fbpx

7 Model Kedai Minimalis Sebagai Start-up Tanpa Banyak Modal

Selalu kepikiran untuk bikin jajanan pinggir jalan yang keren tapi tetap nyaman di kantong para pembeli? Mungkin dengan menggunakan model kedai minimalis dapat membantu kamu dalam mewujudkan cita-cita yang sudah lama terpendam.

Sebagai kaum foodie yang doyan jajan dan ngemil, kita pun tentunya memiliki kesempatan untuk berbagi kelezatan dan kebahagiaan bersama orang-orang sekitar.

Kios makanan sederhana telah mengalami perubahan dari tahun ke tahun, terlebih setelah munculnya sebuah konsep minimalis di tengah-tengah masyarakat.

Jadi tak heran jika model kedai minimalis pun mulai tumbuh layaknya jamur di kulit dan berkembang dengan begitu pesat.

Jika kamu salah satu orang yang ingin ikut andil bagian ke dalam bisnis menggiurkan yang satu ini, mungkin beberapa pilihan kedai di bawah ini dapat membantu kamu melakukan start-up secara lebih tepat!

Model Kedai Kopi Sederhana

model kedai kopi sederhana

Kopi, dimanapun dan kapanpun itu akan tetap menjadi bagian dari keseharian kita. Minuman dengan kadar kafein terbaik ini selalu diburu di hampir seluruh belahan dunia.

Dikarenakan warnanya yang hitam, maka konsep kedai minimalis yang kita buat pun haruslah bernuansa hitam, coklat, atau perpaduan antara warna kayu dan hitam beropasiti.

Di dalam kedai tersebut, sediakan peracik kopi yang khusus untuk membuat kreasi tangan kamu sendiri.

Sediakan juga kopi sasetan khusus buat mereka yang jauh lebih ingin menghemat atau memang lebih doyan terhadap kopi sejuta umat tersebut.

Kopi yang dipesan tentunya bisa dibawa seperti layaknya sistem take and go, akan tetapi tetap berikan kursi jikalau ada pejalan kaki yang ingin nongkrong sambil ngopi di kedai kita.

Model Kedai Dari Kayu

Model Kedai Dari Kayu

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengkreasikan tempat jualan kita. Misalnya dengan menyesuaikan model kedai minimalis dengan bahan dasar yang digunakan.

BACA JUGA :  Bukan Sekedar Ornamen, Desain Tugu Minimalis Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Pada contoh gambar di atas terlihat dengan jelas bahwa kedai tersebut memiliki tema bajak laut, karena sejatinya kayu memang erat kaitannya dengan perahu.

Kamu juga tentu boleh memilih jenis tema yang lainnya, selama tidak keluar dari nuansanya yang khas.

Gunakan pula kayu jati agar warung kamu tak lekang oleh cuaca dan usia. Kayu jati juga kuat terhadap gigitan rayap sehingga jauh lebih disarankan untuk tempat menjual makanan yang harus selalu bersih dari kotoran.

Model Kedai Kekinian

Model Kedai Kekinian

Model kedai minimalis kekinian biasanya mengikuti trend masa kini. Bukan dari sisi gosip atau teknologi informasi ya! Melainkan dari desain bangunan yang ada.

Berkat zaman modern yang serba cepat saat ini, maka orang lebih condong pada hal-hal yang nampak praktis dan tak membebani otak saat melihatnya.

Untuk melakukannya, maka ada 2 elemen yang harus kamu sematkan di sana, yaitu kerapihan dan warna cat.

Kerapihan artinya kita tak menyimpan hal-hal yang tak diperlukan sama sekali. Seringkali orang menyetel musik pada kedainya, padahal dari sisi lokasi (pinggir jalan) kurang begitu enak untuk didengar.

Selanjutnya warna cat haruslah terang dan menampakkan sisi harmonis dengan alam. Jika bisa, tambahkan beberapa pot dan tanaman untuk membawa desain semi kontemporer bersamanya.

Model Kedai Unik

Model Kedai Unik

Unik haruslah lain daripada yang lain. Jika tidak, maka kesan pembedanya tak akan kita dapatkan.

Unsur pembeda ini jugalah yang akan membantu kita mencapai brand awareness pada merk yang kita pajang di model kedai minimalis tersebut.

Kesan unik bisa kita dapatkan dari sisi makanan yang dijual, berinovasi pada bahan masakan, atau cara penyajian makanan itu sendiri.

Atau jika kamu tak ingin bermain-main dengan sajian jajanannya, mungkin bisa dikreasikan pada kedai itu sendiri.

Sekalipun menjual barang dan desain yang sama, namun bisa kita berikan unsur khas dan unik pada dinding dengan guratan-guratan seperti pada contoh gambar di atas.

BACA JUGA :  Bentuk Kolam Minimalis dan Manfaatnya yang Jarang Orang Tahu

Orang lebih mungkin mengingat kita berdasarkan apa yang mereka lihat dalam bentuk gambar, dan bukan pada tulisan.

Model Kedai Runcit

Model Kedai Runcit

Kedai runcit sebenarnya berasal dari bahasa Malaysia yang bisa kita artikan sebagai warung minimalis.

Dengan begitu, model kedai minimalis ini memang berupa warung biasa yang menjual berbagai macam kebutuhan dasar seperti beras, tepung terigu, dan kopi sasetan.

Akan tetapi agar kesan kedainya bisa kamu dapatkan, maka pastikan untuk menyematkan bale-bale di depan warung atau tempat duduk lengkap dengan mejanya.

Buat seprofesional mungkin sehingga depan warung kamu nampak seperti café. Tapi pastikan anak mudanya membeli kopi sebelum duduk di sana ya!

Model Kedai Kecil

model kedai kecil

Ukuran tak jadi soal! Lagipula kita hanya berupa street food yang seringkali orang membungkus makanan yang telah dipesan.

Apalagi jika kamu berbisnis di kota besar seperti Jakarta dan Tangerang yang lahan seuprit saja bisa menghabiskan banyak dana, maka model kedai minimalis kecil menjadi jawaban atas kegundahan kamu tersebut.

Tak perlu luas, yang penting kita bisa menyimpan barang yang diperlukan serta muat diisi satu orang demi melayani pelanggan dan menyuguhkan makanan.

Kuncinya terletak pada desain dan pewarnaan cat yang akan memberikan ilusi nampak besar.

Model Kedai Dari Bambu

Model Kedai Dari Bambu

Kita juga bisa membawa nuansa tradisional pada model kedai minimalis. Warung bambu sudah sangat erat kaitannya dengan desain bangunan di Indonesia, sehingga wajib kamu coba juga!

Bambu merupakan pohon yang paling cepat tumbuh, murah, dan juga memiliki struktur kuat! tak ada salahnya mencoba menggunakan bahan dasar ini sebagai start up kamu memulai bisnis.

Apalagi feel-nya yang begitu desa banget dapat memberikan banyak pilihan untuk dicoba, entah itu dijadikan sebagai kedai indoor maupun outdoor, dan lesehan ataupun berkursi. Semua pilihan tengah menari di telapak tangan kamu dan tinggal dipilih dan kemudian take action!

Tinggalkan komentar