fbpx

4 Tips Membangun Model Villa Kayu Minimalis yang tak Boleh Dilewatkan

Tak perlu ragu lagi jika kamu memang berniat untuk membuat sebuah model villa kayu minimalis kemudian merealisasikannya.

Rumah yang terbuat dari bahan alami ini memang memiliki harga beli dan jual yang sangat tinggi, tapi jangan lupa bahwa ketahanannya pun benar-benar mumpuni dan dapat diandalkan.

Silahkan tanyakan kepada para arsitek manapun dan bandingkan kekuatannya dengan jenis rumah bata atau mortar! Rumah dari kayu pun masih memiliki kekuatan yang sama dari segi pembangunannya.

Jika masih merasa khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mampu meningkatkan usia model villa kayu minimalis tersebut secara nyata. Tentunya bagi para pecinta furnitur kaya, tips berikut bisa menjadi hal menarik dan bermanfaat untuk dilakukan.

Pilih Jenis Konstruksi yang Kuat

Model Villa Kayu Minimalis

Kekuatan dari rumah kayu bisa datang dari bahan dasar konstruksi itu sendiri. Bahan dasar kayu sebenarnya tidak hadir dalam bentuk yang sama, sehingga harganya pun pasti tak setara.

Sebut saja kayu jati yang sudah terbukti mampu menjadi bahan terbaik untuk dijadikan konstruksi kayu karena tahan terhadap cuaca terik panas matahari dan guyuran hujan.

Sekalipun harga kayu jenis ini memang tak bisa diremehkan dan dapat menguras kantong kamu sampai bolong, namun dari sisi ketahanannya dapat membuat hunian menjadi jauh lebih awet sehingga meningkatkan nilai jualnya secara alami.

Bisa dibilang menginvestasikan diri kepada kayu jati hampir tak ada resikonya. Sebagai gantinya, kita mesti siapkan dulu banyak duit karena cenderung lebih mahal daripada beton coran dan batu bata.

BACA JUGA :  Desain Pagar Pagar Hebel Minimalis Super Unik Tak Monoton

Kurangi Paparan Hujan Saat Konstruksi

model villa dari kayu

Sekalipun model villa kayu minimalis kamu terbuat dari jati dan kuat menghadapi paparan air hujan serta panas terik matahari, akan tetapi masih harus dijaga pada saat masa konstruksi dilakukan.

Pastikan minimalkan paparan tersebut sekalipun kayu mampu mengering dengan sendirinya dalam jangka waktu sebentar.

Dengan mengurangi nuansa basah, maka akan membantu mencegah lengkungan, penyusutan, atau pembengkakan yang dapat berdampak buruk pada desain hunian kita. Tentu saja, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Gunakan Pewarna atau Cat yang Sesuai

model rumah villa kayu

Warna alami dari model villa kayu minimalis saja sebenarnya sudah cukup mampu memberikan kecantikannya tiada tara. Namun buat kamu yang masih kekeh memberikan semburat warna lain agar tak monoton, maka perlu berhati-hati saat melakukannya.

Selalu pikirkan tentang kondisi cuaca yang akan dihadapi dari waktu ke waktu. Misalnya, penerapan dan tekhnik cat rumah yang dibangun di kota Jakarta cenderung berbeda dengan di Bogor yang selalu disiram air hujan dari waktu ke waktu.

Khusus untuk kamu yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi, maka cat yang memiliki perlindungan dan tahan air tentu saja lebih disarankan.

Memiliki Jadwal Maintenance Secara Teratur

model rumah villa dari kayu

Semua rumah pastinya membutuhkan perawatan dan perhatian secara berkelanjutan. Sayangnya, rumah kayu cenderung membutuhkan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan rumah beton biasa.

Selalu periksa model villa kayu minimalis kamu setiap tahunnya demi mencari tanda-tanda busuk atau serangan hama yang merusak.

Berikan lapisan cat atau warna baru jika nampak kusam di beberapa tempat agar mempertahankan keindahannya secara alami.

Kebanyakan orang selalu melupakan maintenance tersebut sehingga rumah pun akan semakin kusam seiring dengan berjalannya waktu.

BACA JUGA :  Penuh Filosofis, Bale Daja Minimalis Menyatu Dengan Gaya Modern

Ketika ada kerusakan parah, barulah mereka mencoba memperbaikinya. Padahal, biaya perawatan jauh lebih murah dan mudah dibandingkan dengan mengatasi kebobrokan yang mungkin dapat muncul di sana-sini.

Tinggalkan komentar