fbpx

Cegah Kelembapan Dengan Ubin Dapur Minimalis, Berikut Area yang Wajib Ditempeli!

Area memasak itu sangatlah penuh dengan kelembapan yang dapat mempengaruhi berbagai macam furnitur dan ruangan itu sendiri. Maka tak heran jika banyak para desainer yang sering menggunakan ubin dapur minimalis agar kelembapan bisa teratasi dengan mudah.

Meminimalisir efek kelembapan tersebut sangatlah wajib hukumnya, jika tidak dapat membuat furnitur cepat rusak atau bahkan jamuran.

Belum lagi ada banyaknya kuman yang mungkin akan bermukim di berbagai macam area dan menghinggapi makanan kita.

Kelembapan tersebut datang dari uap masakan, terlebih jika dapur yang kamu miliki tak disertai dengan ventilasi yang mumpuni. Posisinya yang berdekatan dengan kamar mandi juga mempengaruhi kondisi tersebut menjadi lebih parah lagi.

Jadi jangan ragu lagi untuk menggunakan ubin dapur minimalis, yang mana jenis dan area penyematannya sudah dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Ubin Dapur Keramik

Ubin Dapur Keramik

Sebelum kita mulai memasangkan ubin pada beberapa area dapur, ada baiknya untuk menentukan jenis material yang harus kita gunakan.

Buat kamu yang baru saja memasangkan ubin pada ruang memasak tersebut, pastinya akan dibikin bingung dengan pilihan material seperti batu alam, granit, keramik, marmer, dan lain sebagainya.

Para desainer sendiri menyarankan kita untuk memilih ubin dapur keramik karena sangat cocok disematkan di area dengan kelembapan tinggi seperti kamar mandi dan dapur.

Keramik tak memiliki pori, anti air, dan anti api. Kelembapan bisa kita usir dengan begitu mudahnya. Noda-noda dari makanan juga dapat kita bersihkan tanpa harus mengeluarkan ekstra tenaga. Tapi bukan berarti kamu dilarang untuk menggunakan material selain keramik ya!

BACA JUGA :  4 Tips dan Rekomendasi Kamar Minimalis Dari Para Ahli Desain

Ubin Dinding Dapur

Ubin Dinding Dapur

Setelah memilih jenis ubin yang diinginkan, saatnya kita mulai memutuskan permukaan mana saja yang akan kita lapisi.

Ada satu area yang sangat rentan terkena uap masakan sehingga menghasilkan kelembapan dan bisa mengundang jamur, yakni dinding.

Apalagi untuk dinding di belakang kompor, maka pemasangan ubin dapur minimalis menjadi syarat wajib jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk memasak.

Tak perlu takut merusak tampilannya, karena ada banyak sekali motif yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai selera.

Ubin Lantai Dapur

Ubin Lantai Dapur

Lantai rumah boleh saja menggunakan kayu, akan tetapi khusus di ruangan dapur maka akan lebih baik jika kamu melapisi lantainya dengan keramik.

Pasalnya, lantai kayu juga lebih rentan terkena kelembapan hingga tersulut api saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Seperti yang kita tahu bahwa dapur merupakan area paling berbahaya dalam hunian kita, sehingga proteksinya haruslah berada di atas rata-rata dari ruangan lain.

Untuk itulah ubin dapur minimalis digunakan karena memang mampu memainkan perannya dalam urusan keamanan dan keselamatan kerja.

Tak berhenti sampai di sana, pemilihan ubin keramik pun tak boleh ngasal karena harus benar-benar kuat dan mampu menahan lalu lintas yang padat (orang sering bolak-balik di area ini).

Ubin Meja Dapur

Ubin Meja Dapur

Meskipun ubin dapur minimalis tahan banting, namun kita harus mampu merawatnya agar memiliki usia panjang. Ini berlaku juga saat disematkan pada meja kompor.

Selalu bersihkan dan lap setiap kali kamu selesai masak agar tidak menyisakan minyak atau kesan lengket di sana.

Jika kamu mampu merawatnya dengan baik, ada banyak manfaat dan bonus yang bisa kita dapatkan darinya.

BACA JUGA :  Fokus Masak Berkat Pembatas Dapur Minimalis yang Fantastis

Misalnya saat meja kompor tersebut menyatu dengan wastafel cuci piring, maka ubin keramik akan menetralisir segala macam zat kimia yang datang dari sabun cuci, sehingga tak sampai pada alat memasak dan makanan kita.

Selalu tentukan ubin tersebut dengan gaya hidup keluarga agar cocok dengan kebutuhan dan pola pemakaiannya sehari-hari.

Tinggalkan komentar