fbpx

Pentingnya Sket Rumah Minimalis Modern Sebelum Membangun Hunian

Pernah ga melihat sebuah rumah atau bangunan megah yang hampir mustahil untuk dibangun? Padahal dalam dunia konstruksi, ada satu rahasia dibalik setiap desain yang didirikan, yakni sketsa! Begitupun dengan sket rumah minimalis modern, maka akan menjadi gaya berkomunikasi antara satu ahli dengan profesional lainnya.

Misalnya saat si pemilik rumah ingin memiliki gaya rumah tertentu, maka sang desainer atau arsitek akan mengubahnya menjadi gambaran kasar untuk kemudian disetujui oleh klien.

Selanjutnya akan disusun RAB berdasarkan gambar tersebut, yang kemudian diserahkan kepada mandor dan kepala tukang.

Dari sini saja kita sudah tahu bahwa sketsa memiliki peran besar sebagai media komunikasi dan perencanaan.

Begitupun dengan kita, akan lebih mudah jika kita melihat contoh sket rumah minimalis modern berikut ini jika kamu tertarik untuk membuat hunian baru tertentu.

Sketsa Rumah Minimalis 3 Kamar

Sketsa Rumah Minimalis 3 Kamar

Rumah dengan isi 3 kamar bisa dibilang cukup besar di zaman sekarang. Karena rata-rata orang menggunakan rumah dengan 2 kamar lengkap dengan unit ruang lainnya seperti ruang tamu, toilet, dan dapur.

Ada banyak tujuan kenapa kita harus menyematkan 3 kamar. Misalnya, kita sudah memiliki 2 orang anak yang mulai beranjak gede, atau 1 anak dan kamar tamu.

Sketsa kamar dan rumah ini biasanya digunakan untuk mereka yang sudah mulai mapan dan matang dalam berkeluarga.

Sket Rumah Minimalis 2 Lantai

Sket Rumah Minimalis 2 Lantai

Tak perlu memiliki lahan luas untuk membuat sket rumah minimalis modern dengan lantai 2, karena zaman sekarang pun hunian bertipe 36 sudah banyak memiliki area loteng.

BACA JUGA :  4 Rekomendasi Pagar Dari Bambu Minimalis Bergaya Asia

Biasanya tipe hunian tersebut merupakan jenis upgradean dari rumah sebelumnya, dan membutuhkan area lebih luas karena anggota keluarga yang sudah mulai beranjak gede atau bahkan bertambah banyak.

Rata-rata orang akan menyematkan ruang keluarga, dapur, dan toilet di lantai 1. Sementara lantai 2 dikhususkan untuk kamar tidur dan toilet (jika diperlukan).

Dengan begitu, kita bisa memiliki 3 kamar tidur tanpa harus menghilangkan ruang tamu dengan sket rumah minimalis 2 lantai ini.

Sketsa Rumah Minimalis Type 36

Sketsa Rumah Minimalis Type 36

Mungkin sket rumah minimalis modern ini paling sederhana dan mudah untuk kita aplikasikan. Soalnya, rata-rata huniannya hanya menyertakan 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, 1 toilet, dan 1 dapur.

Akan tetapi dari sisi halamannya sendiri bisa ditambahkan sedikit garasi dak cor minimalis dan halaman mini.

Dikarenakan tipe hunian ini sedang trend di kota-kota besar yang lahannya semakin hari semakin mahal dan sempit, maka sketsa ini pun lebih sering digunakan dan laku di pasaran.

Hal yang terpenting adalah bagaimana cara kita merawatnya dan mendesain eksterior serta interiornya dalam jangka panjang.

Sket Rumah Minimalis Ukuran 7×10

Sket Rumah Minimalis Ukuran 7x10

Lain lagi dengan sket rumah minimalis modern dengan ukuran 70 meter persegi atau 7×10, karena bisa memasukan area tambahan yang lebih mumpuni dan luas.

Misalnya, kita bisa memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi atau toilet, 1 dapur, dan 1 ruang tengah.

Bahkan sebenarnya kita tak perlu melakukan upgrade-an terhadap hunian ini karena memang sudah nampak besar dan leluasa.

Namun tetap saja kita tak bisa menambahkan area ruang garasi karena kurang begitu mumpuni untuk dilakukan.

Untungnya ada satu trik khusus seperti halnya pada hunian tipe 36 di atas, yakni membangun tiang kanopi minimalis untuk cor dak sebagai garasi rumah yang multifungsi.

BACA JUGA :  Design Kamar Minimalis Elegan Memenuhi 4 Ruangan Utama

Cara ini sudah sering digunakan di pemukiman padat penduduk seperti ibu kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Tinggalkan komentar