fbpx

Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern Dari Kayu Sebagai Dekorasi

Ruangan kamu terlalu luas, tapi tak mau membangun sekat berupa tembok karena terlalu mahal? Maka jawaban termudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan sekat ruang tamu minimalis modern dari kayu yang banyak manfaatnya.

Pembatas ruangan portable ini cenderung meningkat popularitasnya berkat sifat dan manfaat yang dimilikinya.

Bahkan sekat ruangan sebenarnya sudah lazim digunakan semenjak abad pertengahan di kalangan bangsawan Eropa sebagai layar privasi.

Seiring dengan berjalannya teknologi dan pergeseran zaman, sekat ruang tamu minimalis modern dari kayu pun akhirnya hadir dengan berbagai macam bentuk dan pola.

Siapapun tentu boleh menggunakannya mengingat harganya yang begitu murah, sekaligus persediannya yang semakin melimpah.

Sekali kita menggunakan pembagi ruangan tersebut, maka manfaat di bawah ini akan langsung kamu dapatkan!

Lebih Memanfaatkan Ruang

sekat ruangan dari kayu

Secara fungsi utamanya, pembagi ruangan ini dapat secara efisien menyediakan tambahan ruangan privasi yang kita butuhkan pada saat itu.

Ini digunakan jika misalnya kamu tak ingin membawa sifat mubazir dalam penataan ruang interior dan dalaman rumah.

Alhasil, sekat ruangan lebih sering digunakan oleh mereka yang tinggal di apartemen kelas studio, yaitu jenis ruangan yang hanya menyertakan satu ruang kamar utama dan kamar mandi saja.

Jadi sekalipun kita memesan kelas terendah dari jenis ruang apartemen, kita masih bisa mengakalinya untuk membagi ruangan tersebut ke dalam 2 bagian, yakni ruang tamu dan ruang kamar sebagai privasi.

Mudah Diganti

sekat ruangan minimalis dari kayu

Salah satu kelemahan dari dinding bata adalah terlalu banyak mengambil ruang. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih besar.

Rata-rata orang menggunakannya sebagai pembatas permanen sehingga mesti dihancurkan terlebih dahulu saat sudah bosan dan ingin diganti.

Berbeda dengan sekat ruang tamu minimalis modern dari kayu yang dapat dengan mudah disematkan dan dibongkar pasang.

Jika misalnya ada kerusakan, maka lebih gampang diganti. Jika ingin mengganti susunan ruang, maka tinggal dipindahkan saja karena tak terlalu berat saat dibawa dan dijinjing.

BACA JUGA :  ✔ 36+ Rak Besi Minimalis, Jenis dan Penggunaan di Sejumlah Lingkungan

Kayu sangatlah ringan daripada sekat besi minimalis yang bebannya 2 hingga 3 kali lebih berat.

Murah dan Terjangkau

sekat rumah minimalis dari kayu

Lagi-lagi kita harus membandingkannya dengan sekat batu-bata agar lebih mudah dalam menilainya.

Misalnya, dinding tembok memerlukan biaya untuk pembelian semen dan batu bata. Belum biaya jasa para tukang serta perawatannya.

Lain lagi jika kamu lebih memilih sekat  ruang tamu minimalis modern dari kayu yang bisa dibeli langsung dalam bentuk utuh.

Harganya pun jauh lebih murah daripada pembuatan sekat tembok. Tak memerlukan waktu lama saat membuatnya, dan tinggal dipasangkan saja di area yang kamu inginkan.

Sembari memiliki jurang yang panjang antara harga dan fleksibilitas, namun dari sisi nilai gunanya masih sama saja, yaitu memungkinkan kita membagi satu ruangan besar ke dalam 2 bagian.

Dapat Ditambah Dengan Mudah

sekat ruangan dari kayu jati

Ruangan kamu terlalu besar sehingga sekat ruang tamu minimalis modern dari kayu nampak kecil? Gampang! Tambah saja unit dari partisi tersebut kemudian digabungkan menjadi satu.

Enaknya lagi, semakin banyak kamu membeli unit sekat kayu tersebut, maka akan semakin melimpah kreasi pembentukan dari pembatas ruangan.

Kamu bisa membuat ruangan kotak, segitiga, prisma, dan lain sebagainya. Alhasil, ruangan penuh privasi pun dapat tercipta dengan mudah tanpa harus membuang-buang ekstra tenaga, waktu, dan uang.

Ada pula beragam jenis model yang telah tersedia di pasaran, yang mana bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan atau selera masing-masing.

Tahan Lama dan Ringan

sekat ruangan dari kayu palet

Dua buah elemen paling mengesankan yang harus tersemat dalam setiap jenis interior rumah adalah tahan lama dan ringan.

Kedua hal tersebut dapat memudahkan segala macam aktivitas kita saat menata sebuah ruang tamu – berapapun ukurannya.

Ini karena sekat ruang tamu minimalis modern dari kayu tidak mengandung banyak bahan berat layaknya beton, akan tetapi dari sisi kekuatan masih dapat kita andalkan dengan begitu baik.

Dikarenakan bobotnya yang ringan tersebutlah, pembatas ruangan dari kayu ini dapat dengan mudah dibawa dan dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya.

Daya tahan dan berat memang sangatlah bervariasi. Akan tetapi secara rata-rata sekat kayu bisa dipindahkan dan diangkat oleh dua orang saja tanpa harus mengeluarkan ekstra tenaga.

BACA JUGA :  Wajib Menggunakan Pagar 2 Pintu Minimalis Jika Kamu Punya Mobil Agar Parkir Jadi Mudah

Banyak Desain

sekat pembatas ruangan dari kayu

Salah satu kelebihan yang datang dari sekat ruang tamu minimalis modern dari kayu ini adalah beribu desain yang bisa kita pilih sesuka hati.

Selain harus kita cocokan sesuai dengan kebutuhan dasar, juga dapat menunjang selera kita dalam bentuk dan pola.

Misalnya, desain polos untuk kamu yang ingin mendapatkan privasi tingkat tinggi. Sementara desain berlubang dengan pola unik dapat memberikan aliran udara sehingga ruangan sesempit apapun masih bisa bernafas dan tak pengap.

Alhasil, ruangan tengah kita dapat menghantarkan sejumlah nuansa berbeda dan unik berdasarkan pola yang tengah kita gunakan pada saat itu.

Perawatan Anti Pusing

sekat ruang tamu kayu jati

Seringkali pembagi ruangan yang terbuat dari tembok beton akan membuat kita kerja lembur.

Sekalipun bukan kita yang mengerjakannya, akan tetapi kurang begitu nyaman jika para tukang sebagai orang asing tetap berada di rumah kita hingga malam hari.

Meninggalkan pekerjaan di tengah-tengah cenderung memberikan perasaan tak nyaman saat ditiduri. Maka mau tak mau harus membuat mereka kerja lembur hingga selesai, yang juga mempengaruhi biaya pengerjaannya menjadi berkali lipat.

Nah, sekat ruang tamu minimalis modern dari kayu tak akan membebani kita dengan masalah klasik seperti itu, karena pembuatan dan pemeliharaannya cenderung tak seribet dinding bata.

Kita dapat menjaganya tetap bersih dengan menggunakan kemoceng di setiap selanya demi mencegah debu berkumpul di sana.

sekat kayu ruang tamu minimalis

Jika warna kayunya ingin tetap mengkilap, maka bisa mengoleskan minyak furnitur kayu sebanyak 2-4 kali dalam setahun.

Jika misalnya ruangan tengah tersebut tersorot sinar matahari secara langsung, pun tak jadi masalah.

Apalagi jika sekat kayu berasal dari pohon jati yang tahan terhadap pembengkokan, pemuaian, dan penyusutan sekalipun terkena paparan panas sinar mentari dan mengalami perubahan suhu secara drastis dalam suatu ruangan.

Perlu diketahui bahwa kayu memiliki banyak jenis dengan sifatnya masing-masing. Jadi, perlu kamu perhitungkan pula secara seksama jika memang sudah tertarik untuk menggunakan sekat ruang tengah minimalis modern dari kayu yang telah menjadi dambaan banyak orang.

Tinggalkan komentar