fbpx

4 Tips Membangun Rumah Hutan Minimalis Bernuansa Alam

Eksplorasi ke hutan belantara memang menjadi salah satu aktivitas terbaik yang mungkin bisa dilakukan oleh sebagian orang. Bahkan beberapa diantaranya rela untuk membangun rumah hutan minimalis agar menyatu dengan alam.

Meskipun ada banyak cara yang bisa kita lakukan seperti halnya rumah-rumah minimalis yang ada di perkotaan besar, akan tetapi membangunnya di hutan bisa membawa kita ke nuansa jauh lebih tinggi lagi.

Untuk melakukannya, terdapat 4 buah cara yang bisa kita lakukan, yang mana sebagian besarnya kita coba sesuaikan diri dengan alam itu sendiri.

Agar kamu dapat mempraktekkannya secara langsung serta mampu membuat rumah hutan minimalis dengan sempurna, maka tips-tips di bawah ini mungkin akan membantu kamu mencapai hal tersebut.

Buat Sebuah Transisi

depan rumah minimalis

Transisi antara ruang luar dan dalam ruangan sangatlah penting agar menciptakan sebuah perpaduan yang harmonis antara rumah dengan alam sekitar kita.

Ada cara termudah untuk dapat membuat transisi tersebut, yaitu dengan memberikan banyak cahaya alami ke dalam ruangan melalui jendela dan pintu.

Kita bisa menggunakan model pintu potongan atas bawah minimalis agar bisa mendapatkan sinar mentari tanpa harus takut binatang aneh dan liar masuk ke dalam rumah.

Pertimbangkan pula garis-garis visual saat kamu mendesain transisi antar ruang interior. Jangan sampai sekat-sekat ruangan menghalangi cahaya sehingga nampak begitu sendu dan kurang menyenangkan saat dipandang.

Buat Halaman Rumah Lebih Nyaman

teras rumah alami

Mungkin istilah yang tepatnya adalah family friendly. Untuk itulah, kita harus membuat halaman rumah kita nampak indah dan rapi sekalipun berada dekat dengan hutan.

BACA JUGA :  Capek Sama Cucian? Desain Jemuran Minimalis Dapat Membuat Kerjaan Semakin Mudah!

Jangan sampai semak belukar merusak keindahan sehingga orang malas untuk bersantai di luar ruangan.

Misalnya, kita bisa menggunakan teras yang terbuat dari kayu, pagar dari bambu minimalis, atau bahkan model pendopo minimalis yang bisa kita tempatkan dekat dengan bangunan rumah utama.

Merancang halaman luar ruangan dan mampu menciptakan kehangatan di dalamnya dapat menjadi salah satu bagian dari rumah hutan minimalis yang banyak dicari orang.

Undang Alam ke Dalam Ruangan

desain pencahayaan rumah minimalis

Tentu saja, prinsip sebaliknya juga berlaku di sini. Selain membawa kehangatan rumah ke halaman rumah di sekitaran hutan, maka kita pun harus mampu membawa nuansa hutan ke dalam rumah.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menanam beberapa tumbuhan dalam rumah hutan minimalis. Akan lebih baik lagi jika tanaman tersebut tidak bisa kita temukan di hutan tempat kita tinggal agar menghasilkan sebuah keunikan tersendiri.

Bayangan, kita bisa mendapatkan cahaya alami yang begitu menyegarkan sekaligus melihat berbagai macam tanaman yang tumbuh di dalamnya, maka akan serasa seperti menjalani forest bath sepanjang waktu.

Forest Bath sendiri merupakan sebuah terapi alam yang dapat menurunkan stres dengan cara jalan-jalan di area yang dipenuhi dengan pepohonan dan area hijau.

Gunakan Bahan Alami

rumah kayu minimalis

Memang banyak rumah minimalis yang dibuat dari beton dan berdiri di lingkungan hutan. Akan tetapi masih sangat disarankan untuk menggunakan bahan alami seperti kayu jati agar menyatu dengan alam secara sempurna.

Penggunaan bahan ini juga dapat membantu kita mencapai transisi seperti yang sudah disebutkan di tips nomor 1 di atas.

Lantai kayu yang hangat juga dapat membantu kita mencapai keindahan rumah hutan minimalis tanpa harus susah-susah mendesainnya secara berlebihan.

BACA JUGA :  Desain Warung Lesehan Minimalis Bikin Masakan Lezatnya Mirip Buatan Ibu Mertua

Bahkan jika kamu menggunakan dinding dari beton, maka lantai kayu masih menjadi elemen wajib yang mesti kamu sertakan di sana.

Tinggalkan komentar