fbpx

Cara Mendesain Tempat Nyuci Minimalis Agar Betah Bekerja Seharian

Area mencuci pakaian memang bukanlah area terpenting di rumah. Akan tetapi mendesain tempat nyuci minimalis secantik mungkin akan membuatnya meningkatkan produktivitas dan suasana hati dalam ruangan.

Ruangan yang indah akan menghilangkan kesuraman dari pekerjaan sehari-hari yang membosankan.

Ukuran dan jenis mesin cuci kita bisa menjadi patokan desain membuat desain interior menjadi lebih enak untuk ditinggali selama bekerja.

Beberapa elemen penting seperti wastafel yang sudah terpatri secara permanen memang tak dapat kita pindahkan sesuka hati, sehingga bisa kita gunakan juga sebagai titik penting dalam mendesain.

Secara globalnya, demi menciptakan tempat nyuci minimalis impian kamu maka ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Peralatan

tempat nyuci baju sederhana

Jika titik fokus utama dari kamar tidur berupa kasur dan kamar tengah berupa sofa, maka lain lagi dengan tempat mencuci yang berupa mesin cuci.

Pemilihan peralatan ini begitu sangat penting dan harus disesuaikan dengan jenis ukuran ruangan. Jika sudah terlanjur, maka ruanganlah yang harus menyesuaikan.

Jadi beruntung sekali buat kamu yang berhasil menemukan artikel ini sebelum membeli peralatan. Soalnya kita bisa membuat segala macam ukuran ruangan menjadi minimalis tanpa harus berlebih-lebihan.

Intinya, ukuran mesin cuci dan pengering yang dipilih tidak boleh melebihi seperempat ruangan, karena akan menciptakan nuansa sumpek dan malas melakukan pekerjaan rumah.

Aksesoris Pendukung

desain tempat nyuci baju

Dikarenakan mesin cuci kita hanya kurang dari seperempat ruangan, maka kita pun dapat menyematkan berbagai macam aksesoris demi meningkatkan fungsi tempat nyuci minimalis itu sendiri.

Di sini kita bisa menyimpan papan setrika, vakum cleaner, hingga makanan hewan peliharaan. Sebaliknya, tanpa adanya ruang kerja yang luas, maka seringkali membuat kita merasa jengkel seharian penuh.

BACA JUGA :  ✔ 43+ Kamar Anak Minimalis yang Sesuai Dengan Kepribadian Mereka

Tak perlu besar, cukup berfokus pada tata letak ruangan itu sendiri dan peralatan yang dibeli, maka bisa memperluas nilai guna dari suatu ruangan.

Siapkan pula area-area dan lemari kecil untuk menyimpan keranjang pakaian, perlengkapan binatu, deterjen pembersih, dan perlengkapan pakaian lainnya.

Menginvestasikan diri pada berbagai macam peralatan semacam ini dapat membuat pekerjaan kita menjadi jauh lebih mudah.

Ruang Penyimpanan

dekorasi tempat nyuci baju

Perlu diingat bahwa cucian kita membutuhkan ruang lebih banyak daripada aktivitas nyuci itu sendiri.

Gunanya adalah untuk menyimpan berbagai macam barang-barang yang dibutuhhkan. Tanpanya, maka kemungkinan terkena kecelakaan pun semakin meningkat.

Terutama barang-barang seperti deterjen pembersih, pencuci, dan bahan kimia cair lainnya sangatlah rentan untuk tumpah.

Ruang penyimpanan ini juga akan memfasilitasi tempat bagi aksesoris yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga yang seringkali menghabiskan waktu seharian.

Apalagi jika cucian menggunung, bisa jadi kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu di  tempat nyuci minimalis yang sudah dibangun.

Sentuhan Akhir

contoh tempat nyuci minimalis

Setelah kita berhasil menyematkan berbagai macam peralatan pada tempatnya, maka merawatnya secara konsisten menjadi sentuhan akhir yang harus kamu lakukan setiap hari.

Minimalisme artinya menghindari ruangan yang berantakan agar tak nampak sempit. Belum lagi pewarnaan dan pencahayaan haruslah mumpuni.

Bayangkan ketika kamu harus menghabiskan banyak waktu di tempat nyuci minimalis tersebut, akan tetapi pencahayaannya buruk, maka bisa berpotensi meningkatkan gejala stres hingga depresi.

Pasti kamu gak mau kan bekerja sambil marah-marah? Sebagian besar orang yang malas bekerja itu dipengaruhi oleh lingkungannya sendiri.

Sebaliknya, ruangan indah dan minimalis dapat mengundang siapa saja untuk tinggal disana, sekalipun bukan waktunya mencuci.

Selalu masukan barang-barang ke tempatnya setelah digunakan. Memang nampak remeh temeh, akan tetapi seringkali orang menghindari gaya hidup rapi seperti ini.

Tinggalkan komentar