Tempat Cuci Baju dan Jemuran Minimalis, 8 Desain Beserta Tipsnya

Semahal apapun pakaian kita, kurang enak jika misalnya tak dibersihkan setiap kali selesai dipakai. Jika khawatir dicuri orang saat dijemur, mungkin kamu membutuhkan tempat cuci baju dan jemuran minimalis yang menyatu dalam satu ruangan.

Area ini sangatlah mementingkan privasi karena masih di dalam ruangan. Ini memberikan keleluasan kepada kita jika misalnya ingin mengeringkan jenis pakaian yang sensitif.

Ruangan kecil seringkali dinilai kurang baik, padahal tergantung pada tata letak dan pemeliharannya. Jika kita membuatnya senantiasa rapi dari waktu ke waktu, ruangan super kecil pun masih sangat mumpuni untuk dijadikan tempat cuci baju dan jemuran minimalis.

Jika tertarik untuk membuatnya, maka beberapa tips di bawah ini mungkin akan membantu.

Outdoor Tertutup

tempat cuci baru dan jemuran

Pernah ga melihat sebuah rumah kaca yang nampak terbuka tapi sebenarnya tertutup? Itupun bisa kita aplikasikan pada tempat nyuci minimalis dan menjemur pada satu ruangan yang sama.

Tentukan sebuah ruangan yang kamu hendak jadikan area menjemur tersebut kemudian ganti atapnya dengan kaca.

Keuntungannya adalah sekalipun hujan turun nan lebat, baju kita akan tetap aman pada jemurannya di sana. Sementara saat terik matahari, maka masih menyediakan sejumlah sinar yang dapat mengeringkan.

Akan jauh lebih baik jika kamu menambahkan susunan kaca pada dinding rumah area tersebut.

Ruangan 2 x 2 Sudah Cukup

desain tempat cuci baju dan jemuran

Tak perlu besar, yang penting rapi dan enak saat dilihat. Kerapihan ini akan membuat ruangan kamar 2×2 minimalis pun menjadi nampak jauh lebih besar.

Apalagi dalam ruangan mencuci tersebut kita hanya membutuhkan mesin cuci, lemari penyimpanan, dan area menjemur saja.

Tempat cuci baju dan jemuran minimalis dengan ukuran kecil masih mungkin nampak begitu multfungsi selama tahu kapan cara menggunakannya dan bagaimana cara merapikannya.

Furnitur yang tersemat pun haruslah memiliki nilai guna tinggi, terutama pada bagian penyimpanan. Lengkapi pula dengan rak portable agar minimalismenya semakin nampak terlihat.

Pasangkan Ventilasi

desain tempat cuci baju dan jemuran sederhana

Perlu diketahui sebelumnya bahwa jemuran bisa kering bukan hanya karena cahaya matahari saja, melainkan harus adanya arus angin agar air yang terdapat dalam kain dapat cepat hilang dengan segera.

Ada banyak cara memasangkan ventilasi pada area tempat cuci baju dan jemuran minimalis tersebut, dimulai dari loster hingga dinding jerjak besi.

Namun lebih disarankan menggunakan dinding roster karena jauh lebih aman, bebas tangan jahil, dan memiliki daya pikat berupa tampilan yang indah.

Loster tersebut pun tersedia dalam berbagai macam bentuk dan bahan. Jika ingin menampilkan sisi harmonis dengan ruangan mencuci kamu saat ini, maka jenis yang terbuat dari kayu jati boleh kamu pilih.

Jauhkan Dari Ruang Dapur

desain inspirasi tempat cuci dan jemuran baju

Paparan asap dapur dapat mengotori pakaian kita, seringkali bau masakan bisa menempel di sana. Apalagi jika dapur kamu tak memiliki ventilasi yang mumpuni.

Memasak di dapur yang tanpa menyediakan ventilasi juga dapat menyebabkan berbagai macam gangguan saluran pernafasan.

Sudah banyak kok kasus dimana seseorang terkena PPOK (penyakit paru obstruktif kronis) akibat paparan asap kompor dan masakan karena tak mendapatkan jalur pembuangan.

Itupun berlaku untuk pakaian kita. Kain memiliki sifat dalam menyerap bau-bauan, dan mendekatkannya dengan area dapur bisa memberikan efek yang sangat fatal.

Sayangnya, jarang orang yang tahu akan hal tersebut. Bahkan diantara ibu rumah tangga selalu berpikir bahwa ruangan dapur, kamar mandi, toilet, dan area mencuci haruslah didekatkan antara satu sama lain.

Beri Warna Putih

ruang cuci baju dan jemuran

Ruangan akan benar-benar terasa hangat saat memiliki nuansa putih di sana-sini. Jika berbicara mengenai hukum fisika, cahaya matahari yang terpantul masih bisa menyebabkan radiasi atau tingkat panas sekian persen dari suhu aslinya.

Ini membuatnya sangat unik, yang mana tak dapat dilakukan oleh cahaya lampu biasa. Alhasil, sifatnya tersebut bisa kita manfaatkan untuk digunakan pada area tempat cuci baju dan jemuran minimalis.

Warna putih juga sudah menjadi bagian dari sisi minimalisme dan sering dijadikan sebagai warna dasar. Kamu pun boleh menambahkan beberapa aksen pada dinding jika mau.

Gunakan Efek Hijau

tempat jemuran belakang rumah

Aksen tersebut bisa berupa tanaman hijau yang sangat indah dan bernuansa alam. Tumbuhan sudah dikenal sebagai sosok yang dapat menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di saat yang bersamaan.

Dengan begitu, tempat cuci baju dan jemuran kita bisa terasa lebih segar sepanjang hari. Tanaman juga berperan penting terhadap ekosistem dan nuansa rumah yang begitu ideal untuk ditempati oleh kita.

Minimalis dan kontemporer pastinya menjagokan susunan ruangan yang menyatu dengan alam. Jadi bisa kamu gunakan pula jika memang menyukai hal-hal indah yang membuat kita betah melakukan pekerjaan rumah di sana.

Gunakan vas bunga atau jadikan tanaman merambat melingkari jerjak minimalis yang juga bisa kamu sematkan di sana. Paparan sinar matahari dari langit-langit berlapis kaca akan tetap membuatnya tumbuh subur.

Pasangkan Jerjak Sebagai Gantungan

ruang jemuran indoor

Buat kamu yang belum tahu, jerjak adalah nama lain daripada tralis yang multifungsi. Selain bisa dipasangkan pada kusen jendela untuk tujuan keamanan dan keindahan, juga bisa menjadi pendukung jemuran kita setiap hari.

Saat terpasang pada area tempat cuci baju dan jemuran minimalis di rumah, maka memiliki 2 fungsi utama, yaitu sebagai penggantung cucian atau jalur tanaman menjalar seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kebanyakan jerjak sangatlah kuat dengan tampilannya yang tipis, sehingga tak akan menghabiskan banyak space pada area tersebut.

Ruang Penyimpanan dan Rak

ruang jemuran dalam rumah

Agar tempat cuci baju dan menjemur minimalis kamu tak acak-acakan, maka wajib memiliki ruang penyimpanan dan rak portable.

Ruang penyimpanan ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan peralatan kebutuhan sehari-hari seperti deterjen, setrikaan, kain halus, dan lain sebagainya.

Tak perlu pusing-pusing memikirkannya, dengan lemari dengan fitur laci juga sudah cukup untuk menjadi pemecah masalah kamu tersebut.

Jika sudah memiliki 2 elemen penting ini, maka akan mencegah kita menyimpan berbagai macam barang di atas mesin cuci itu sendiri.

Bukan tak boleh, melainkan kurang begitu bagus saat ditatap dari kejauhan. Apalagi barang-barang seperti pewangi dan pemutih rentan terjatuh saat terkena goncangan.

Jika tutupnya tak terlalu rapat, maka bisa saja menumpahkan segala isinya dan memberikan pekerjaan tambahan yang seharusnya tak pernah terjadi jika kita menyimpannya secara apik.

Tinggalkan komentar