fbpx

4 Inspirasi Teras Tingkat Minimalis Untuk Menciptakan Ruang Publik Berprivasi

Tempat nongkrong itu haruslah asik dan nyaman saat didiami. Paling enak jika bernuansa luar ruangan. Di dalam rumah sendiri kita tentu bisa melakukannya dengan cara membuat teras tingkat minimalis yang keren.

Daripada harus jajan ke café setiap waktu, mending kita bikin sendiri tempat hang out untuk melepas kelelahan, rekreasi, atau mencari inspirasi.

Kuncinya cukup sederhana, teras tersebut haruslah mendapatkan cahaya alami dari luar, adanya udara sejuk, serta masih berprivasi.

Akhirnya, teras tingkat pun semakin banyak digunakan karena memenuhi tiga unsur penting tersebut.

Demi menciptakan ruang publik yang terletak di bagian atas rumah, berikut adalah tips dan inspirasi membuat teras tingkat minimalis yang multifungsi.

Teras Tingkat 2

Teras Tingkat 2

Dikenal pula dengan istilah balkon, teras tingkat 2 ini menjadi salah satu pilihan pertama dan umum yang digunakan oleh banyak orang.

Kita memang bisa membuat dua buah teras yang sejajar dengan lantai satu dan dua, akan tetapi dari sisi fungsinya sendiri cukup berbeda jauh.

Lantai satu bisa digunakan oleh sosialisasi dengan tetangga atau orang lewat, sementara lantai 2 lebih bersifat privasi sehingga cocok dijadikan tempat bekerja atau mencari inspirasi.

Kita bisa menghabiskan waktu di luar ruangan tanpa gangguan dari banyak orang sambil memperbesar ruang hidup dalam sebuah hunian.

Teras Tingkat Dari Besi

Teras Tingkat Dari Besi

Ada kalanya kita sudah terlanjur membuat hunian lantai 2 yang tak disertai dengan teras atau balkon. Jadi untuk mengakalinya, kita bisa tambahkan fitur tersebut dengan menggunakan besi.

Dimulai dari pagar teras atas hingga lantainya, semua menggunakan besi dan cenderung dibuat dalam satu paket agar spesifikasinya sesuai.

BACA JUGA :  Pagar Batu Minimalis Modern! Jarang Digunakan Sehingga Berkesan Unik

Namun kita tak bisa serta merta memilih jenis besi secara sembarangan karena posisinya yang ada di luar ruangan.

Para desainer sendiri seringkali menggunakan 3 macam bahan metal atau lapisan besi untuk mencegahnya terkena karatan sambil mempertahankan kecantikannya dalam jangka panjang.

3 material tersebut diantarnya stainless steel, baja ringan, dan aluminium. Silahkan pilih salah satunya menurut budget atau selera masing-masing.

Teras Tingkat Kanopi

Teras Tingkat Kanopi

Punya garasi dak beton minimalis? Manfaatkan bagian atasnya untuk kamu jadikan sebagai teras tingkat minimalis yang super keren dan modern.

Namun satu hal yang wajib kamu perhatikan adalah dari sisi bahan atau desain kanopi itu sendiri, yang mana harus menggunakan kanopi yang bertiang.

Jadi hindari penggunaan kanopi gantung yang rentan ambruk jika dipaksakan. Tiang kanopi yang disematkan pun haruslah benar-benar kuat menahan beban.

Tambahkan atap yang terbuat dari baja ringan berbalut kaca transapran agar terhindar dari serangan air hujan namun masih mampu mendapatkan paparan sinar matahari yang menyegarkan.

Secara otomatis, teras di atas kanopi tersebut pun menjadi ruang kaca yang benar-benar cantik dambaan para tetangga.

Teras Garasi Tingkat

Teras Garasi Tingkat

Jika misalnya garasi tersebut bukanlah bentuk terbuka seperti cor dak di atas, maka tidak jadi soal. Karena garasi tertutup pun masih bisa digunakan sebagai teras tingkat minimalis selama atapnya rata.

Di beberapa negara tertentu, teras di atas garasi tersebut memiliki nama yang unik loh! Misalnya untuk di Kanada, teras ini disebut sebagai coachhouse, sementara di Australia disebut sebagai Fronzie Flats.

Itu artinya, teras garasi tingkat ini sudah bukan hal baru lagi di kedua negara tersebut, sehingga bisa kita tiru desainnya dengan lebih mudah.

BACA JUGA :  Bukan Sekedar Ornamen, Desain Tugu Minimalis Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Namun selalu ikuti standar arsitekturnya dengan ilmu. Pondasi yang kokoh sangatlah diperlukan untuk menanggung beban seluruh bangunan secara aman.

Tinggalkan komentar