fbpx

8 Jenis dan Ukuran Pos Satpam Minimalis Untuk Kamu Gunakan

Sekuriti ada banyak sekali bentuknya dalam suatu hunian. Ada tralis, gerbang, hingga pos markasnya para hansip. Agar nyaman saat ditempati, ukuran pos satpam minimalis tentunya tak boleh ditentukan secara sembarangan.

Dari jenisnya sendiri, ada banyak pos satpam dengan kegunaan dan unit yang berbeda. Setiap unit membawa fitur tersendiri sehingga ukurannya pasti beragam.

Biar kamu tak pusing dalam menentukan ukuran pos satpam minimalis terbaik yang akan kamu gunakan, mending simak aja yuk paparannya berikut ini.

Pos Satpam Mewah

Pos Satpam Mewah

Kesan mewah biasanya didapatkan dari fitur yang memiliki dinding lengkap dengan pintu dan jendela.

Ukuran yang disarankan adalah 5 x 5 meter, sehingga kita bisa memasukan beberapa furnitur penting ke dalamnya seperti meja dan kursi.

Kamu juga bisa menginstal sebuah telepon yang hanya tersambung dengan rumah utama. Gunanya adalah agar tetap bisa memantau setiap saat atau meminta bantuan dengan cepat setiap kali ada hal-hal yang tak diinginkan.

Gambar pos satpam minimalis namun mewah ini biasanya bertipe permanen yang tak bisa dipindahkan. Jadi sejatinya memang harus digunakan oleh rumah mewah agar mampu menampung lebih dari 1 orang personil di dalamnya.

Pos Satpam Portable

Pos Satpam Portable

Berbeda dengan pos satpam portable yang ukurannya jauh lebih kecil. Ukuran pos satpam minimalis yang disarankan adalah 3 x 3 meter.

Dikarenakan fungsinya yang dapat dipindah-pindah ke berbagai macam tempat, maka penggunaan bahan pun haruslah diperhatikan.

Bahan tersebut haruslah kuat dan tahan banting. Ringan dibawa agar tak bikin susah si pemilik. Warnanya harus tetap cerah agar menjadi pembeda dengan bangunan yang ada di sekitarnya sekalipun berukuran kecil.

Rata-rata pos satpam portable ini digunakan untuk keperluan keamanan suatu kampung. Sifatnya yang mudah dibawa-bawa bisa dijadikan sebagai simbol gotong royong.

Warga kampung kita boleh mengangkutnya beramai-ramai saat ingin dipindahkan dari satu lokasi ke tempat yang lainnya.

Pos Satpam Rumah Mewah

Pos Satpam Rumah Mewah

Hampir mirip dengan pos satpam mewah di atas, kita bisa membuat ukuran pos satpam minimalis sebesar 3 x 3, atau bahkan lebih besar daripada itu demi mengimbangi ukuran rumah yang kamu miliki.

BACA JUGA :  Tangga Luar Rumah Minimalis, Eksterior Bernilai Guna Tinggi

Jika tak seimbang, maka akan ada perbedaan yang begitu signifikan sehingga kurang begitu enak saat dilihat.

Ini akan memberikan suatu pandangan sosial yang kurang sreg, yang mana seolah membuat kita menelantarkan para pekerja sekuriti karena bentuk dan desain pos satpamnya yang nampak asal-asalan.

Maka dari itulah, penting untuk menyesuaikan pos tersebut dengan ukuran rumah yang kita miliki.

Lagipula semakin besar rumah mewah yang dihuni, maka personel keamanan kita pasti akan jauh lebih banyak.

Maklum, rumah mewah memang seringkali menjadi target kejahatan banyak pencuri. Sangat dikhawatirkan jika nantinya bagian sekuriti kita melawan lebih dari 10 orang penjahat dalam sekali waktu.

Pos Satpam Pabrik

Pos Satpam Pabrik

Pabrik memiliki luas yang bukan main, alhasil ukuran pos satpam minimalis yang harus kita sediakan pun tak boleh kekecilan.

Kita membutuhkan lebih banyak personel di lapangan, sehingga ukuran 5 x 5 meter bisa dibilang paling minimal.

Selain itu, pos satpam pabrikan juga memiliki fungsi ganda sebagai pembuka gerbang utama. Alhasil, satpam di tempat ini pun tak hanya menjaga keamanan area sekitaran pabrik, juga mengurusi tektek bengek lainnya yang membutuhkan ketelitian.

Pos Satpam Modern

Pos Satpam Modern

Pos satpam modern lebih bernuansa bermasyarakat, dan bisa dalam bentuk portable seperti yang sudah disebutkan di atas, atau permanen akan tetapi dengan desain yang unik.

Sebagian besar ukuran pos satpam minimalis yang modern ini hanya sekitar 3 x 3 meter saja. Bahkan di beberapa tempat saja ada yang hanya 2 x 2 tanpa penutup.

Fungsinya juga lumayan cukup banyak. Dimulai dari hansip hingga anggota ronda seringkali berkumpul di tempat tersebut.

Sebagai titik temu keamanan masyarakat, kita pun harus mengecatnya dengan begitu terang dan menarik perhatian.

Bukan sebagai gaya-gayaan semata, juga menjadi sinyal bahwa kampung tersebut memiliki banyak orang yang aktif di malam hari, sehingga mencegah terjadinya perampokan jauh-jauh hari.

BACA JUGA :  Kelebihan Pagar Paralon Minimalis Untuk Alternatif Gerbang Hunian Kamu

Pos Satpam Sekolah

Pos Satpam Sekolah

Penjaga sekolah cukup satu orang saja, sehingga kita tak perlu membuatnya begitu besar. dengan 2 x 2 meter saja sudah cukup dilakukan.

Akan tetapi bukan hanya ukuran pos satpam minimalis saja yang harus diperhatikan, melainkan desainnya secara keseluruhan.

Pos tersebut haruslah memiliki dinding di sekelilingnya agar anak-anak bandel tak naik dan menyelinap masuk.

Akan tetapi harus ada area memantau dengan lubang yang besar demi menjaga jikalau ada anak sekolah (terutama SD) yang kesulitan menyeberang atau terlambat masuk kelas.

Pos satpam sekolah lebih efektif jika disematkan atau dibangun berdekatan dengan gerbang, agar penjaga mudah menutup buka gerbang tersebut pada jam-jam tertentu.

Pos Satpam Knockdown

Pos Satpam Knockdown

Nama lain dari sebuah pos yang dapat kita bawa-bawa atau pindahkan dengan mudah. Harganya tentu mengikuti dari ukuran pos satpam minimalis itu sendiri.

Ada yang dijual dengan harga 5 jutaan saja, atau bahkan 12 jutaan. Seringkali desain dan bahan juga menentukan mahal atau tidaknya suatu produk tersebut.

Pemindahan bisa dibongkar pasang atau menyatu secara permanen. Jadi kamu harus berhati-hati dalam memilihnya.

Gunakan pos satpam dalam bentuk utuh jika tak ingin ribet. Kekurangannya mungkin terletak dari bobot berat tersebut saat ingin dipindahkan.

Sementara jenis yang dibongkar pasang memang cenderung lebih ringan, akan tetapi perlu berhati-hati untuk tidak lupa memasangkan setiap elemen dari pos tersebut.

Pos Satpam Besi

Pos Satpam Besi

Untuk berukuran 2 x 2 meter persegi, mungkin kita bisa membuat seluruh bagiannya terbuat dari besi.

Namun lain lagi ceritanya jika ukuran pos satpam minimalis tersebut di atas 3 x 3. Sudah pasti kita membutuhkan campuran bahan lain seperti kayu atau tembok agar tidak mahal dan enak dilihat.

Sebagian besar orang mengira bahwa pos satpam besi itu enak dijadikan portable. Padahal ada tantangan tersendiri loh, yaitu dari sisi bobotnya yang bikin orang menggertakkan giginya kuat-kuat saat mengangkatnya.

Kecuali jika penggunaan besi tersebut hanya berupa frame dari bangunan tersebut, maka cenderung lebih ideal dijadikan sebagai knockdown seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Tinggalkan komentar