fbpx

4 Kategori Model Kolam Minimalis Depan Rumah yang Boleh Dipilih

Air yang bergerak akan selalu disertai dengan ketenangan jiwa. Para penggila olahraga meditasi pastinya senantiasa mencari momen tersebut dan seringkali melakukan aktivitasnya di dekat model kolam minimalis depan rumah yang bersahaja.

Namun buat kamu yang tak doyan melakukan aktivitas tersebut, maka hanya dengan menyaksikan cahaya riak air dan mendengarkan percikannya saja sudah mampu memberikan suatu ketengan secara universal.

Maka tak heran jika salah satu projek lansekap yang paling populer bagi para pengguna rumah – tak terbatas desainnya – selalu menyertakan kolam di pekarangannya.

Terlepas dari penggunaannya tersebut, ternyata kita bisa membagi model kolam minimalis depan rumah ke dalam 4 kategori berbeda, yang kemudian bisa kamu sesuaikan sendiri dengan selera masing-masing.

Minimalis Alami

kolam depan rumah sederhana

Minimalis dan bernuansa alami bisa kita sematkan dalam sebuah kolam dengan bagian integral dan lanskap yang berbentuk bebas.

Bahkan beberapa diantaranya masih nampak menyatu dengan keadaan sekitar berkat bebatuan alam yang menyertainya.

Rumput yang tumbuh di sana-sini juga bisa kamu manfaatkan tanpa harus diganggu gugat. Namun jika ingin jenis yang lebih cantik, maka carilah bunga dengan warna terang atau pohon bonsai.

Perasaan alam akan jauh lebih terasa jika kamu menanam beberapa ikan hias di dalamnya. Air yang mengalir atau tidak menggenang juga dapat membuat bentuk kolam minimalis nampak sempurna dan terhindar dari jentik-jentik nyamuk berbahaya.

Minimalis Semi Natural

kolam depan rumah koi

Hampir mirip seperti alami di atas, akan tetapi lebih sedikit ada campuran hardscape demi menciptakan gradasi sempurna antara minimalis dan natural.

Biasanya model kolam minimalis depan rumah ini memiliki bentuk bebas akan tetapi disertai dengan bahan-bahan modern sebagai tepiannya. Sebut saja batu bata, beton, atau bahkan keramik.

BACA JUGA :  Catat! Tips Bentuk Toko Minimalis Ini Mendatangkan Cuan Banyak

Sebagai kolam buatan minimalis yang masih menyatu dengan alam, maka akan sangat cocok jika dilengkapi dengan tebing buatan minimalis yang disertai dengan air terjun dan sungai mini mengalir menuju kolam.

Kita bahkan bisa membuat atau memesan kepada para pengrajin dalam satu paket, biar tidak ribet dan lebih murah.

Minimalis Formal

kolam hias depan rumah

Didefinisikan sebagai bentuk dari geometris atau kotak, model kolam minimalis depan rumah ini seringkali dilengkapi dengan batu mortar yang mahal atau beton tuang.

Bukan untuk pamer-pameran, akan tetapi lebih ke penyesuaian tema minimalis dan modern yang ingin kita dapatkan.

Lebih sering digunakan di taman-taman besar luar negeri sana, namu bisa juga kamu sematkan di rumah sendiri demi memberikan refleksi dan pajangan yang bagus sekaligus rumah bagi para ikan.

Air mancur minimalis dari bambu juga bisa kamu sematkan sebagai bagian dari eksterior indah bernuansa seni oriental.

Faktanya, air mancur sebenarnya sudah menjadi hal wajib untuk dimiliki setiap kolam, sayangnya masih banyak orang yang melewatkan ornamen yang satu ini.

Minimalis Romantis

kolam depan rumah cantik

Kita bisa mengambil beberapa ketiga elemen tertentu di atas untuk menciptakan sebuah model kolam minimalis depan rumah yang begitu romantis.

Agar menciptakan nuansa tersebut, maka kamu harus menanam beberapa bunga yang berwarna merah, biru, putih, atau pink di sekitaran kolam tersebut.

Gunakan juga batu alam untuk membatasi ruang gerak dari aliran air tersebut. Akan lebih bagus lagi jika kamu melengkapinya dengan aliran sungai mini hingga air terjun.

Sematkan ikan koi yang dipercaya dapat membawa hoki. Bagi orang jepang sendiri, “koi” yang bisa berarti “cinta” juga erat kaitannya dengan romantisme pembawa keindahan halaman rumah kita.

Tinggalkan komentar