fbpx

Tak Perlu Gede, Konsep Cafe Ruko Minimalis pun Mendatangkan Untung

Para pebisnis sukses selalu menyarankan untuk segera memulai bisnis secepat mungkin, dan tak harus menunggu segala sesuatunya nampak sempurna. Sekalipun itu hanya sebuah konsep cafe ruko minimalis, akan tetapi masih bisa kita kejar dan mendatangkan cuan dalam jangka panjang.

Tentunya dengan berbekal berbagai macam pengetahuan berdagang, terutama dalam sisi marketing dan manajemen keuangan.

Namun melalui pembahasan kali ini, kita tak akan membicarakan kedua hal tersebut secara mendetail. Sebagai gantinya, kita akan melihat ide konsep cafe ruko minimalis untuk menunjang aktivitas pemasaran dan promosi agar lebih efektif.

Selanjutnya dengan skill mengatur keuangan yang mumpuni, maka lambat laun café yang kita buka pun pasti berkembang secara cepat.

Desain Cafe Ruko Minimalis

Desain Cafe Ruko Minimalis

Pertama-tama, mari kita bahas sisi desain dari konsep itu sendiri. Sekilas memang tak terlalu sulit, akan tetapi setelah dijalankan ternyata ada banyak sekali pekerjaan yang tengah menanti.

Maka dari itulah, wajib untuk membuat sebuah blue print terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas apapun dalam mendesain.

Terutama jika kita berbicara mengenai budget dan lokasi, maka kedua hal tersebut akan sangat menentukan keberhasilan kita dalam mengelola sebuah café.

Budget ini haruslah memiliki setengah lebih banyak dari modal awal, gunanya agar kita memiliki ketahanan modal yang mumpuni.

desain cafe minimalis di ruko

Fakta menyebutkan bahwa 90 dari 100 café mengalami kebangkrutan di 5 tahun pertama. Sementara 9 dari 10 café tersebut pun akhirnya tutup di 5 tahun berikutnya.

Itu berarti, tanpa konsep cafe ruko minimalis yang mumpuni maka kemungkinan kita terkena kebangkrutan di tengah jalanpun semakin besar. Bayangkan saja, dari 100 cafe yang hadir, hanya 1 saja yang mampu bertahan selama 10 tahun secara rata-rata.

BACA JUGA :  ✔ 39+ Gambar Plafon Minimalis Penuh Cahaya dan Nuansa Megah

Adapun desain dan perencanaan dari konsep café tersebut secara garis besar adalah sebagai berikut:

  • Tonjolkan sisi unik dari café.
  • Menganalisa kondisi pasar, termasuk segmentasi dan saingan.
  • Orang yang terlibat, termasuk pemilik, manajer, investor (jika ada), dan karyawan.
  • Rencana pemasaran, terutama budgeting untuk ngiklan.
  • Desain eksterior.
  • Interior café.

Sudah dipastikan pula bahwa tampilan luar dari café akan menarik banyak orang untuk berkunjung. Sementara desain interior akan menentukan kesan pertama pada toko kita tersebut.

Interior Cafe Ruko Minimalis

Interior Cafe Ruko Minimalis

Dikarenakan kesan pertama itu teramat sangat penting, makanya interior dari konsep cafe ruko minimalis juga harus kita pikirkan secara matang-matang.

Terutama jika kamu menentukan sebuah tema, maka pemilihan barang-barang tersemat di dalamnya pun harus kamu sesuaikan dengan sedemikian rupa.

Agar terhindar dari pengeluaran berlebih, alangkah baiknya kamu memilih desain minimalis dengan tema polosan atau kontemporer.

interior cafe ruko minimalis modern

Kedua tema tersebut cenderung mudah untuk dilakukan. Misalnya untuk polosan, maka isi ruangan tersebut benar-benar mencirikan sisi minimalisme tanpa adanya aksen-aksen tambahan.

Sementara untuk kontemporer maka bisa kita tambahan dengan nuansa alam seperti tumbuhan hijau yang indah.

Sisi asyik dan hemat dari keduanya sebagian besar datang dari pencahayaan dan warna cat. Bahkan kedua elemen tersebut saja sudah cukup membuat café kita nampak keren.

Adapun warna yang disarankan adalah hitam dan netral, furnitur yang kecil, tanaman pot yang beragam, serta sedikit lukisan dinding sebagai penyemarak ruangan.

Tambahkan pula meja kasir dan kursi meja makan pelanggan yang terbuat dari kayu jati demi mencirikan nuansa kontemporer yang khas dan penuh kehangatan.

Tinggalkan komentar