fbpx

Model Pancuran Kolam Ikan Minimalis yang Indah Dilihat Merdu Didengar

Di sebuah kota besar dan metropolitan, ada loh orang yang berbondong-bondong untuk melihat keindahan pancuran di taman kota. Nah, bagaimana jika model pancuran kolam ikan minimalis tersebut pun kita sematkan di depan rumah kita?

Tak perlu besar, yang penting  memberikan nuansa sama seperti halnya keindahan tempat-tempat di luar negeri sana.

Kita akui saja, sesederhananya sebuah pancuran tetap saja mampu memberikan nuansa kesenangan, kesejukan, dan perasaan santai.

Tak hanya merdu saat didengarkan, juga indah saat dilihat mata. Benar-benar memberikan rekreasi bagi dua indera kita secara bersamaan.

Jadi, apapun model pancuran kolam ikan minimalis yang kamu pilih, sudah dapat dipastikan dapat berpengaruh secara fisik dan mental.

Sebagai referensi, berikut adalah air mancur yang disarankan.

Pancuran Kolam Ikan Dari Paralon

Pancuran Kolam Ikan Dari Paralon

Kita mulai dari yang paling sederhana dulu, yakni terbuat dari paralon. Pipa PVC ini sudah didesain sebagai jalur air, dan tahan terhadap kerusakan akibat sifat cairan yang mengikis.

Bagian atasnya bisa kita tutupi dengan bunga plastik sebagai ornamental. Cara ini jauh lebih baik dengan ditutup oleh bahan sejenis atau bahkan dibiarkan tetap terbuka.

Sementara bagian pancurannya bisa dibuat dengan kotak melingkar dan dibolongi bagian bawahnya. Dengan begitu air hanya akan keluar ke arah sisi bawah saja.

Manfaat terpenting dalam pancuran ini adalah mampu meningkatkan kualitas air sehingga berpengaruh pada kesehatan hewan air peliharaan kita.

Aerasi yang dibawa oleh air mancur secara tepat akan memungkinkan area kolam terhindar dari kekurangan oksigen, yang mana dibutuhkan oleh ikan kita agar tetap sehat sepanjang waktu.

BACA JUGA :  Hebat! Model Tungku Dapur Minimalis Ini Senada Dengan Hunian Modern

Pancuran Kolam Ikan Dari Bambu

Pancuran Kolam Ikan Dari Bambu

Gaya Jepang yang unik dapat kamu bawa ke dalam area halaman rumah kamu. Tak perlu mahal, cukup dengan menambakan pancuran kolam ikan bambu saja sebagai penghias utama eksterior.

Pilih model unik seperti pada gambar di atas, yang mana memperlihatkan 3 bambu yang saling mengisi antara satu sama lain.

Filosofis ini erat kaitannya dengan gaya hidup di Jepang, yang mana memperlihatkan gaya hidup memberi angpao secara turun-temurun.

Sementara dari sisi manfaatnya, model pancuran kolam ikan minimalis ini akan membantu kita mengontrol dan mengurangi pertumbuhan alga secara berlebihan.

Ini karena efek aerasi yang menghilangkan nutrisi di dalam air kolam sehingga alga pun tak dapat tumbuh dengan begitu baik.

Pancuran Kolam Ikan Tanpa Listrik

Pancuran Kolam Ikan Tanpa Listrik

Emang bisa tanpa listrik? Bisa kok! Ada kalanya perkembangan teknologi sampai pada ornamental hunian dan dijadikan barang rumah tangga sehari-hari.

Sebut saja model pancuran kolam ikan minimalis yang dipersenjatai oleh panel surya. Sekalipun tanpa adanya aliran listrik, pancuran akan terus bekerja selama 24 jam penuh.

Syaratnya hanya satu, yakni pancuran air harus selalu terpapar sinar matahari secara langsung. Saat malam tiba, pancuran ini akan melepaskan energi yang tersimpan agar aktivitas aerasi air tetap bekerja.

Berkatnya, kolam ikan pun akan terhindar dari bau yang tak sedap sekalipun tak ada matahari di malam hari.

Pancuran Kolam Ikan Dinding

Pancuran Kolam Ikan Dinding

Mungkin ini adalah salah satu pancuran yang paling elegan karena memberikan ilusi seolah air tersebut keluar dari bebatuan dinding, layaknya air mata yang jernih.

Model pancuran kolam ikan minimalis yang satu ini cenderung lebih banyak dalam menghasilkan gemercik air, sehingga aerasinya sangat melimpah.

BACA JUGA :  3 Rombong Minimalis Aluminium yang Dapat Mendatangkan Cuan

Tapi tetap sesuaikan dengan jenis ikan yang ditanam. Karena semakin tepat kamu menyettingnya, maka akan meningkatkan habitat kehidupan ikan semakin baik lagi.

Intinya, air mancur dinding ini merupakan proses aerasi yang membantu dalam menciptakan ekosistem secara sehat sekalipun ikan-ikan tersebut tinggal di dalam kolam yang sempit.

Tinggalkan komentar