fbpx

Model WC Jongkok Minimalis VS Toilet Duduk! Sehatan Mana?

Mereka yang sudah terbiasa berjongkok saat BAB maka akan kesulitan untuk membiasakan diri menggunakan toilet duduk. Sebaliknya, sekeren apapun model WC jongkok minimalis yang disediakan, maka akan nampak kurang nyaman dipakai oleh mereka yang menggunakan kloset duduk.

Akan tetapi dari sisi kehebatan dan kelebihannya, WC jongkok ternyata lebih unggul dari sisi kesehatan.

Untungnya, orang Indonesia masih doyan menggunakan model toilet tersebut sehingga menjadi salah satu dukungan dalam menjalani gaya hidup sehat.

Sambil kita tengok apa saja kelebihannya, perhatikan juga beberapa jenis model WC jongkok minimalis berikut yang akan membuat kamar mandi kamu semakin canggih dan elegan.

WC Jongkok Modern

WC Jongkok Modern

Modernisasi bisa datang dalam bentuk apa saja. Tergantung dari kebutuhan kamu saat ini, apakah ingin menonjolkan sisi fungsionalitasnya atau desainnya.

Dari sisi fungsionalitas, ada desain toilet jongkok dengan gaya mutlfungsi, yakni dapat dijadikan kloset duduk atau jongkok sesuai kebutuhan dan kebiasan pribadi.

Ada pula wc jongkok yang memiliki penutup layaknya kloset duduk pada umumnya. Ini ditujukan agar mengurangi kesan bau dan rapi.

Sementara dari sisi desainnya, beberapa produsen mencoba mendandaninya dengan batu taman putih sebagai bagian dari terapi telapak kaki.

Silahkan pilih modernisasi sesuai keinginan kamu ya!

WC Jongkok Otomatis

WC Jongkok Otomatis

Selain dari ketiga contoh di atas, ada pula model WC jongkok minimalis yang memiliki sensor, sehingga dapat secara otomatis membuang kotoran sesaat setelah kamu beranjak pergi.

Ibaratnya kamar mandi minimalis kloset duduk yang ada di Jepang sana, kini kita pun dapat memiliki jenis furnitur canggih yang satu ini.

BACA JUGA :  Cara Berjualan Dengan Rombong Pentol Minimalis Untuk Menarik Langganan

Ini ditujukan buat mereka yang tak ingin repot dalam membersihkan bekas defakasi yang seringkali membuat kita jijik saat melihatnya, tanpa harus beralih dari kloset jongkok ke kloset duduk.

Karena pada dasarnya, berjongkok di toilet sebenarnya akan membuat kita berolahraga setiap hari dan sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dikatakan pula bahwa berjongkok saat BAB mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga bisa kita masukan ke dalam sesi latihan yang bagus bagi tangan dan kaki kita setiap harinya.

WC Jongkok Flush

WC Jongkok Flush

Salah satu kelemahan dari WC jongkok otomatis di atas adalah membutuhkan daya listrik. Dengan begitu bisa kamu akali dengan memilih model WC jongkok minimalis dengan fitur flush.

Biasanya fitur ini tersemat di dinding dan tinggal kita tekan saja tuasnya, maka kotoran akan segera hilang tanpa harus menyiramnya secara manual.

Cara ini akan membuat kita mampu meningkatkan kehigienisan tanpa harus kehilangan salah satu manfaat utamanya, yakni melancarkan pencernaan.

Tentunya posisi berjongkok akan membuat perut kita tertekan, sehingga meningkatkan proses defakasi menjadi lebih lancar dan terhindar dari konstipasi.

WC Jongkok Desain Kamar Mandi Ukuran 1×1

WC Jongkok Desain Kamar Mandi Ukuran 1x1

Kelebihan dari toilet jongkok yang tak dimiliki oleh kloset duduk adalah dari sisi ukuran. Bahkan model WC jongkok minimalis ini bisa kita sematkan di dalam sebuah kamar mandi dengan ukuran 1×1 meter saja.

Tak heran banyak toilet umum di stasiun dan terminal cenderung menggunakan toilet jongkok karena lebih mudah saat digunakan.

Selanjutnya, tetap gunakan air saat proses pembersihan diri. Berkat posisi kita yang jongkok, maka bebersih ini pun lebih mudah dilakukan.

Berbeda dengan toilet duduk yang selalu dikaitkan dengan kertas tisu, yang padahal lebih aman menggunakan air karena cenderung bebas dari iritasi dan alergi.

BACA JUGA :  Tampil Princess Dengan Model Meja Rias Kecil Minimalis Berikut

Lagipula penggunaan kertas toilet di Barat sudah dianggap sebagai pemborosan. Ada jutaan pohon ditebang setiap tahunnya hanya untuk memproduksi tisu toilet tersebut. Benar-benar patut disayangkan.

Tinggalkan komentar