fbpx

Model Pendopo Minimalis Untuk Gaya Hidup Modern yang Serba Cepat

Duduk lesehan bersantai sambil makan bersama atau sekedar menikmati semilir angin di siang hari, maka model pendopo minimalis dapat menjadi fasilitas terbaik yang harus kamu miliki di halaman depan.

Secara fungsinya, pendopo atau paviliun ini dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas menarik, dimulai dari tempat duduk, meeting point, dibuat café, teater, atau acara-acara tertentu seperti kumpul bersama keluarga.

Tergantung ukurannya, semakin besar maka nilai gunanya pun akan semakin beragam. Tak jarang ada orang yang menyewa pendopo kita untuk acara tertentu.

Namun tak ada salahnya juga untuk membuat versi mini yang minimalis sebagai pelengkap dari rumah dan eksterior kamu.

Model Pendopo Rumah Minimalis

model pendopo rumah minimalis

Model pendopo minimalis juga bisa disesuaikan dengan desain rumah yang tengah kita miliki. Misalnya, menggunakan jenis atap yang sama, ornamen relief yang sama, atau cat yang juga serupa.

Dengan menyamakan antara desain rumah dan desain pendopo di halaman, maka akan menciptakan kesan rapi dan harmonis.

Pendopo sendiri lahir dengan berbagai macam nama, dimulai dari paviliun, tenda, gazebo, pergola, serasah, dan lain sebagainya.

Namun apapun namanya, pendopo masih memberikan nilai fungsi yang sama. Selain memberikan nuansa serasi layaknya di kerajaan zaman dulu, pendopo juga bisa kita gunakan untuk bersantai sehari-hari di zaman modern seperti sekarang.

Sekalipun rumah minimalis memang erat kaitannya dengan nuansa sederhana, akan tetapi masih bisa kita berikan kesan mewah tanpa harus berlebih-lebihan.

Yang terpenting masih memunculkan aroma seni dan kerapihan saat dilihat dari berbagai macam sudut bangunan.

BACA JUGA :  4 Tips Membangun Rumah Hutan Minimalis Bernuansa Alam

Model Atap Pendopo Minimalis

Model Atap Pendopo Minimalis

Zaman kerajaan dulu sebagian besar pendopo pasti memiliki atap yang mengkerucut dan dihiasi genteng.

Berbeda dengan zaman sekarang yang bisa kita sesuaikan dengan perubahan zaman yang serba cepat, yakni menggambarkan atap pendopo yang tak terlalu rumit dan nampak sederhana, tapi masih terlihat rapi.

Model pendopo minimalis ini bisa kamu buat cukup dengan kemiringan atap satu arah saja. Bahkan ada beberapa diantaranya yang berbentuk horizontal tanpa kemiringan sama sekali.

Well, tergantung dari masing-masing selera tentunya.

Model Tiang Pendopo Minimalis

Model Tiang Pendopo Minimalis

Bahkan tiangnya pun bisa dibuat sesederhana mungkin, tanpa adanya ukiran yang rumit ataupun bahan mahal, layaknya pendopo zaman dulu.

Sesuai namanya, model pendopo minimalis lebih mengutamakan unsur nilai guna, kesederhanaan, dan kerapihan.

Selama nampak indah, maka kita bisa mengaplikasikannya tanpa banyak basa-basi. Bahan dasar dari tiangnya sendiri pun cukup mudah untuk kita dapatkan.

Beberapa diantaranya bisa dibuat dari baja ringan, beton, kayu, atau bahkan tiang kecil yang terbuat dari pipa besi agar mudah dipindahkan.

Semuanya sudah serba sederhana, tak perlu lagi repot memikirkan ukiran yang mahal. Namun tak ada yang melarang juga jika kamu ingin menambahkan motif relief minimalis di beberapa sudut bangunan.

Pendopo Bongkar Pasang

pendopo bongkar pasang

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa model pendopo minimalis pun terkadang bisa berdiri berkat pipa besi yang dipasang secara non-permanen.

Itu artinya, kita dapat memindahkannya kemanapun kita inginkan tanpa harus susah membongkar pasang setiap material yang dipakainya.

Ini terjadi berkat kehidupan yang beralih menjadi serba sibuk dan cepat. Aktivitas dan padatnya kota besar juga hanya bisa menyisakan sedikit lahan di sana sini.

BACA JUGA :  Ingin Binis Kuliner? Baca Dulu Desain Warung Mie Ayam Minimalis Berikut!

Dengan begitu, orang lebih senang membuat pendopo yang tak permanen, agar lebih multifungsi dan dapat dipindahkan jikalau suatu hari mereka ingin pindah ke rumah dengan pekarangan yang jauh lebih besar.

Tinggalkan komentar