fbpx

8 Motif Jerjak Minimalis Super Keren dan Anti Maling

Minimalisme haruslah membawa suatu elemen yang multifungsi ke dalam hunian kita. Sementara itu, ada sebuah ornamen yang memainkan peran penting terhadap keselamatan penghuni rumah, sebut saja teralis dengan motif jerjak minimalis yang dimilikinya.

Sejauh ini, hanya beberapa orang saja yang baru menggunakan elemen tersebut dan terpatri di rumahnya. Padahal dari sisi sekuriti, jerjak sangatlah mumpuni dalam mencegah orang asing menyelinap ke dalam hunian kita.

Lantas, bagaimana cara kita menggunakan ornamen tersebut? Apakah tak akan mengganggu pemandangan dari luar ke dalam – atau sebaliknya?

Tentu saja tidak, karena motif jerjak minimalis sendiri dibuat dengan sedemikian rupa agar menyatu dengan keindahan suatu hunian itu sendiri. Beberapa contohya bisa kamu lihat di bawah ini.

Motif Jerjak Jendela

Motif Jerjak Jendela

Pertama dan yang paling umum adalah ketika jerjak tersebut disematkan pada sebuah elemen ventilasi dan pencahayaan di rumah kita, yakni jendela.

Ada banyak motif dan desain yang tengah menanti kita untuk dipilih loh, tergantung dari masing-masing selera atau bahkan budget yang kita miliki.

Soalnya, semakin rumit motifnya, maka harganya pun dapat meningkat berkali-kali lipat. Berikut adalah gambar jerjak minimalis berdasarkan jenisnya.

jerjak jendela dari kayu

jerjak jendela dari kayu

Bahan pertama adalah motif jerjak minimalis yang terbuat dari kayu. Kelebihan dari tralis ini adalah kemampuannya dalam menyatu dengan rumah jenis apapun.

Dimulai dari klasik, kontemporer, hingga modern bernuansa minimalis, semuanya dapat dipadu-padankan dengan begitu mudah.

Para pengrajin kayu seperti dari Jepara jagonya dalam membuat sebuah ukiran indah. Faktanya, tak semua kayu dapat dengan mudah saat diukir dan dibentuk.

Beberapa diantaranya dapat pecah atau patah bahkan sebelum pembentukan selesai dilakukan. Oleh karena itulah, kebanyakan para seniman menggunakan kayu jati yang keras namun tak mudah patah sekalipun terus-menerus dipukul oleh alat seperti pahat dan palu.

Kelebihannya pada tralis dan keamanan adalah dari sisi kekuatannya yang mumpuni. Kayu jati sangatlah keras dan membutuhkan cukup waktu lama untuk bisa dipotong dengan gergaji dari luar.

BACA JUGA :  ✔ 36+ Desain Toko Minimalis Memaksimalkan Penjualan dan Kerapihan

jerjak jendela besi

jerjak jendela besi

Jika ingin lebih murah, maka bisa menggunakan motif jerjak minimalis yang terbuat dari besi. Dikarenakan proses pembuatannya dilakukan dengan cara dicetak, maka harganya tak semahal kayu di atas.

Adapun sisi mahalnya terletak pada bahan metal itu sendiri. Besi selalu dijual dengan cara kiloan, sementara fluktuatismenya mengikuti harga dollar, sehingga seringkali melambung tinggi saat rupiah tengah melemah.

Jadi sulit untuk menentukan apakah jerjak dari besi cenderung hemat budget atau tidak, karena memang mengikuti dari harga pasar pada saat itu.

jerjak jendela besi ulir

jerjak jendela besi ulir

pernah mendengar besi ulir? Material ini sudah menjadi jagoannya dalam dunia konstruksi, karena seringkali dijadikan sebagai ceker ayam dan tulangan dari beton agar tetap kuat.

pada gedung-gedung tinggi saja besi ulir masih digunakan sebagai bantalan atau pondasi. Nah, bagaimana jika jenis besi super tersebut malah tersemat di jendela kita sebagai bagian dari ornamen dengan motif jerjak minimalis yang keren?

Sudah pasti mendatangkan banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal kekuatan dan keindahannya.

Besi ulir membutuhkan beberapa waktu untuk bisa dipotong dan tak mudah dipatahkan dengan benda tumpul. Dengan begitu, jikalau atau perampok yang ingin menyerang rumah kita, maka akan ketahuan lebih dulu sebelum bisa masuk ke dalamnya.

Motif Jerjak Pintu Minimalis

Motif Jerjak Pintu Minimalis

Pintu yang sejatinya terbuat dari kayu juga cenderung mudah dibobol dan dirusakkan dengan benda tumpul seperti palu dan linggis.

Dengan begitu wajib kita sematkan sebuah teralis dengan motif jerjak minimalis agar memberikan keamanan ganda.

Terutama jika kamu tinggal di tempat-tempat dengan tingkat kriminalitasnya sangat tinggi, maka tak ada cara yang lebih baik selain menggunakan teralis yang mampu menahan serangan orang luar.

Faktanya, dibandingkan dengan CCTV, jerjak jauh lebih mampu menahan para pelaku kriminal. Namun akan lebih baik jika kamu sematkan keduanya di saat yang bersamaan.

Dengan begitu, kita akan mampu mencegah perampokan sekaligus tahu kronologi atau bahkan wajah dari sang pelaku untuk dilaporkan kepada pihak berwajib.

jerjak pintu rumah

jerjak pintu rumah

Tak berlebihan jika kita memasangkan sebuah motif jerjak minimalis yang indah pada pintu rumah kita.

BACA JUGA :  7 Tips Super Membentuk Konsep Barbershop Minimalis Penarik Pelanggan

Ini karena menurut survey, kejadian pencurian lebih banyak terjadi pada rumah warga dibandingkan pada perkantoran seperti ruko.

Apalagi rumah kita yang tak memiliki pos satpam, maka gerbang depan bisa menjadi pertahanan pertama sementara tralis pintu akan menjadi pertahanan utama paling kokoh.

Kita bisa menyematkan jerjak ini di bagian luar sebagai pelapis atau pun di dalam. Akan tetapi orang lebih senang menyematkannya di bagian luar karena lebih mampu memperlihatkan motif yang indah sekaligus menjadi ciri bahwa rumah tersebut tak mudah dibobol.

jerjak pintu 2 minimalis

jerjak pintu 2 minimalis

Tak perlu pusing jika misalnya rumah kamu didesain dengan menggunakan 2 pintu, karena motif jerjak minimalis pun mampu menyesuaikan setiap permintaan yang ada.

Terdapat sebuah tralis yang menggunakan dua pintu dan bahkan bisa dipesan mengikuti gaya hunian kamu saat ini.

Maklum, terkadang ada hunian yang memiliki gaya atau model pintu unik yang tersemat di sana.

Terkadang ada pula orang yang menjual satu paket antara pintu dengan jerjaknya. Ini semata-mata untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan para konsumen, sekaligus menyediakan nuansa yang jauh lebih hemat di kantong dan tak ribet.

Silahkan sesuaikan saja dengan selera masing-masing. Tapi lebih disarankan untuk membelinya secara sepaket agar tampilan tidak saling bertabrakan saat dipandang dari luar.

jerjak pintu dan jendela minimalis

jerjak pintu dan jendela minimalis

ada pula sebuah desain yang menyatukan dua jendela dengan satu pintu di tengahnya. Untuk desain seperti ini, maka kamu harus memilih motif jerjak minimalis yang menyatukan ketiganya.

Jika sulit menemukan yang satu paket, maka bisa memesan secara terpisah antara satu sama lain.

Yang terpenting adalah motif dan polanya tetap sama, serta warnanya yang seragam. Jika tidak, maka akan mempengaruhi tampilan depan rumah kamu secara nyata.

Jika bisa, buat seolah jerjak pintu dan jendela saling menyatu satu sama lain demi menciptakan ilusi dan seni berkualitas tinggi.

Tampilan depan rumah kan memang menjadi area pertama yang seringkali dijadikan highlight oleh orang-orang, jadi wajib kamu pikirkan tampilannya dengan matang-matang.

Tinggalkan komentar