fbpx

Sulitnya Penataan Toko ATK Minimalis Bisa Diatasi Dengan Tips Berikut

Apapun jenis barang yang kamu jual, sebuah toko haruslah mampu meningkatkan penjualan dan konversi. Terutama untuk penataan toko ATK minimalis yang seringkali lebih sulit untuk membuat orang tertarik.

Berbeda dengan makanan yang bisa membuat perut orang keroncongan, ATK dinilai sebagai alat penting namun kurang begitu diminati karena jauh dari kata passion dan hobi.

Sekalipun lebih mudah disusun dan ditata, kekurangannya tersebut mengharuskan kita menambahkan banyak elemen tertentu agar tak kalah dengan toko sebelah.

Maka dari itulah, mari kita lihat 8 ide penataan toko ATK minimalis demi meningkatkan dekorasi sekaligus menarik hati orang agar mau berkunjung dan melihat-lihat, yang kemudian meningkatkan konversi penjualan dan mendatangkan cuan.

Tata Letak Toko Memainkan Peran Penting

desain toko atk minimalis

Setiap penyusunan barang dan layout dari furnitur toko akan mempengaruhi pengalaman pelanggan kita yang telah berkunjung ke sana.

Ada banyak barang-barang kecil seperti pulpen, pensil, dan penghapus yang kita jual, alhasil kita pun harus mampu menyusunnya dengan begitu rapi.

Bedakan pula berdasarkan jenisnya agar orang lebih mudah dalam melihat-lihat dan memilih. Soalnya, ada sekelompok orang yang doyan membeli ATK berkat tampilan dan desainnya yang cantik.

Jadi setiap kali mereka melirik ke area perbukuan, maka diharapkan calon pembeli kita dapat menemukan jenis buku yang mereka harapkan dan inginkan.

Contohlah desain toko baju kecil minimalis di sekitar kamu bila perlu, karena agak sedikit mirip dalam menentukan display barang.

Bermain-Main Dengan Unit Tampilan

desain interior toko atk minimalis

Salah satu contoh unit tampilan yang paling banyak digunakan adalah berupa etalase dan rak. Tergantung daripada jenis ATK yang kamu jual, masing-masing darinya memiliki gaya display dan pemasangan yang berbeda.

BACA JUGA :  5 Manfaat Rumah Kaca Mungil Minimalis Bagi Tubuh dan Lingkungan

Terdapat pula tekhnik menampilkan barang-barang ATK sesuai musimnya, jadi kamu harus benar-benar melihat tren dan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu.

Misalnya, jika kamu tinggal di lingkungan bisnis yang padat, maka ATK berupa buku nota kecil, amplop, pemisah sekat file, dan bak surat mungkin lebih dibutuhkan.

Sementara untuk area yang dipenuhi oleh anak-anak sekolah lebih condong pada buku gambar, buku tulis biasa, cat air, connector pen, dan lain sebagainya.

Tampilan Depan dan Pintu Masuk

contoh penataan toko atk

Tak dapat dipungkiri bahwa kesan pertama terletak sesaat setelah pelanggan kita masuk ke dalam toko kita.

Jadi, pastikan kamu membuat tampilan depan dan pintu masuk yang keren sesuai tema dan target market yang tengah kamu kejar.

Tak perlu mahal dan mewah, yang penting rapi dan sesuai dengan harapan para pengguna. Jika bingung mengenai tema target market, maka gunakan contoh penataan toko ATK minimalis anak sekolah dan pekerja kantoran yang sudah dibahas di atas.

Pasangkan juga logo di pintu masuk sebagai bagian dari marketing brand awareness agar setiap kali mereka membutuhkan ATK, maka merk dan logo toko kita lah yang muncul pertama kali di benak mereka.

Masukan Selera Pribadi

cara penataan toko atk

Terutama jika kamu memiliki ketertarikan terhadap dunia kerja kantoran dan pendidikan, maka selera pribadi akan menjadi elemen terpenting untuk dimasukan di sana.

Selera pribadi jugalah yang akan membuat toko kita nampak lebih unik dan menonjol di antara para pesaing, sekaligus membantu proses brand awareness menjadi jauh lebih sukses.

Beberapa orang juga memasukan tema warna-warni untuk menarik hati anak-anak agar mereka mau belajar menulis dan membaca. Ada pula tema ruang kelas buat kamu yang menargetkan diri pada anak sekolahan.

BACA JUGA :  PINTU KUPU TARUNG MINIMALIS

Semakin kreatif dan unik penataan toko ATK minimalis kita, maka akan semakin diingat orang dan menghasilkan langganan tetap dalam jangka panjang.

Tinggalkan komentar