fbpx

Jenis dan Desain Partisi Outdoor Minimalis Menyemarakan Halaman

Emang luar ruangan butuh sekat ya? Tentu saja! ada beberapa area dan situasi tertentu yang mengharuskan kita menyematkan partisi outdoor minimalis di sana.

Misalnya, di atas dinding teras luar ruangan, pada dek rumah, hingga kebun agar nampak rapi dan terorganisir.

Akan tetapi berbeda dengan partisi dalam ruangan, jenis outdoor haruslah lebih kuat dan tahan cuaca.

Alhasil beberapa bahan dasar yang biasa tersemat di dalam ruangan cenderung tak bisa digunakan di luar ruangan.

Sebut saja kaca yang rentan pecah atau besi yang rentan terkena korosi. Sebaliknya, besi harus kita tambahkan pelapis dan kayu harus menggunakan bahan dasar jati.

Sementara untuk tampilannya sendiri, mungkin gambar dari partisi outdoor minimalis di bawah ini dapat menjadi inspirasi buat kamu.

Dinding Partisi Outdoor

Pertama-tama, kita lihat dulu dinding partisi outdoor berdasarkan jenisnya. Melalui penanaman yang tepat, maka akan menambah daya tarik estetika pada halaman rumah, teras, ataupun kebun kita.

Beberapa bahan yang disarankan adalah sebagai berikut

Metal

partisi besi

Perlu diingat bahwa kita harus menghindari penggunaan bahan metal yang terbuat dari 100% besi, karena akan mudah karatan dan sulit untuk dirawat.

Sebaliknya, carilah bahan yang jauh lebih mampu menghindari kondisi tersebut. Ada beberapa jenis besi dan baja yang telah dicampur atau dicelup dengan metal antikarat lainnya seperti aluminium, seng, galvalum, dan lain sebagainya.

Intinya, hindari penggunakan partisi tembok minimalis dalam ruangan untuk luar ruangan.

Paralon

partisi dari paralon

Atau ingin yang lebih murah? Maka partisi outdoor minimalis yang terbuat dari potongan paralon pun bisa kamu jadikan pilihan selanjutnya.

Paralon terbuat dari plastik PVC yang tahan terhadap cuaca terik matahari dan air hujan, sehingga pas dijadikan sebagai furnitur luar ruangan.

Jika disusun dengan tepat, maka akan memberikan daya tarik tersendiri bagi halaman kita. Potong agak tipis kemudian campurkan berbagai macam ukuran pada partisi tersebut untuk menampilkan seni indah.

BACA JUGA :  Model Gerbang Minimalis Terbaru yang Cocok Dengan Kepribadianmu

Asyiknya lagi, paralon merupakan bahan baku termurah diantara daftar partisi yang ada di artikel ini.

Kayu Jati

partisi kayu outdoor

Sama halnya seperti besi, partisi outdoor minimalis yang terbuat dari kayu pun tak boleh sembarangan.

Kayu sejatinya mudah lapuk akibat siraman air hujan. Belum lagi jika ada serangan dari para rayap nakal yang bisa merusak tampilan, keindahan, dan kekuatannya.

Beda lagi jika dibuat dari kayu jati yang mampu membuatnya tetap kuat sepanjang hari. Perawatannya pun tak sesulit yang dibayangkan.

Kayu jati pada partisi tidak akan memuai atau melengkung saat terjadi perubahan suhu dari siang ke malam, atau sebaliknya.

Minyak alami yang mereka keluarkan menjadi tameng buat para serangga pemakan kayu. Inilah satu dari sekian banyaknya alasan kenapa kayu jati menjadi bagian konstruksi terbaik sampai hari ini.

Bambu

partisi bambu outdoor

Sejumlah bambu bisa kita susun untuk menciptakan sejenis pagar. Akan tetapi berbeda dengan pagar biasa, sekat ini lebih bisa kita sebut sebagai partisi outdoor minimalis.

Bambu sendiri sebenarnya sudah dapat dimanfaatkan untuk konstruksi permanen maupun sementara.

Khusus untuk partisi, bisa berfungsi sebagai keduanya. Kita bisa menempatkannya selama mungkin yang kita mau, dan melepasnya dengan begitu mudah saat ingin diganti atau dipindahkan.

Pada setiap ruasnya, bambu memiliki dinding pemisah atau melintang yang mempertahankan kekuatan dan mencegah terjadinya pembengkokan. Alasan inilah yang mencegahnya pecah saat ditekuk.

Jadi tak hanya kuat terhadap cuaca luar, juga menawarkan ketahanan gempa yang benar-benar unggul.

Desain Partisi Outdoor

Partisi tidak hanya hadir untuk memenuhi fungsinya sebagai pemisah saja, melainkan juga membawa kesan artistik dengan selera masing-masing penggunanya.

Beberapa diantaranya bahkan memiliki ukiran indah dan senada dengan hunian minimalis kita. Ada 3 desain yang disarankan untuk kamu coba dan pakai, diantaranya:

BACA JUGA :  Motif Keramik Tiang Teras Rumah Minimalis Terbaik untuk Dipilih

Polos

partisi polos

Gaya polos bisa datang dari berbagai macam bahan dasar seperti yang sudah disebutkan di atas.

Polos sendiri bisa kita artikan sebagai kotak-kotak, berlubang, atau hanya menampilkan dari partisi outdoor minimalis saja.

Tidak ada yang salah jika kamu menyukai polosan. Bahkan gaya sederhana ini seringkali sangat cocok dijadikan sebagai pemercantik rumah minimalis, sembari tak ingin membuatnya menjadi titik fokus utama.

Gaya Loster

partisi dengan roster

Lain lagi dengan gaya loster yang biasanya memiliki lubang dengan ukiran indah. Loster ini dijual dengan potongan-potongan kecil untuk kemudian kita susun sedemikian rupa.

Partisi outdoor minimalis ini kebanyakan terbuat dari kayu. Namun ada pula yang dibuat menggunakan beton, tanah liat, hingga gypsum.

Lebih disarankan untuk menggunakan bahan dasar kayu jati. Alasannya sudah disebutkan panjang lebar di atas ya!

Penggunaan loster juga sangatlah cocok dijadikan dinding rumah atau pemisah antara luar ruangan dengan teras tanpa membuatnya terasa pengap.

Orang mungkin lebih senang menyebutnya sebagai ventilasi. Tapi apapun sebutannya, gaya dan ukirannya yang artistik bisa menambah nilai jual pada hunian kita.

Tanaman Alam

partisi tanaman hidup

Kita pun dapat menyatukannya dengan alam sekitar, terutama tanaman merambat untuk menghadirkan suasana kontemporer yang harmonis.

Namun ada syaratnya, yaitu partisi outdoor minimalis haruslah memiliki desain shoji, atau kotak-kotak berlubang dan disediakan frame untuk jalur tanaman tersebut.

Frame pun bisa kita buat dengan berbagai macam bahan dasar, entah itu besi, kayu, hingga bambu.

Ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya nampak indah. Pertama, menempatkan pot tanaman merambat di atas partisi agar daun jatuh dan menjuntai ke bawah.

Atau kedua, menanam tanaman merambat di bawah pagar partisi agar tanaman naik dan melilit partisi kita tersebut. Kelemahannya tentu terletak pada partisi pagar yang harus dijadikan permanen. Jika dipindahkan, maka kita harus kehilangan tanaman kesayangan kita.

Tinggalkan komentar