fbpx

Ruang Mushola Minimalis Membantu Meningkatkan Syukur Kita

Pria diutamakan untuk sholat di mesjid, sementara wanita disunahkan untuk sholat di rumah. Untuk memfasilitasi hal tersebut, maka ruang mushola minimalis dalam rumah bisa kita sematkan di sana.

Terkadang pria pun bisa melakukan ibadahnya di rumah sendiri, terutama saat sholat sunnah dan malam.

Dengan adanya ruang mushola yang nampak indah saat dipandang, maka dapat meningkatkan kekhusyuan kita saat beribadah.

Bahkan Allah SWT menyukai hal-hal yang indah. Dengan begitu sudah semestinya kita membuat ruang mushola minimalis yang nampak artistik dan tak dibangun secara ngasal atau seala kadarnya.

Dikarenakan area ini bisa menjadi tempat komunikasi kita dengan Sang Pencipta, mungkin beberapa gambar di bawah ini dapat menginspirasi kamu untuk membangun tempat ibadah yang mempesona.

Ruang Mushola Bernuansa Kayu

ruang mushola rumah minimalis

Tak hanya lantainya saja, juga arah kiblat yang memiliki warna alami kayu lengkap dengan lafadz Allah sebagai kaligrafi di depannya.

Bagian pinggiran berupa rak buku dan Alquran juga dibuat dengan bahan dasar yang sama, sehingga memberikan transisi alami tanpa harus berlebih-lebihan.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa nuansa alam seperti kayu akan membantu menghidupkan kecerdasan alam bawah sadar kita, yang berkaitan erat dengan kefokusan dan kekhusyuan yang didapatkan.

Biarkan sisi terdalam kita menyentuh sanubari untuk dapat terus berhubungan dengan Tuhan Semesta Alam melalui sholat yang didukung oleh lingkungan yang indah.

Ruang Mushola Nuansa Luar

desain ruang mushola minimalis

Punya bagian rumah yang tersorot cahaya luar secara langsung lengkap dengan bagiannya yang terbuka? Maka bisa kamu jadikan juga sebagai ruang mushola minimalis.

BACA JUGA :  ✔ 40+ Desain Cafe Minimalis Bikin Pelanggan Betah dan Jadi Langganan

Masih bernuansa alam, kita bisa menempatkan berbagai macam elemen pendukung lainnya seperti pot tanaman atau tempat bunga dari kayu minimalis agar lebih berwarna.

Seperti yang kita tahu bahwa tanaman dibuat oleh Sang Pencipta agar kita mensyukurinya. Dengan meletakkan elemen-elemen tersebut, maka akan membantu kita meningkatkan rasa syukur di tengah-tengah sholat atau saat berdoa setelahnya.

Menariknya, kita bisa menempatkan tempat wudhu minimalis tak jauh dari lokasi mushola tersebut, yang juga masih bertema alam karena terletak di luar ruangan.

Ruang Mushola Bawah Tangga

model ruang mushola minimalis

Rumah kecil tak jadi soal, dan tak pula dijadikan alasan untuk tidak sholat karena kita dapat menempatkan ruang mushola minimalis di sana.

Misalnya, kita bisa membuatnya di bawah tangga agar lebih menghemat ruangan. Selain itu, area tersebut kan jarang dilewati oleh penghuni rumah kita yang lainnya, sehingga menjadi tempat pas saat berkomunikasi dengan Allah SWT.

Tapi bukan berarti kita harus membuatnya secara asal! Pastikan bawah tangganya sendiri menghadap arah Barat agar sesuai dengan kiblat.

Untuk menambah suasana minimalis, gunakan semburat putih pada warna cat railing tangga minimalis agar lebih mudah disandingkan dengan warna dasar mushola yang elegan.

Ruang Mushola Bernuansa Putih

ruangan mushola rumah minimalis

Ruang mushola minimalis memang selalu erat kaitannya dengan semburat warna terang atau netral.

Dengan menempatkan warna putih di titik utama seperti tempat imam dan dinding, maka akan memberikan kita nuansa polos dan murni saat “melapor” urusan duniawi dan akhirat kita kepada Sang Maha Kaya.

Perpaduan dinding antara warna putih dan krem juga nampak begitu asri, serta dipadukan dengan lampu gantung berwarna sama.

Dilengkapi dengan motif relief minimalis berwarna emas mengisyaratkan bahwa Pangeran yang tengah kita sembah memiliki langit dan bumi beserta isinya, termasuk diri kita sendiri.

BACA JUGA :  Selain Indah, Motif Lis Gypsum Minimalis Memberikan Manfaat Super

Menyadari akan hal-hal kecil tersebut dapat menambahkan iman dan rasa syukur kita kepada Sang Penguasa Alam secara lebih jauh lagi.

Tinggalkan komentar