fbpx

Sejumlah Model Krawangan Minimalis Membiarkan Angin Mamiri Berhembus ke Rumah

Model krawangan minimalis bukanlah seni yang berasal dari kota Karawang ya! melainkan elemen rumahan yang mirip seperti jerjak atau tralis.

Bedanya terletak pada fungsi daripada material itu sendiri. Bahannya bisa terbuat dari berbagai macam elemen dan struktur, terutama kayu dan GRC dalam jumlah besar.

Sementara dari sisi fungsi dapat menjadi pengganti jendela atau bahkan dinding, sembari memberikan ventilasi dan aliran udara dalam suatu bangunan.

Gaya ini sebenarnya berasal dari Timur Tengah, sehingga tak heran lebih pas saat kita aplikasikan pada mesjid.

Tapi bukan berarti kita haram menggunakannya pada area rumahan. Bahkan jika disematkan secara tepat, maka model krawangan minimalis ini akan mendatangkan nuansa berbeda dan unik.

Model Krawangan Masjid

Model Krawangan Masjid

Krawangan memang lebih nampak rapuh dan gampang untuk dibobol. Untuk itulah seringkali pemakaiannya lebih cocok disematkan di gedung atau bangunan bagi fasilitas umum.

Misalnya lebih cocok saat kita pasangkan pada masjid. Selain dapat membawa unsur Timur Tengah secara sempurna, juga cenderung tak berlebihan.

Memang masih ada orang yang nekat mencuri barang dari masjid sekalipun ada azab kubur yang menanti.

Namun secara garis besarnya, mesjid menjadi area paling aman sehingga tak memerlukan proteksi tingkat tinggi.

Jadi tak heran jika orang lebih senang menambahkan krawangan pada bangunan peribadatan tersebut.

Motifnya yang berlubang menampilkan area dalam mesjid sehingga menjadi simbol undangan bagi siapa saja yang ingin sholat dan mengaji di dalamnya.

Model Pagar Krawangan

Model Pagar Krawangan

Jika kamu memaksa untuk menggunakan model krawangan minimalis pada area rumah, maka bisa dimanfaatkan pada pemasangan pagar.

BACA JUGA :  Manfaat Konsep Cafe Minimalis Outdoor Menurut Para Ahli

Menariknya, dengan motif berlubang ini sudah menjadi simbol kehidupan modern yang lebih terbuka.

Semegah apapun hunian kita, pagar krawangan masih mampu memberikan estetika yang begitu mumpuni.

Memang area masjid lebih doyan menggunakannya. Akan tetapi bangunan lain seperti sekolahan pun seringkali menggunakan pagar krawangan.

Hal itu pun tentu berlaku pada area hunian kita yang indah. Carilah motif geometris jika rumah kamu bertema minimalis modern, dan gunakan motif bunga jika hunian bergaya minimalis tradisional.

Model Krawangan GRC

Model Krawangan GRC

Memiliki kepanjangan Glass Fiber Reinforced Concrete, model krawangan minimalis yang terbuat dari beton berserat kaca ini jauh lebih disarankan jika dibandingkan dengan material besi atau kayu.

Pasalnya, GRC lebih murah dan bisa kita tingkatkan baik dari lebar maupun panjangnya. Alhasil, pilihan custom cenderung mampu menutup jendela atau pagar dengan ukuran yang kita inginkan.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan krawangan yang terbuat dari GRC.

Misalnya, material ini cenderung lebih aman dan kuat, gampang disematkan di hampir segala macam elemen rumahan, hingga pemasangannya yang cepat dan murah.

Model Krawangan Rumah Sederhana

Model Krawangan Rumah Sederhana

Dikarenakan sifatnya tersebutlah, model krawangan minimalis yang terbuat dari GRC lebih pas saat disematkan di hunian sederhana.

Sama halnya seperti masjid di atas, krawangan ini sangatlah cocok kamu sematkan di dinding area tertentu.

Apalagi jika kamu memiliki mushola dalam rumah, maka bisa pula digunakan sebagai elemen ventilasi yang menyegarkan.

Hunian bahkan akan nampak begitu asri dan mempesona dengn motif indah dan penuh gaya.

Bahannya yang terbuat dari GRC juga cenderung tahan terhadap cuaca luar sekaligus anti api. Jika ditilik dari sisi ekonomis, krawangan GRC untuk rumah sederhana juga menjadi alternatif terbaik demi membuat sebuah hunian nampak keren tanpa harus membebani kantong lebih dalam.

BACA JUGA :  Dandani Gerbang Dengan Gapura Kayu Minimalis, Nuansa Indah Seperti Istana Raja

Saat kamu selonjoran di dalam ruangan bermandikan krawangan, maka seringkali tak membutuhkan AC berkat angin mamiri yang kita dapat secara gratis. Penghematan energi besar-besaran pun bisa kamu ciptakan.

Tinggalkan komentar