fbpx

Terangkan Tentang Ciri Khas Dari Rumah Minimalis! Gampang Banget Kok!

Halo, buat kamu yang dapat pertanyaan ujian atau PR berbunyi “terangkan tentang ciri khas dari rumah minimalis!”, maka kamu ada di tempat yang tepat!

Karena kita akan membahasnya secara lebih mendetail sampai-sampai guru kamu menganga karena terkejoet!

Jika kamu tengok ke tempat lain, maka akan disuguhkan dengan banyak sekali poin. Padahal terlalu banyak informasi kurang begitu baik bagi kesehatan otak.

Maka dari itulah, kita ringkas secara lebih padat dengan menunjukkan 4 poin pentingnya saja!

Dengan begitu, kamu pun tak perlu terangkan tentang ciri khas dari rumah minimalis terlalu menjelimet! Mending pakai poin berikut saja!

Fungsi

ciri rumah minimalis modern

Karakteristik yang pertama adalah datang dari sisi fungsi. Jarang banget ada hunian minimalis yang menyematkan furnitur tanpa arti.

Mereka yang tahu tentang hunian minimalis dan dijadikan gaya hidup sehari-hari pasti akan selalu menimbang-nimbang terlebih dahulu jenis furnitur apa yang akan mereka gunakan.

Banyak pertanyaan yang bermunculan di dalam pikiran mereka sebelum benar-benar memilihnya.

Misalnya, apakah barang tersebut akan digunakan dalam jangka panjang atau tidak? Multifungsi atau tidak? Memakan banyak ruang atau tidak? dan sebagainya.

Namun ciri yang paling dominan adalah datang dari sisi fungsinya furnitur itu sendiri. Saat ini ada banyak jenis yang dibuat dengan kinerja lebih dari satu tujuan.

Sebut saja ranjang dengan laci yang dapat digunakan sebagai tempat tidur dan ruang penyimpanan baju, sehingga lemari pakaian cenderung tak dibutuhkan.

Ruang Terbuka

karakteristik rumah minimalis

Ruang terbuka memang bisa datang dari kusen jendela yang besar atau dindingnya terbuat dari kaca.

Akan tetapi ada satu poin tambahan yang seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang, yakni ruang terbuka dalam bentuk kerapihan.

BACA JUGA :  Desain Warung Sembako Minimalis Depan Rumah Bagi UKM

Pengguna rumah minimalis akan mengurangi penempatan furnitur secara ekstrim sehingga hanya menyisakan satu atau dua barang dalam satu ruangan saja.

Alhasil, kita sebagai penghuninya menjadi jauh lebih mudah saat berjalan, membersihkan, hingga memunculkan efek luas pada ruangan sempit sekalipun. Udara dan sinar mentari jauh lebih mampu menembus setiap sudut sehingga menjadi ciri kebahagiaan dan jauh dari penyakit depresi.

Minim Aksen dan Dekorasi

gambar rumah minimalis khas eropa

Keunikan lainnya daripada ciri khas rumah minimalis ini terletak pada sisi aksen dan dekorasi dalam suatu ruangan.

Hampir-hampir setiap ruangan yang digunakan tak menyertakan terlalu banyak dekorasi dalam satu waktu.

Jikalaupun ada, biasanya hanya disematkan satu saja, yang mana berperan penting sebagai panggung utama bagi titik fokus, atau bahkan menjadi bagian dari pemandangan dalam ruangan itu sendiri.

Menariknya lagi, aksen ini bisa datang dari alam. Sebut saja tempat bunga minimalis untuk menampilkan kesan hijau yang berkesinambungan dengan ruang terbuka kita.

Pemilihan Material

ciri khas bangunan rumah minimalis

Kita sudah membahas mengenai furnitur yang multifungsi. Akan tetapi harus didukung pula dengan kualitas yang benar-benar oke di kelasnya.

Dikarenakan kita hanya menggunakan satu atau dua furnitur dalam satu ruangan, maka keterlaluan jika misalnya menggunakan jenis yang jelek dan awut-awutan.

Dalam rumah minimalis, seni dalam mendesain ruangannya bahkan bisa terletak pada isi dari interior itu sendiri.

Tak jarang warna dinding dan furnitur akan dipadu-padankandemi membuat sebuah karya modern dan minimalis yang begitu greget.

Berkat susunan ini jugalah, rumah minimalis cenderung lebih diminati oleh kaum muda di zaman modern seperti sekarang.

Jadi tak perlu bingung lagi jika di kertas ujian ada soal “terangkan tentang ciri khas dari rumah minimalis!”. Tinggal utarakan saja 4 poin yang sudah disebutkan di atas, maka semuanya pasti beres.

Tinggalkan komentar