fbpx

Ukuran Tinggi Meja Tamu Minimalis Bikin Postur Tubuh Tetap Oke

Jika kita bandingkan antara meja tamu dan meja makan, maka keduanya cenderung memiliki ukuran yang berbeda jauh. Ukuran tinggi meja tamu minimalis lebih terkesan pendek dan hampir sejajar dengan kursi sofa.

Sebagian besar meja tamu tak didesain untuk menyembunyikan kaki para penggunanya, melainkan mensejajarkan lutut dengan permukaan meja agar kita lebih mudah dalam mengambil kopi atau camilan tanpa menghalangi postur tubuh lawan bicara.

Untuk itulah, rata-rata ketinggiannya hanya berkisar kurang dari setengah meter saja.

Namun setiap tujuan dan penggunaan memiliki ukuran yang beragam. Agar kenyamanan bisa kamu dapatkan, maka mari kita lihat ukuran tinggi meja tamu minimalis berdasarkan jenisnya di bawah ini.

Ukuran Meja Tamu Kayu

Ukuran Meja Tamu Kayu

Sudah tak perlu diragukan lagi jika meja kayu menjadi salah satu furnitur paling banyak digunakan. Bukan hanya dari sisi tampilan dan warnanya yang indah saja, juga kekuatan dan daya fungsinya yang begitu tinggi.

Untuk ukuran meja tamu kayu, maka disarankan untuk mencari ketinggian sekitar 43 cm yang dihitung dari kaki bawah hingga permukaan atas.

Rata-rata orang Asia seperti di Indonesia duduk di sofa dengan ketinggian lutut kurang dari setengah meter.

Tentu saja, jika kita tinggal di luar negeri yang dihuni oleh orang-orang bule dengan postur tubuh besar, maka ketinggiannya pun harus diatur kembali.

Namun karena kita tinggal di Indonesia atau daerah Asia, maka ketinggian tersebut lebih cocok disematkan di ruang tamu kita.

Ukuran Meja Tamu Kaca

Ukuran Meja Tamu Kaca

Meja kaca sebenarnya tak terbuat dari bahan bening dan pecah belah seluruhnya, melainkan campuran antara kayu atau besi dengan kaca di atas permukaannya.

BACA JUGA :  4 Desain Vas Bunga Besi Minimalis Tanpa Membuat Tanaman Kepanasan

Khusus untuk ukuran tinggi meja tamu minimalis yagn satu ini, maka kamu harus mengurangi ketinggian dari tulangan atau kaki meja tersebut menjadi 42 cm.

Ini dimaksudkan agar terdapat sedikit ruang sekitar 1-2 cm antara kayu dan kaca yang disangga oleh material tertentu, misalnya karet.

Ketinggian dan ukuran lebar X panjangnya yang kecil masihlah memberikan ruang ekstra pada hunian kita. Jadi tak begitu disarankan untuk mencari ukuran yang lebih tinggi daripada itu, terutama jika ruang tamu kamu memiliki luas kurang dari 3×3 meter.

Ukuran Meja Tamu Lesehan

Ukuran Meja Tamu Lesehan

Sebenarnya ada sedikit perbedaan antara kedua meja tamu di atas dengan meja lesehan. Dikenal dengan istilah kotatsu bagi orang Jepang, kita harus sedikit memendekkan ukuran tinggi meja tamu minimalis yang bernuansa lesehan satu ini.

Lebih tepatnya adalah kurang dari 40 cm, atau antara 36-39 cm. Ukuran ini sangatlah pas dengan postur tubuh tegak setinggi dada sembari menyediakan ruang bagi kaki untuk dapat selonjoran di bawahnya.

Orang Jepang sangatlah doyan menggunakan tipe meja yang satu ini, apalagi di musim dingin yang biasanya dibalut dengan selimut dan penghangat ruangan.

Bagi kita orang Indonesia, unsur tradisional akan mudah dirasakan dengan menggunakan kotatsu keren yang satu ini. Sangat cocok disimpan di ruangan yang lebih kecil agar memberikan ilusi luas.

Ukuran Meja Tamu Bulat

Ukuran Meja Tamu Bulat

Apapun bentuk bulat yang diberikan – entah itu oval atau bulat sempurna – ukuran tinggi meja tamu minimalis untuk furnitur ini bisa kamu samakan dengan meja tamu kayu dan kaca di atas.

Sementara jarang banget ada meja lesehan berbentuk bulat karena desainnya yang kurang begitu multifungsi dan ergonomis, maka 43 cm adalah varian yang paling cocok untuk dipilih.

BACA JUGA :  Ketahui 4 Tips Sebelum Membeli Meja Recording Minimalis Dimanapun!

Sekalipun jarang digunakan, akan tetapi meja tamu bulat masih mampu menciptakan tampilan dan nuansa yang rapi saat kita mengobrol dengan tamu atau sekedar bercanda gurau bersama keluarga tercinta.

Tinggalkan komentar