fbpx

Tempat Jemuran Lantai 2 Minimalis Tetap Berprivasi dan Hemat Energi

Ada kalanya kita menghindari kebiasaan menjemur pakaian di luar karena malu atau bahkan takut dicuri orang aneh. Makanya buat mereka yang rumahnya memiliki fitur loteng, maka seringkali membuat sebuah tempat jemuran lantai 2 minimalis sebagai solusinya.

Kita memang bisa menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan pakaian, akan tetapi jauh lebih hemat energi jika memanfaatkan sinar matahari dan angin luar untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Hemat energi ini tentunya akan menahan pengeluaran berlebih. Bahkan rata-rata orang akan menghabiskan lebih dari 300 ribu rupiah per tahunnya untuk penggunaan pengering cucian sebagai tagihan biaya listrik.

Maka dari itulah, jika kamu memiliki area loteng, mari kita buat tempat jemuran lantai 2 minimalis yang berkesan privasi dan hemat di kantong.

Tempat Jemuran Indoor

Tempat Jemuran Indoor

Tak masalah jika kamu ingin menyematkan baju jemuran di dalam rumah, selama pencahayaannya tepat.

Jadi jika bisa, pasangkan kaca di atap agar cahaya matahari dapat masuk dengan bebas. Selanjutnya, fasilitasi pula dengan ventilasi menggunakan jerjak atau loster di dinding demi mendapatkan paparan angin agar lebih cepat kering.

Kelebihan dari cara ini adalah kita mampu terhindar dari cuaca buruk seperti munculnya hujan seharian penuh. Saat itu terjadi, kita masih bisa memanfaatkan angin yang masuk melalui lubang-lubang di dinding.

Tempat Jemuran Outdoor

Tempat Jemuran Outdoor

Kamu pun boleh menyematkan tempat jemuran minimalis lantai 2 di balkon atas. Sayangnya, kita masih bisa terkena paparan air hujan atau angin kencang yang seringkali menerbangkan pakaian cucian kita.

Untuk mengakalinya, kita harus memasang jepitan di setiap pakaian yang tengah dijemur.

BACA JUGA :  ✔ 43+ Kamar Anak Minimalis yang Sesuai Dengan Kepribadian Mereka

Sama halnya seperti kita menjemur pakaian di halaman rumah, ada kalanya orang-orang aneh masih bisa menatap pakaian dalam kita yang tengah dijemur di sana.

Dengan begitu alangkah baiknya untuk tidak menjemur pakaian sensitif sekalipun dilakukan di balkon – terkecuali orang asing tak dapat melihatnya karena desain rumah itu sendiri atau adanya objek tertentu yang menghalangi.

Tempat Cuci dan Jemuran Satu Ruang

Tempat Cuci dan Jemuran Satu Ruang

Bawa juga sekalian mesin cuci kamu ke lantai 2, kemudian berikan ruangan khusus untuk mencuci yang sekaligus berperan sebagai tempat jemuran.

Sisi minimalisme tentunya akan kamu dapatkan secara maksimal dengan melakukan cara tersebut.

Untuk mendesain tempat cuci baju dan jemuran lantai 2 minimalis yang keren, maka kamu harus menambahkan beberapa fitur seperti rak, lemari penyimpanan, jerjak untuk menggantung pakaian, dan sebagainya.

Jika masih ada sisa area yagn kosong, tambahkan pula sebuah sofa nyaman agar kamu dapat bersantai sambil menunggu mesin cuci selesai melakukan tugasnya.

Bawa buku favorit untuk dibaca agar pekerjaan terasa ringan dan nampak seperti me time sepanjang hari.

Tempat Jemuran Tanpa Teras

Tempat Jemuran Tanpa Teras

Jika misalnya loteng kamu tak dilengkapi dengan balkon karena untuk alasan tertentu, maka harus menyediakan area khusus untuk menjemur.

Jika masih tak punya karena luas rumahnya yang tak terlalu besar, maka bisa pula menggantungnya di ruang utama loteng.

Kuncinya adalah selalu dekatkan dengan lokasi yang paling banyak terpapar sinar mentari. Carilah jendela yang menghadap ke timur untuk mendapatkan energi gratis dari sinar matahari pagi yang hangat.

Beberapa hal yang kamu butuhkan diantaranya jerjak untuk menggantung, pencapit pakaian, dan kebersihan.

Selalu bersihkan area tersebut dari debu-debu agar cucian kita tetap bersih saat proses pengeringan alami dilakukan. Percaya atau tidak, orang Jepang yang sudah maju pun masih menggunakan cara yang satu ini!

Tinggalkan komentar