fbpx

Ukuran Toilet Minimalis Ideal dan Cara Membuatnya Nampak Besar

Entah digunakan sebagai tempat mandi,  berendam, atau menerima panggilan alam, ukuran toilet minimalis haruslah kamu atur semaksimal mungkin agar tak terjadi kecelakaan.

Sebuah survey bahkan menyebutkan bahwa toilet merupakan area paling banyak menyebabkan kecelakaan di rumah, yang mana terpelesat akibat lantai basah menjadi penyebab utamanya.

Toilet yang sempit juga dapat membuat bagian badan kita gampang terantuk sehingga memicu jatuh.

Terlalu besar pun tak terlalu baik karena bisa memberikan nuansa dingin, apalagi jika kamu memegang sebuah konsep minimalis.

Maka dari itulah, mari kita lihat ukuran toilet minimalis yang paling ideal untuk kemudian kita sesuaikan dengan pembuatan dan furnitur yang ada di dalamnya.

Maksimalkan Penyimpanan

toilet minimalis modern

Maksimalkan di sini bukan berarti harus menaruh berbagai macam furnitur yang tak diperlukan. Melainkan bisa kita sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.

Beberapa furnitur tersebut bisa berupa toilet untuk menerima panggilan alam, shower box untuk mandi, dan bak untuk berendam.

Ketiga elemen ini akan muat jika toilet kita memiliki ukuran ideal kamar mandi minimalis sekitar 3 x 3 atau 2,5 x 3,5 m.

Namun perlu diingat bahwa terkadang kita menempatkan bak mandi secara berlebihan. Padahal cukup dengan ukuran normal manusia saja (sekitar panjang 2 meter) yang menempel pada dinding, maka sudah cukup untuk dilakukan.

Bahkan ukuran furnitur di atas bisa juga muat di dalam toilet 2 x 2 selama elemen yang dimasukan masih disesuaikan dengan besar dan ketinggiannya.

Buang Shower Box

toilet minimalis modern sederhana

Misalnya kamu merasa terlalu sempit, mungkin bisa membuang shower box dan menggantinya dengan tempat mandi duduk layaknya orang Jepang.

BACA JUGA :  ✔ 38+ Rumah Sederhana Minimalis, Bukan Berarti Asal Jadi!

Tinggal sediakan saja sebuah kursi kecil dari kayu jati dan duduklah di atasnya, kemudian siramkan air shower hangat ke tubuh sebelum kemudian berendam di dalam bak mandi.

Tata cara mandi ini sudah sering dilakukan oleh orang Jepang dan bisa kita lihat sendiri di beberapa onsen atau kamar mandi umum, dan tak perlu ukuran toilet minimalis terlalu besar.

Gaya hidup sederhana ini bisa menjadi ciri khas dari minimalisme yang mungkin tengah kamu cari-cari.

Tentukan Ubin Ruang

lantai toilet minimalis

Sekalipun ukuran toilet minimalis kita nampak kecil, akan tetapi ubin ruang bisa menciptakan sebuah ilusi yang dapat membuat kita berpikir area tersebut sangat besar.

Misalnya ubin lantai heksagonal hitam dapat menambahkan sedikit karakter sambil mempertahankan kedekatan minimalisme.

Atau kita bisa tentukan dari bahan ubin itu sendiri, yang penting jangan terbuat dari kayu karena akan cepat busuk sekalipun itu terbuat dari kayu jati.

Sebaliknya, pastikan menggunakan ubin yang terbuat dari bahan dasar berikut:

  • Porselen
  • Keramik
  • Marmer
  • Mosaik
  • Batu kapur
  • Batu tulis
  • Vinil
  • Kerikil

Masing-masing dari ubin di atas ada yang memiliki tekstur dan ada yang tidak, jadi sesuaikan pilihan kamu menurut selera ya!

Tambahkan Pencahayaan yang Menarik Hati

toilet minimalis kecil

Pencahayaan dari luar atau lampu juga dapat mempengaruhi persepsi kita terhadap ukuran toilet minimalis yang tengah ditempati.

Mode terang tentu dapat membuatnya nampak begitu luas. Sebaliknya, mode gelap atau terlalu banyak bayangan yang tercipta bisa membuatnya nampak terlihat lebih kecil.

Jadi bukan hanya lampu yang disediakan, melainkan tata letak dari furnitur itu sendiri harus kamu navigasi agar tak menghasilkan terlalu banyak bayangan di lantai.

Sementara warna lampu yang disarankan adalah kuning demi menciptakan kesan santai dan rileks selama aktivitas bebersih berlangsung.

BACA JUGA :  Tempat Jemuran Lantai 2 Minimalis Tetap Berprivasi dan Hemat Energi

Tinggalkan komentar