fbpx

8 Macam Tiang Pagar Minimalis Modern Sesuai Fungsi dan Tujuannya

Rumah haruslah menjadi tempat bernaung dan menjaga kita dari marabahaya, dilengkapi oleh pagar di depan rumah sebagai tameng utama dan pertama. Menempatkan tiang pagar minimalis modern tentu akan memberikan tingkat sekuriti yang jauh lebih baik.

Tiang pagar ini biasanya menjadi pondasi utama dan penyangga dari elemen penghalang pada gerbang.

Tak peduli jenis dan bentuknya, serta bahan apapun yang digunakan, kita masih membutuhkan tiang pagar agar tetap awet selama mungkin.

Selain itu, tiang pagar minimalis modern yang dibangun juga akan menambah daya tarik rumah dan meningkatkan nilai jualnya loh!

Berbicara mengenai kategori dan jenisnya, ada banyak sekali tiang pagar yang bisa kamu pilih sendiri, yang mana daftarnya adalah sebagai berikut.

Tiang Pagar Kawat Duri

Tiang Pagar Kawat Duri

Ada banyak alasan kenapa kita harus memasang kawat duri pada pembatas luar halaman rumah kita.

Selain dapat menjadi tanda dan pembatas bagi orang asing untuk tidak masuk secara sembarangan, juga menahan binatang agar tidak menerobos dan menembus celah pagar tersebut.

Biasanya binatang liar seperti anjing dan musang akan tahu secara insting mengenai bahaya jika mencoba untuk menerobos pagar tersebut, sehingga menjadi pencegahan buat kamu yang memiliki binatang ternak di halaman rumah.

Tiangnya sendiri menggunakan besi panjang. Pilih tiang hollow agar tidak memberikan beban terlalu besar. Bisa juga untuk menggunakan tiang kayu karena udah dipasangkan.

Tiang Pagar Beton

Tiang Pagar Beton

Mungkin ini adalah tiang pagar minimalis modern yang paling banyak difavoritkan oleh rumah warga kita.

Selain mudah untuk dipasang dan gampang untuk ditata, juga lebih mampu menyatu dengan gaya dan desain rumah apapun.

Tak peduli itu berupa rumah tradisional, minimalis, ataupun kontemporer, semuanya nampak indah dan tak bertabrakan saat ditatap dari luar.

Tiang pagar beton tentunya jauh lebih kokoh daripada kayu, jadi kita bisa merasa tenang dan yakin bahwa pagar ditopang dengan baik sekalipun diterpa angin kencang atau bahkan badai.

BACA JUGA :  Booth Cafe Minimalis Cenderung Lebih Laku! Ini Alasannya

Bisa dibilang tiang pagar beton sangatlah ideal untuk diaplikasikan pada area terbuka dan luas.

Tiang Pagar Batu Alam

Tiang Pagar Batu Alam

Alternatif kedua daripada beton, karena harganya cenderung sedikit lebih mahal namun memberikan keindahan yang artistik.

Di rumah-rumah Eropa sana, tiang pagar minimalis modern yang terbuat dari batu alam ini bahkan sudah ramai digunakan sebagai hunian masa kini.

Alasan pertamanya ada pada usianya yang sangat tahan lama. Sudah banyak orang memfavoritkan jenis tiang pagar batu alam karena daya tahan dan kemampuannya dalam kurun waktu antara puluhan hingga ratusan tahun.

Meskipun begitu, batu alam masihlah ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan bahan kimia yang berbahaya.

Lagipula, batu alam memang induknya dari berbagai macam bahan bangunan yang ada di masa kini.

Tiang Pagar Rantai

Tiang Pagar Rantai

Ada pula tiang pagar yang biasanya tersemat di pinggir jalan demi mencegah mobil lewat, akan tetapi masih memberikan akses kepada para pejalan kaki.

Ini juga bisa kita sematkan di depan rumah kita jika kebetulan hunian tersebut berfungsi ganda sebagai warung minimalis.

Kita tak mau dong ada orang yang numpang parkir di depan warung kita, akan tetapi tak mau menutup akses jalan bagi pelanggan di saat yang bersamaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu saja sebuah tiang pagar minimalis modern diperlukan agar meningkatkan nuansa cantik dari luar.

Tiang besi lebih disarankan agar kuat berdiri sekalipun ditabrak paksa oleh sebuah mobil dari pengendara yang culas.

Tempatkan tiang tersebut di masing-masing pinggiran jalan kiri dan kanan, kemudian pasangkan rantai dari ujung ke ujung untuk mencegah kendaraan masuk secara sembarangan.

Tiang Pagar Tembok

Tiang Pagar Tembok

Berbeda dengan tiang pada umumnya, pagar tembok biasanya menggunakan 100% beton dan tak menyisakan sedikit pun area pemandangan dari luar. Ini dipilih jika kamu ingin mendapaktan privasi tingkat tinggi.

Dengan begitu, tiang pagar minimalis modern yang tersemat pun pastinya dalam bentuk beton yang memiliki kerangka besi di dalamnya.

Pagarnya saja sudah sangat kuat dan berat, apalagi tiangnya yang harus jauh lebih mampu menahan struktur utamanya.

Akan tetapi harganya cenderung standar jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Sebagai gantinya, desainnya bisa dibilang cukup monoton karena lebih mementingkan dari sisi keamanan.

BACA JUGA :  Tak Perlu Tinggi, Pagar Pendek Minimalis Jauh Lebih Imut dan Berprivasi

Tiang Pagar Besi

Tiang Pagar Besi

Lain lagi dengan pagar besi yang menggunakan tiang pagar minimalis modern dari berbagai macam bahan – terkecuali kayu.

Normalnya, tiang pagar haruslah lebih kuat dari struktur utama, sehingga pemilihan tiang dari beton, batu alam, atau sesama besi itu sendiri masih jauh lebih disarankan.

Ada banyak bentuk yang bisa kita pilih dan kreasikan. Misalnya, tiang besi hollow yang tipis, memiliki pola, atau menggunakan tiang beton yang tebal dan kokoh.

Disamping dari sisi pemandangan, tentunya tingkat sekuriti haruslah kamu perhatikan dengan seksama. Terutama jika kamu tinggal di kota besar dengan tingkat kriminalitasnya yang sangat tinggi.

Lampu Tiang Pagar

Lampu Tiang Pagar

Jika ingin menyematkan aksesoris di atas tiang pagar minimalis modern, maka pastikan lebarnya cukup besar agar benda seperti lampu mampu duduk secara aman dan stabil di sana.

Lampu tiang pagar memiliki pancaran sinar yang cukup luas, sehingga kita pun tak perlu menyematkan lampu taman agar jauh lebih menghemat biaya.

Seseorang yang berjalan di luar gerbang pun akan terbantu dan terhindar dari kecelakaan. Juga akan terhindar dari kemalingan karena sejatinya para pencuri tak ingin terlihat sosok badannya di area yang terang.

Keramik Tiang Pagar

Keramik Tiang Pagar

Atau ingin menambahkan kesan artistik pada tiang pagar minimalis modern hunian kamu? Gampang! Cukup sematkan saja sebuah keramik dengan desain sebagai ukiran indah di sana.

Perlu dicatat bahwa jenis tiang pagar yang terbuat dari batu alam dan betonlah yang paling cocok ditambahkan elemen ini.

Ini karena ukuran dan lebar memainkan peran yang sangat penting. Pasalnya, keramik sendiri rata-rata memiliki lebar dan panjang yang sama.

Sementara tiang pagar besi yang tipis tak akan mampu mengimbangi ukurannya tersebut. Tiang pagar kayu juga kurang begitu mampu diadaptasikan terhadapnya sehingga sulit untuk menempel.

Dengan begitu, tiang pagar yang terbuat dari beton dan batu alam bisa kita nilai memiliki lebih banyak pilihan untuk didandani dibandingkan dengan jenis manapun.

Tinggalkan komentar