fbpx

Manfaat Ranjang Besi Hollow Minimalis dan Jenisnya untuk Dipilih

Hollow berasal dari bahasa Inggris yang berarti berongga. Jadi jika kita memutuskan untuk menggunakan ranjang besi hollow minimalis, maka frame-nya memiliki lubang atau berongga di dalamnya.

Ini ditujukan agar ranjang tersebut ringan saat diangkut karena mengurangi beban yang diberikan.

Meskipun begitu, besi hollow masih sangat kuat dan tahan terhadap tekanan dan bobot berat. Jadi tak ada ruginya jika para produsen ranjang mengurangi volume besi dan menggantinya dengan sosok rongga.

Berkat sistem rongga ini jugalah, ranjang besi hollow minimalis menjadi jauh lebih murah namun memiliki kekuatan yang sama seperti halnya besi padat.

Jika tak percaya, berikut adalah keutamaan menggunakan besi hollow pada furnitur kita, lengkap bersama contoh gambar ranjang tersebut.

Manfaat Ranjang Besi Hollow Minimalis

Selama era ratu Victoria di Inggris sana, tempat tidur besi yang ditempa dan berbentuk hollow sudah sangat populer, sebelum akhirnya sampai ke Indonesia beberapa tahun kemudian.

Indonesia sendiri kala itu masih menggunakan ranjang yang terbuat dari kayu jati khusus bagi para bangsawan.

Namun pergeseran zaman sudah mampu membuat siapa saja untuk menggunakan ranjang besi tersebut berkat manfaat yang dibawanya, yakni sebagai berikut:

Memancarkan Keanggunan dan Keindahan

tempat tidur besi hollow

Apapun bentuk rumah kamu saat ini, ranjang besi hollow minimalis dapat menyatu dengan ruangan tradisional, kontemporer, maupun minimalis.

Dimulai dari desain kontemporer yang berani hingga gaya klasik yang elegan, semuanya hadir untuk memenuhi kebutuhan dan selera kita terhadap tempat tidur.

Rangka tempat tidur logam serbaguna juga tersedia dalam berbagai macam warna dan sentuhan akhir yang sesuai dengan dekorasi kamar tidur kita.

Bisa dibilang ranjang ini menjadi pilihan terbaik bagi ruangan minimalis kita sebagai daya pikat dan titik fokus utama.

BACA JUGA :  Inilah Alasan Kenapa Meja Palet Minimalis Banyak Digunakan Orang

Tahan Lama

ranjang tingkat dari besi hollow

Selain kualitas estetika yang indah, ranjang besi hollow minimalis juga memiliki keunggulan dalam hal kepraktisan. Intinya, jika kamu ingin mendapatkan furnitur yang awet, maka bahan metal adalah jawabanya.

Ini karena dalam hal umur panjang, tempat tidur yang terbuat dari besi mampu melampaui semua bahan dan desain terkuat dibandingkan dengan kayu biasa.

Berkat ketangguhannya tersebutlah, rangka besi hollow ini dapat menahan beban tanpa mengalami kerusakan struktural secara nyata.

Furnitur yang kuat dan tahan lama ini akan melayani kita dengan baik selama bertahun-tahun, dan bahkan bisa menjadi pusaka keluarga untuk diwariskan secara turun-temurun.

Aman Terkendali

ranjang tingkat besi hollow

Mungkin dari kamu berpikir bahwa besi itu tajam dan mudah karatan. Namun sebenarnya, tersedia ranjang besi hollow minimalis yang telah dilapisi oleh bahan metal lainnya (seperti aluminium dan galvalum) agar lebih awet dan tahan terhadap korosi.

Akan tetapi penempatannya yang terletak di dalam ruangan sebenarnya cenderung sangat aman, sehingga besi hollow tanpa campuran pengaman pun masih sangat awet selama bertahun-tahun.

Selanjutnya besi hollow termasuk ke dalam bahan dasar yang bersih secara ekologis. Itu berarti, ranjang ini bisa kita gunakan oleh anak-anak dan penderita alergi tanpa resiko apapun.

Tak heran jika ada bayak sekali ranjang bayi besi minimalis di luaran sana, karena tidak akan membawa resiko bagi si kecil.

Hanya saja perlu berhati-hati terhadap cat atau pewarna lain yang digunakan.

Lebih Ringan Dari yang Kita Pikirkan

ranjang dari besi hollow

Kebanyakan orang pastinya berpikir bahwa besi itu berat. Segenggam saja bisa memiliki bobot hingga berkilo-kilo.

Maka dari itulah, para produsen mengakalinya dengan membuat ranjang besi hollow minimalis dengan desain berongga atau bolong di tengahnya.

Tanpa menghilangkan sisi kekuatannya, besi hollow cenderung lebih ringan dan mampu menghilangkan berkilo-kilo bobot dibandingkan dengan besi padat.

Bahkan besi padat sebenarnya cenderung berlebihan untuk kita tempatkan pada furnitur, sehingga jatuhnya menjadi mubazir.

BACA JUGA :  Ide Desain Tempat Jualan Minimalis, Khusus Bagi Pedagang dan Wirausahawan Pintar

Besi hollow pada ranjang jauh lebih mudah untuk dibawa atau dipindahkan. Proses pengangkutan atau pengiriman pun akan jauh lebih murah karena sejatinya jasa kirim barang selalu menghitung tarif dari berat sebuah produk.

Biaya Perawatan Rendah

ranjang besi hollow

Tidak seperti kayu, logam seperti ranjang besi hollow minimalis tak akan melengkung atau memudar seiring dengan berjalannya waktu.

Oleh karena itulah, tempat tidur ini sulit dipatahkan dan tidak memerlukan jumlah pembersihan atau perawatan sebanyak ranjang yang terbuat dari bahan dasar kayu dan berlapis kain.

Untuk mencegah korosi, kita tinggal menerapkan lapisan anti karat pada logam tersebut maka masalah langsung terselesaikan.

Ukuran yang Disarankan

model ranjang dari besi hollow

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa ranjang besi hollow minimalis hadir dalam berbagai macam ukuran.

Tentu saja, ukuran ini bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kebutuhan. Adapun ukuran pastinya adalah sebagai berikut:

  • King: 183×203 cm
  • Queen: 153×203 cm
  • Double: 138×188 cm
  • King Single: 107×203 cm
  • Single Panjang: 92×203 cm
  • Single Standar (twin): 92×188 cm

Jika kita memiliki ruang terbatas di kamar tidur, maka twin atau single tentunya menjadi pilihan terbaik.

Jika kamar tidur di atas 2×2 meter, maka bisa kita tingkatkan sedikit ukurannya demi menyesuaikan dirinya pada luas ruangan yang ada.

Menempatkan ranjang kecil pada ruangan besar akan membuat interior kita nampak kesepian dan muram.

2 Jenis Ranjang Hollow Minimalis Pilihan

membuat ranjang dari besi hollow

Sekalipun masih membawa unsur minimalisme, namun ranjang besi hollow minimalis bisa kita bedakan lagi ke dalam 2 jenis berbeda.

Silahkan sesuaikan sendiri dengan selera masing-masing ya!

  • Minimalis Klasik. Biasanya dilengkapi dengan headboard bed dan beberapa hiasan bernuansa artistik.
  • Minimalis Kontemporer. Tempat tidur ini khusus buat kamu yang ingin menciptakan estetika yang lebih modern. Biasanya desain dan tampilannya polos.

Namun apapun pilihan kita, ranjang besi memang masih menempati urutan pertama sebagai tempat tidur ideal yang elegan, tahan lama, dan mudah dirawat.

Tinggalkan komentar