fbpx

Sangkar Kolibri Minimalis dan Cara Merawat Penghuninya

Kawasan hangat atau panas di Indonesia menjadi surganya berbagai macam flora dan fauna, tak terkecuali burung kolibri. Di saat yang bersamaan, para pecinta burung mencoba untuk memeliharanya di dalam sangkar kolibri minimalis.

Suara khas dari burung ini begitu terdengar nyaring dan bikin suasan hati menjadi senang. Kualitas suara dan sifatnya cenderung cukup unik dan berhasil memberikan daya pikat tersendiri bagi para pecinta unggas.

Alhasil, memeliharanya di rumah bisa menjadi bagian dari rekreasi untuk kita. Bayangkan saja, kita setiap pagi bisa mendengarkan cuitan yang jauh lebih menyegarkan daripada cuitan gosip di Twitter.

Untuk itulah, mari kita fasilitasi hobi tersebut dengan menggunakan sangkar kolibri minimalis serta kebutuhan dasar yang wajib disematkan di sana.

Sediakan Tempat Makanan Agak Besar

sangkar burung kolibri dan tempat makan

Burung kolibri memiliki tingkat metabolisme yang sangat tinggi, sehingga harus makan sepanjang hari untuk mampu bertahan hidup.

Mereka mengonsumsi sekitar setengah dari berat badannya dalam bentuk serangga dan sari bunga.

Alhasil, kita pun harus rajin mengecek makanannya tersebut agar burung kolibri yang kita pelihara tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

Jika tak ingin ribet, maka sediakan tempat makan yang agak besar demi menampung jumlah makanan yang bisa awet hingga setengah hari.

Untuk makanannya sendiri, burung kolibri juga doyan dengan serangga kecil, kumbang, semut kutu daun, agas, nyamuk, hingga tawon.

Tak Perlu Besar, yang Penting Sesuai

sangkar burung kolibri kecil

Faktanya, burung kolibri merupakan spesies terkecil dari semua burung yang ada. Bahkan kolibri lebah hanya memiliki rata-rata berat sekitar 2 gram saja, atau sekitar satu sendok teh gula.

BACA JUGA :  Kasur Pengantin Minimalis Bikin Pengantin Baru Serasa Tidur di Hotel Bintang 5

Dengan begitu, kita tak perlu menyediakan sangkar burung yang super besar. Namun hati-hati juga agar tidak kekecilan karena burung bisa stres jika tak bisa meloncat atau mengepakkan sayapnya.

Hindari pula penggunaan sel yang terlalu lebar, karena mereka bisa saja menerobos keluar dengan begitu mudah.

Saking kecilnya, telur dari burung kolibri seringkali tak terlihat dan mungkin saja ada di atas pepohonan pekarangan rumah kita tanpa disadari.

Mencari Tempat Hangat

sangkar kolibri hangat

Wajib untuk memberikan tempat hangat pada sangkar kolibri minimalis, soalnya spesies ini tak mampu hidup dalam cuaca dingin.

Saking antinya, burung kolibri bahkan akan melakukan perjalanan hingga 3000 KM saat musim dingin tiba, dan ini dilakukan 2 kali dalam setahun.

Untungnya, di Indonesia tak ada istilah pergantian musim seperti itu, sehingga menjadikannya tempat yang cocok untuk mereka tinggali.

Namun tetap saja, selalu perhatikan kondisi mereka saat musim penghujan tiba. Jangan buat mereka kedinginan di dalam sangkarnya sendiri, karena rentan mati jika dibiarkan begitu saja. Jika tak bisa mengurus, biarkan saja mereka bermigrasi di alam bebas.

Bisa Mati Suri

burung kolibri mati suri

Sekalipun sangkar kolibri minimalis kamu sudah terasa hangat, seringkali mereka akan mati suri di malam hari.

Pada saat ini terjadi, jangan panik dan jangan diganggu, karena ini adalah hal alamiah yang seringkali dilakukan oleh mereka.

Pada saat mati suri, burung kolibri akan memperlambat fungsi metabolismenya hingga tahap minimun, dimana suhu tubuh rendahnya akan dipertahankan semaksimal mungkin.

Dikarenakan kolibri memiliki kebutuhan metabolisme yang tinggi dan bulu mereka tak mampu mempertahankan panasnya secara efektif, maka mati suri bisa menjadi salah satu pertahanan hidupnya.

BACA JUGA :  Ide Membuat Gerobak Cafe Minimalis Pendatang Cuan Bernuansa Eropa

Makanya, jangan pernah diganggu saat mereka mengalami mati suri. Cukup bawa saja ke tempat yang lebih hangat agar mereka bisa kembali bangun dan ceria.

Tinggalkan komentar