fbpx

5 Macam Rak Triplek Minimalis Super Awet dan Gampang Dibikin

Sebagai salah satu bahan bangunan dan konstruksi, triplek menjadi favorit banyak orang. Selain dapat digunakan sebagai pelapis, juga mampu berdiri sendiri! Sebut saja rak triplek minimalis yang hanya mengharuskan kita mengeluarkan budget mini!

Triplek ini sebenarnya adalah sekumpulan kayu yang diikat menjadi satu untuk menghasilkan lembaran datar.

Meskipun dapat disesuaikan dengan rentang aplikasi yang jauh lebih luas, akan tetapi produk normalnya sendiri sebenarnya terdiri dari 3 lapisan lengkap dengan butiran-butiran halus di dalamnya, sehingga menghasilkan struktur permukaan yang halus.

Secara penggunaannya, bahan ini seringkali digunakan untuk struktural, eksterior, interior, bahan pembuatan kapal, hingga dijadikan rak dan lemari.

Jika kamu memang tertarik untuk membuatnya menjadi sebuah rak triplek minimalis, mungkin beberapa tips dan desain di bawah ini dapat membantu.

Rak Triplek Dinding

Rak Triplek Dinding

Seringkali kita membayangkan bahwa triplek itu dibuat lemari super besar dengan isian berupa barang-barang yang beragam.

Akan tetapi siapa sangka ternyata kita pun dapat membuatnya menjadi sebuah rak minimalis portable yang dapat dengan mudah dibongkar pasang.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa kita tak bisa menggunakan 100% triplek, melainkan harus digabung dengan bahan lainnya agar tidak merusak dinding.

Beberapa orang yang main kasar mungkin akan membuat sebuah tiangnya terlebih dahulu menggunakan bahan yang sama, kemudian memakunya di dinding.

rak dinding dari triplek

Cara tersebut tentunya sangat disayangkan karena setelah rak tersebut tak digunakan dan ingin dilepas, maka akan menyisakan sebuah lubang bekas paku di sana. Lebih parahnya lagi jika muncul keretakan dan menyebar hingga ke berbagai macam sudut.

Jadi alangkah baiknya kita membuat tiang dari besi atau hanger agar pondasinya cukup kuat untuk dipasangkan di dinding sekalipun diduduki oleh barang yang lumayan agak berat (maksimal 5 kg).

Jika memaksa ingin menggunakan 100% berbahan triple, kamu boleh menempelkannya dengan menggunakan magic hook, yaitu sebuah alat yang dapat menempelkan objek tanpa harus menggunakan paku atau lem.

Rak Triplek Toko Sembako

Rak Triplek Toko Sembako

Toko sembako normalnya memang memiliki banyak sekali produk, dan kebanyakan diantaranya berupa snack dengan bobot ringan.

BACA JUGA :  Rak Tas Minimalis Dari Kayu, Indah Saat disimpan, Cantik Saat Dijinjing!

Nah, daripada susah-susah mencari lemari yang mahal dan nampak berlebihan, kita bisa gunakan rak triplek minimalis agar lebih pas dengan berat dari barang-barang itu sendiri.

Berkat harganya yang terjangkau, kita pun bisa membuatnya lebih besar sebagai ruang penyimpanan yang mumpuni.

Asyiknya lagi, lemari dan rak yang terbuat dari triplek cederung tidak sulit atau berat saat ingin dipindahkan. Jika terkena goncangan gempa bumi, maka jatuhnya pun tak akan meninggalkan bahaya besar layaknya lemari berat dari kayu jati, kaca, atau bahkan besi.

Pada dasarnya, triplek ini memang sudah digunakan sebagai peningkat dari stabilitas sebuah furnitur, lantai, loteng minimalis dari triplek, atau bahkan atap.

rak toko sembako dari triplek

Dengan begitu sebuah rak triplek minimalis akan mampu bertahan dari goncangan dan kembali pada posisinya jika digabungkan dengan bahan lain.

Tak hanya itu saja, kayu lapis juga menawarkan keunggulan berupa perekat pada kayu induk jika misalnya rak tersebut menggunakan bahan jati atau cedar.

Sebagai pelapis luar yang mumpuni, sudah dipastikan bahwa triplek akan membantu lapisan dalam tetap awet selama yang ia bisa.

Alhasil, kita pun akan jauh lebih bisa menghemat pengeluaran dan jatuhnya lemari warung pun akan terasa murah meriah!

Rak Sepatu Triplek

Rak Sepatu Triplek

Sepatu juga masih memiliki bobot yang tak terlalu berat, sehingga bisa kita sematkan pada rak triplek minimalis.

Bahkan ada banyak sekali pilihan saat kita gunakan sebagai tempat sepatu, misalnya di depan pintu masuk agar tak acak-acakan hingga di dipajang sebuah toko, asalkan desain dan warnanya nampak begitu menawan dan menarik hati agar konversinya tinggi.

Resistensinya lumayan cukup tinggi, dan bisa kita gunakan sebagai rak jangka pendek ataupun jangka panjang.

Khusus untuk jangka panjang, maka kita harus menggabungkannya dengan bahan dasar lain agar kekuatannya mumpuni.

Dengan rasio kekutannya tersebut dan kekakuannya yang super tinggi terhadap berat, triplek bisa kita jadikan sebagai alternatif hemat biaya untuk menahan koleksi sepatu pribadi kita.

BACA JUGA :  Cara Gerobak Es Minimalis Digandrungi Konsumen Di Tengah Terik Matahari

rak sepatu dari triplek

Sifatnya yang tahan terhadap kelembapan menjadi bagian yang tak boleh terpisahkan dengan sepatu. Seperti yang kita tahu jika sepatu yang lembab dan basah akan membuat bakteri berkembang biak secara cepat, alhasil aroma kurang mengenakkan pun akan kamu temui.

Intinya dari lantai hingga lemari, triplek memiliki ketahanan yang begitu mumpuni terhadap berbagai macam cuaca dan suhu ruangan, sehingga menjadikannya salah satu bahan favorit di daerah tropis, termasuk di Indonesia.

Jadi jika kamu memiliki toko sepatu dan menggunakan rak yang terbuat dari triplek, maka akan membantunya tetap segar dan kering sepanjang hari, bagaimanapun kondisi cuaca di luar sana.

Rak Buku Triplek

rak buku triplek

Rak triplek minimalis untuk penyimpanan buku mungkin pilihan yang paling banyak digunakan oleh kaum muda.

Selain mampu menampung buku dengan sempurna dan murah, juga dapat dikreasikan dan didesain dengan begitu mudah.

Buku adalah salah satu gerbang dunia, jadi harus nampak menarik saat disusun dan dilihat dari kejauhan.

Apalagi Indonesia kritis rajin membaca, jadi kita harus membuatnya nampak asyik untuk didekati.

Diantara jenis kayu lapis, triplek sudah menjadi elemen murah sejuta umat dan cocok digunakan di hampir semua area hunian.

Bahkan sekalipun rak buku tersebut kamu tempatkan di dekat kamar mandi atau dapur yang memiliki paparan air tinggi, masih siap menjaga agar koleksi kamu tetap aman dan tak terpengaruh dengan kelembapan yang ada di sana.

Rak TV Triplek

Rak TV Triplek

Ada sedikit tekhnik agar rak triplek minimalis untuk TV tetap aman. Misalnya, kita bisa menggabungkannya dengan bahan lain seperti besi dan kayu jati.

Menggunakan satu buah bahan kurang begitu disarankan karena sifatnya yang fleksibel sehingga bisa membuat TV kamu yang berat dapat terjatuh.

Sebaliknya, jika kita gunakan sebagai lapisan maka akan menambah stabilitas dan kekuatan dari rak itu sendiri.

Jika ingin mencoba menggunakan satu bahan saja, maka pastikan kamu memilih ketebalan yang maksimal. Triplek sendiri datang dalam berbagai macam ukuran, jadi bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kebutuhan ya!

Tinggalkan komentar