fbpx

Hebat! Model Tungku Dapur Minimalis Ini Senada Dengan Hunian Modern

Apapun masakannya, sudah pasti kompor dibutuhkan. Agar alat memasak tersebut dapat menjalankan fungsinya secara maksimal, maka model tungku dapur minimalis yang ergonomis pun harus digunakan.

Secara sederhananya, tungku berarti kompor. Hanya saja istilah tersebut cenderung lebih luas dari sisi desain, tampilan, dan penggunaannya.

Misalnya, tungku cenderung dapat terbuat dari besi, tanah liat, batu bata, hingga kompor biasa untuk gas.

Masing-masing darinya tentu memberikan fungsi yang berbeda, sementara manfaat lainnya akan nampak pada tampilan dan nuansa dapur itu sendiri.

Untuk melebarkan pilihan kamu dalam mendesain suatu hunian, mari kita lihat beberapa model tungku dapur minimalis yang bisa kita pilih berikut ini.

Tungku Dapur Tradisional

Tungku Dapur Tradisional

Tradisional artinya menggunakan bahan-bahan yang telah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita semenjak zaman dulu, seperti tanah liat atau batu bata.

Akan tetapi kita harus mendesainnya serapi mungkin agar tidak kelihatan sumpek atau jadul. Bahkan jika kamu menatanya dengan rapi, maka dapat menyatu secara sempurna dengan desain dapur minimalis dan modern kita.

Bisa kita bayangkan tentunya sesuatu yang jadul atau sudah ketinggalan zaman, kemudian tersemat di hunian kita di masa kini, maka akan menampilkan kesan unik tersendiri.

Jika masih ada sisa area di dapur tersebut, maka dapat memberikan cerobong asap sebagai ventilasi agar asap tak menyebar hingga ke berbagai area rumah.

Tungku Dapur Besi

Tungku Dapur Besi

Kamu pun boleh membuat segala interior dalam dapur minimalis kamu nampak modern dengan menggunakan tungku dapur besi.

Ada banyak versi yang disediakan, dimulai dari portable hingga berukuran besar seperti halnya di restoran-restoran luar negeri sana.

BACA JUGA :  Dipan Triplek Minimalis Buat Kamu Pencinta Seni Alam

Akan tetapi khusus buat kamu yang memiliki rumah tipe 36, maka disarankan untuk menggunakan model tungku dapur minimalis yang kecil saja.

Bahkan sekarang sudah ada tungku yang dikhususkan untuk penyimpanan gas dan sistem kompor. Kita pun dapat memasak dengan lebih leluasa dan bahkan bisa dimasukan ke dalam gerobak sebagai usaha street food.

Tungku Dapur Gas

Tungku Dapur Gas

Mirip seperti yang terbuat dari besi di atas, namun model tungku dapur minimalis ini lebih didesain untuk penggunaan gas saja.

Desainnya yang ergonomis menjadi salah satu daya tarik para ibu rumah tangga untuk menggunakannya dalam kehidupan dan pekerjaan rumah sehari-hari.

Namun tak berhenti sampai di sana. Para produsen pun seringkali mendesain semenarik mungkin dengan menyematkan berbagai macam fitur tambahan seperti laci dan rak.

Alhasil, tungku ini pun memiliki nilai guna yang tinggi berkat sifat multifungsinya tersebut.

Hanya saja kelemahannya terletak pada sisi bobot sehingga kurang begitu cocok digunakan oleh kamu yang sering pindah rumah.

Tak perlu risaukan masalah tersebut, cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan, maka semuanya pasti beres.

Tungku Dapur Tanah Liat

Tungku Dapur Tanah Liat

Bisa termasuk ke dalam model tungku dapur minimalis tradisional, akan tetapi nuansanya jauh lebih ke arah outdoor atau klasik.

Dapur kita pun akan memiliki nilai seni yang khas dengan menyematkan furnitur tanah liat, layaknya kehidupan sederhana di Eropa sana.

Menariknya, sekarang kita dapat membeli tungku tanah liat yang berupa portable. Bentuknya yang sederhana didesain untuk satu alat masak saja.

Tanah liat juga terkenal akan bobotnya yang ringan, sehingga bisa kita pindahkan dengan mudah dari satu ruangan ke area lainnya.

Selain itu, tanah liat juga tahan terhadap api sehingga kuat digunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang.

BACA JUGA :  4 Ide Membuat Gerobak Jus Buah Minimalis Penarik Cuan

Tinggalkan komentar