Kegedean atau Kekecilan!

Ada yang bilang juga bahwa furnitur jati mampu bertahan hingga seumur hidup selama perawatannya tepat.

Tak heran jika saat ini pun ada banyak resban kayu antik dari jati yang sudah mencapai usia seabad, yang bisa kamu lihat di salah satu taman di negara Inggris sana.

Di saat yang bersamaan, semakin antik suatu risban, maka harganya pun akan semakin gila! Dengan begitu membeli resban mahal seperti yang terbuat dari kayu jati sebenarnya termasuk ke dalam investasi nyata.

Risban Bambu

Risban Bambu

Selain daripada kayu jati, kamu pun bisa membuat risban kayu minimalis yang berasal dari bahan bambu.

Di beberapa desa di tempat kita, risban bambu cenderung lebih sering digunakan karena lebih mudah dibuat dan harganya yang murah meriah.

Bahkan beberapa pengrajin lokal membuatnya secara langsung untuk dijual kepada para tetangganya.

Menariknya lagi, keahlian tersebut didapatkan secara turun temurun! Jadi jika kamu ingin mendapatkan risban bambu dengan nuansa desanya yang kental, disarankan untuk datang langsung ke desa-desa di Pulau Jawa.

Atau jika ingin praktis, maka membelinya di mebel terdekat pun tak jadi masalah.

Risban Modern

Risban Modern

Bolehkah kita melakukan modifikasi besar-besaran agar risban kayu minimalis ini mendapatkan label modern?

Siapa yang melarang? Boleh kok! Selama tidak mengubah susunan utamanya, yakni sebagai kursi panjang outdoor.

Nuansa modern bisa tercipta dari bentuknya yang unik dan fungsionalitasnya yang ditingkatkan.

Contohnya ada pada gambar di atas, risban tersebut nampak multifungsi dan men-double menjadi kursi dan kasur.

Bahan utamanya yang terbuat dari anyaman bambu masih mampu membawa unsur alam secara lebih sempurna.

Namun letakkan di bawah area tedur agar terhindar dari air hujan. Maklum, risban ini memiliki bagian kasur dan kain sehingga sangat disayangkan jika selalu kehujanan karena dapat membuatnya jamuran.

BACA JUGA :  ✔ 44+ Kursi Tamu Kayu Minimalis Sesuai Budget dan Selera

Tinggalkan komentar