fbpx

Beragam Jenis Sangkar Burung Ciblek Minimalis dan Cara Merawatnya

Binatang peliharaan memang senantiasa menjadi daya tarik dan teman bagi kita. Sangkar burung ciblek minimalis pun hadir dengan berbagai macam bentuk dan ukuran khusus buat kamu yang ingin memelihara spesies burung pandai bernyanyi yang satu ini.

Datang dari famili Cisticola Cisticolidae dan memiliki nama asli Prinia, hewan bersayap ini memiliki tampilan khas dengan panjangnya sekitar 13 cm dan beratnya antara 8 hingga 10 gram saja.

Dengan mengetahui berat dan ukurannya tersebut, kita pun dapat menentukan seberapa besar sangkar burung yang dibutuhkan.

Selain itu, karakteristik dan sifat unik dari Prinia pun bisa kita sesuaikan dengan sangkar burung ciblek minimalis yang ingin kita buat atau beli.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah paparannya.

Ukuran yang Tepat

ukuran sangkar burung ciblek yang tepat

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa burung Ciblek termasuk ke dalam spesies unggas kecil, sehingga kita pun tak perlu membuat kandang segede gaban.

Selama burung dapat meloncat-loncat, mengepakkan sayapnya, bertengger, dan makan minum saja sudah cukup untuk dilakukan.

Adapun dimensi yang disarankan adalah 20x25x60 cm. Ukuran sangkar kecil minimalis ini sudah cukup untuk menampung segala macam yang dibutuhkannya.

Hanya saja tidak disarankan untuk memasukan 2 burung ciblek secara sekaligus pada ukuran kandang tersebut, karena cenderung kekecilan.

Adapun ukuran ideal untuk menempatkan 2 ekor burung ciblek sepasang adalah 35x35x60 cm. Jika ingin dibudidayakan, maka siapkan pula sarang agar burung ciblek betina dapat bertelur di sana.

Tempat Makan dan Minum

makanan burung ciblek

Hindari pemberian satu jenis pakan pada burung ciblek. Itu berarti, tempat makan dan minum pun harus kamu sesuaikan berdasarkan porsi.

Apalagi jika kamu memelihara 2 ekor dalam satu kandang, maka ukuran pun harus lebih besar atau bisa dipisahkan.

Adapun beberapa makanan yang bisa kita kasih dan tempatkan di sangkar burung ciblek minimalis diantaranya:

  • Kroto. Sejenis telur semut rang-rang.
  • Jangkrik. Memberikan kebutuhan proteinnya sehari-hari.
  • Telur Puyuh. Masih menyediakan protein, akan tetapi kadarnya jauh lebih tinggi. Hati-hati memberikannya secara berlebih.
  • Voer. Produk pabrikan.
BACA JUGA :  ✔ 41+ Plafon Minimalis Terbaru Ruang Tamu Bumbu Pelengkap Hunian!

Setiap porsi makanan yang kita kasih akan menentukan kualitas suara dan kesehatan burung ciblek. Bahkan makanan tertentu bisa memenangkan perlombaan suara terindah karena mampu menghasilkan nyanyian yang begitu gacor.

Kebutuhan Sehari-Hari

kebutuhan burung ciblek

Sama halnya seperti kandang binatang peliharaan lainnya, sangkar burung ciblek minimalis juga membutuhkan perawatan agar tidak bau, kotor, dan mengundang penyakit.

Hati-hati terhadap lingkungan yang kurang begitu asri, karena bisa membuat burung ciblek stres dan kemudian mati.

Bersihkan setiap waktu tempat makanan dan minuman. Buang sisa makanan untuk menghindari paparan bakteri atau virus yang dapat membahayakan diri kita maupun burung ciblek itu sendiri.

Selanjutnya, kebanyakan orang mungkin akan memandikan burungnya dalam sangkar. Akan tetapi hal tersebut sebenarnya tak perlu dilakukan karena sejatinya burung ciblek tidak terlalu suka berada dalam kondisi basah.

Sangkar Burung Ciblek yang Baik

Sangkar Burung Ciblek yang Baik

Ada harga ada rupa. Sangkar burung ciblek minimalis yang baik tentunya dinilai dari seberapa bagus bahannya, seberapa ideal ukurannya, dan memberikan fitur yang kita butuhkan.

Rata-rata kandang burung ini dibandrol dengan harga 400-450 ribuan rupiah saja. Ini tentu sudah sangat ideal untuk tempat bernaung binatang peliharaan kita.

Sebagai pemilik, kita bisa menyematkan tempat makan dan minum dengan mudah dan tahan terhadap goncangan sehingga tak mudah jatuh. Tempat bertengger untuk membuat burung mampu berekreasi dalam sangkar juga diperlukan.

Memang masih ada jenis yang dijual dengan harga yang lebih gila lagi, yakni mencapai hingga 2-3 jutaan rupiah.

Namun jenis yang terbaik bukanlah dari harga yang mahal atau murah, melainkan sesuai dengan kebutuhan burung ciblek kita.

Model Sangkar Burung Ciblek

Model Sangkar Burung Ciblek

Model dan bentuk dari sangkar burung ciblek minimalis bisa kamu tentukan dan pilih sesuka hati.

BACA JUGA :  4 Tips Mendandani Etalase Emas Minimalis Biar Makin Berkilauan

Berbeda dengan sangkar burung beo yang katanya tak boleh berbentuk bundar karena dapat membuatnya stres, lain lagi dengan burung ciblek yang mampu mengadaptasikan dirinya terhadap lingkungan secara cepat.

Entah itu berbentuk kotak, bundar, travesium – ketiganya bisa kamu pilih sesuka hati. Kuncinya hanya satu, yaitu ukuran dan cara perawatan.

Jenis kotak tentunya menjadi model sangkar burung ciblek yang paling banyak digunakan saat ini karena lebih mudah menempatkan makanan dan jauh lebih luas karena dihitung berdasarkan panjang x lebar, dan bukanlah diameter.

Sangkar Ukir Burung Ciblek

Sangkar Ukir Burung Ciblek

Sangkar burung ciblek minimalis yang disertai dengan ukiran biasanya datang dari Jepara. Dengan membawa kesan artistik tradisional bernuansa Jawa, sangkar burung ini akan semakin memberikan suasana megah dan penuh gaya pada hunian kita.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sangkar ukiran ini bisa kita beli dengan harga yang pas – tidak kemahalan ataupun kemurahan.

Rata-rata dijual dengan harga 400 ribu rupiah, maka kamu sudah bisa mendapatkan sangkar burung terbaik yang terbuat dari kayu jati.

Kayu ini tahan terhadap air hujan dan sinar terik matahari. Namun tetap saja kita harus menghindari kedua elemen tersebut secara langsung karena di dalam kandang tersebut ada makhluk hidup, yakni burung ciblek.

Sangkar Burung Ciblek Lomba

Sangkar Burung Ciblek Lomba

Kita bisa membuat burung ciblek memasuki area pertarungan. Tapi tunggu dulu! Bukan diadu layaknya ayam atau banteng – yang tentunya dilarang oleh hukum dan agama – melainkan berupa perlombaan suara untuk menentukan burung mana yang paling gacor.

Burung dengan suara indah tidak bisa dibuat dalam semalam. Ada banyak hal yang harus kita pikirkan dan jalankan, dimulai dari pemberian makan agar tidak kurang gizi, suasana lingkungan agar tidak stres, dan sangkar burung ciblek minimalis yang mampu memenuhi semua kebutuhan peliharaan kita sehari-hari.

Tinggalkan komentar