fbpx

Jarang Dilirik, Model Lisplang Cor Minimalis Ternyata Memiliki Banyak Fungsi

Tak peduli bentuk atap rumah kamu saat ini, maka kita harus memberikan sedikit polesan konsruksi agar tak goyah dalam jangka panjang. Model lisplang cor minimalis dibuat agar mendapatkan tujuan dan manfaat tersebut.

Kebanyakan orang mungkin akan berpikir bahwa lisplang tersebut hanyalah dijadikan sebagai dekorasi semata, padahal ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

Beberapa diantaranya yang paling ketara adalah kemampuannya untuk mengatur suhu alami rumah dan melindunginya kelembapan.

Ketika digabungkan dengan orientasi rumah yang optimal dan inisiatif berkelanjutan lainnya, maka penghematan jangka panjang pun bisa kita dapatkan karena elemen atap akan jauh lebih awet.

Penggunaan Model Lisplang Cor

Kabar baiknya, kita bisa menempatkan model lisplang cor minimalis untuk semua bagian dan area rumah. Masing-masing darinya bahkan dapat kita cat dengan warna yang ideal.

Beberapa diantaranya bisa kita sematkan pada area seperti berikut ini.

Model Lisplang Cor Teras

Model Lisplang Cor Teras

Teras sejatinya merupakan area tambahan di bagian depan, samping, atau belakang rumah. Dikarenakan areanya yang agak menjorok dari bangunan utama, maka biasanya dibutuhkan sebuah model kanopi memanjang.

Akan tetapi seringkali kita pun memasukan teras tersebut ke dalam susunan atap yang sama dengan bangunan utama, sehingga model lisplang cor minimalis pun harus kita sesuaikan.

Tergantung desain bagunannya, lisplang cor ini akan sangat dibutuhkan agar teras tak terkena siraman air hujan secara langsung.

Bayangkan jika kamu memiliki banyak sekali furnitur yang tersemat di bagian teras, maka akan repot jika harus senantiasa memasukan barang tersebut setiap kali hujan turun.

Model Dak Lisplang Cor

Model Dak Lisplang Cor

Jika misalnya kamu menggunakan kanopi, maka lisplang cor tersebut pastinya akan disematkan di bagian daknya.

Bentuknya yang agak menjorok ke depan dengan pola diagonal di bagian bawahnya juga akan mencegah siramah air hujan dan menjaga area depan rumah tetap sejuk dan kering setiap saat.

Kanopi sendiri sebenarnya bisa berdiri sendiri dan dapat terbuat dari berbagai macam bahan. Akan tetapi khusus yang terbuat dari beton, maka penggunaan lisplang pun menjadi opsi terbaik untuk dipilih.

BACA JUGA :  Capek Sama Cucian? Desain Jemuran Minimalis Dapat Membuat Kerjaan Semakin Mudah!

Saat kedua elemen tersebut digabungkan, maka kanopi dan lisplang akan memberikan keuntungan seperti:

  • Menghemat energi, karena matahari dapat terhalangi sehingga tetap sejuk dan mengurangi penggunaan AC.
  • Meningkatkan daya tarik hunian.
  • Memperluas area pribadi di halaman rumah.
  • Meningkatkan nilai jual suatu hunian.
  • Menjaga aset terbesar kita, yakni rumah itu sendiri.

Jadi tak ada alasan untuk tidak menggunakannya ya!

Model Cat Lisplang Cor

lisplang cor beton

Kebanyakan orang menggunakan warna dasar seperti putih atau abu-abu untuk meningkatkan tampilannya yang paten.

Akan tetapi kita pun dapat membuat model lisplang cor minimalis menjadi lebih kontras dan memberikan daya tarik yang begitu sensual.

Beberapa jenis warna yang disarankan adalah hitam, oranye pucat, hijau kekuningan, merah muda, coklat, dan lain sebagainya.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan warna lain, hati-hati terhadap penggunaan warna terang karena dapat meningkatkan suhu rumah itu sendiri saat tersinari matahari secara langsung.

Manfaat Penggunaan Lisplang Cor

lisplang cor teras rumah minimalis

Mungkin kamu sudah tahu jika minimalisme itu mengedapankan nilai guna dan tampilan di saat yang bersamaan.

Jadi buat kamu yang masih bertanya-tanya apakah lisplang cor itu memiliki manfaat atau tidak, maka jawabannya adalah YA.

Secara sadar atau tak sadar, pemilik rumah bisa mendapatkan manfaatnya tersebut setiap waktu.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Pengatur Suhu Eksternal

lisplang cor sidoarjo

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa model lisplang cor minimalis bergaya apapun dapat membantu rumah mengatur suhunya secara alami agar tetap konstan.

Ini karena sebuah atap akan memberikan naungan kepada jendela kita, sehingga melindungi rumah terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Di iklim tropis seperti Indonesia, pastinya kamu ingin dong sebuah atap yang kuat agar mampu melindungi rumah sepanjang tahun demi menjaga suhu tetap nyaman di dalam ruangan.

Nah, rahasia atap yang kokoh tersebut tentunya dilengkapi dengan lisplang di bagian pinggirannya agar tetap stabil sepanjang waktu.

Melindungi Kelembapan dan Kebocoran

lisplang cor minimalis terbaru

Dengan mengarahkan air menjauh dari dinding dan fondasi rumah ke bagian model lisplang cor minimalis yang telah terpasang, maka secara otomatis menawarkan sebuah perlindungan dari kerusakan air, cipratan lumpur, jamur, hingga lumut.

Alhasil, pertahanan ini akan membuat atap rumah kita tetap tahan lama dan mengurangi kebutuhan untuk perbaikan terkait kebocoran.

Semakin jarang kita memperbaiki atap bocor, maka akan semakin menghemat pengeluaran.

Apalagi air memang merupakan salah satu bagian alam yang dapat merusakan berbagai macam benda di darat, sekalipun itu batu yang keras.

BACA JUGA :  4 Gambar Jerjak Minimalis dan Cara Mengkreasikannya Pada Rumah

Makanya, dengan mengarahkan air dan membuat jalur aliran hujan di atas atap, maka dapat membuat hunian kita semakin berumur panjang.

Meningkatkan Tampilan Rumah

lisplang cor tampak depan rumah

Atap dan model lisplang cor minimalis juga dapat membantu kita dalam menentukan desain arsitektur rumah.

Ini karena apapun desain dan gaya dari hunian tersebut, lisplang bisa disematkan untuk segala macam ukuran di segala sisi.

Bahkan jika kamu memperhatikan rumah-rumah peninggalan zaman dulu, maka lisplang ini sudah digunakan di sepanjang sejarah perkembangan desain hunian, terutama rumah bergaya minimalis.

Sudah dapat dipastikan juga bahwa rumah tersebut memiliki gaya dan estetika berkelas, dan cenderung fleksibel karena kemampuannya dalam menyatukan dirinya terhadap semua bentuk kanopi dan atap.

Menjaga Dinding Luar Rumah Tetap Elok

lisplang cor surabaya

Lagi-lagi paparan sinar matahari dan air hujan yang datang silih berganti dapat merusakkan tampilan dan fisik dari dinding luar bangunan kita.

Percuma saja selalu dicat baru jika masalah tersebut tak kamu atasi dengan cara yang lebih pintar.

Model lisplang cor minimalis dan atapnya yang didesain sedemikan rupa akan mengurangi serangan air hujan secara langsung, terutama di bagian area atas.

Perlu diketahui bahwa bagian atas dinding rumah merupakan area paling vital, karena sejatinya air turun ke bawah tertarik gaya gravitasi.

Jadi semakin atap, kanopi, dan lisplang cor tersebut mampu melindungi area tersebut dari paparan panas dan air dingin, maka umurnya pun akan semakin awet.

Membantu Kemiringan Atap Tetap Stabil

lisplang cor motif

Sebagian besar wilayah Indonesia beriklim panas, sehingga atap yang berbentuk miring seringkali digunakan agar menjauhkan area tengah rumah dengan paparan suhu panas berlebih.

Nah, tergantung pada kemiringan atap tersebut, maka sisi kesulitan saat pemasangannya pun beragam.

Terlebih lagi beberapa genteng akan terlihat tonggos jika tidak ditata dengan baik. Tak heran para arsitektur memberikan tambahan fitur berupa model lisplang cor minimalis di bagian pinggirannya.

Berkat susunannya yang bermanfaat dalam merapikan atap kita, juga menahan agar area atas tidak mudah terpeleset dan jatuh ke tanah.

Maklum, atap merupakan salah satu elemen rumah yang sangat diperlukan sebagai pelindung dari berbagai macam kondisi di luar rumah, sehingga rentan rusak dan aus seiring dengan berjalannya waktu.

Tinggalkan komentar