fbpx

4 Tips Sebelum Membuat Model Dek Minimalis Menurut Ahlinya

Sekalipun nampak sederhana dan sembarang, akan tetapi model dek minimalis membutuhkan perencanaan, penggambaran, dan blueprint yang tidak sembarang.

Banyak orang menyebut dek ini sebagai atap atau bagian langit-langit rumah. Ada pula yang mengartikannya sebagai teras luar sebagai jalan menuju pintu utama.

Nah, kali ini kita akan membahas arti yang kedua, yaitu berupa teras namun lebih memberikan nuansa dan desain berbeda daripada beranda biasa.

Asyiknya lagi, beberapa tips yang akan dibocorkan di bawah ini datang dari para ahli dan bukanlah sekedar mengarang bebas semata.

Kata mereka, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membuat model dek minimalis nampak lebih sempurna, yang mana daftarnya adalah sebagai berikut.

Buat Sebesar yang Kamu Bisa

model dek teras rumah

Berbeda dengan ruangan dalam, kita diberi kesempatan untuk membuat dek sebesar yang kita bisa, tentunya disesuaikan dengan halaman rumah kamu.

Dek akan menjadi pelengkap harmonis dan harus mampu bersanding dengan rumah yang kita miliki. Bahkan bisa disebut sebagai salah satu area terpenting dalam suatu hunian.

Lagipula tak pernah ada orang yang menyesal memiliki bagian dek rumahnya karena kebesaran.

Sebaliknya, banyak pemilik rumah yang mengeluhkan bahwa dek mereka merasa kekecilan sehingga berpikir untuk menambahkan lahan dan melakukan perombakan secepatnya.

Nah, sebelum rasa sesal tersebut datang pada kita, maka ada baiknya kita bikin yang lebih besar dari awal.

Perlakukan Seperti Ruang Tamu

model dek rumah sederhana

Membuatnya sebesar mungkin tentunya datang bukan tanpa alasan, karena nantinya area tersebut bisa kita perlakukan layaknya ruang tamu tempat banyak orang berkumpul.

BACA JUGA :  Jenis dan Desain Partisi Outdoor Minimalis Menyemarakan Halaman

Kita bisa dengan bebas menyematkan berbagai macam furnitur yang juga biasa ditempatkan di ruang tengah, termasuk sofa, kursi dan meja.

Namun hindari jenis yang dapat dibawa dengan mudah atau berharga karena rawan dicuri orang mengingat lokasinya yang ada di luar ruangan.

Selain itu, kita pun harus memperhatikan pencahayaannya terlebih jika model dek tersebut berada jauh dari area rumah.

Berikan lampu-lampu di ruang utama dan tangga agar terhindar dari kecelakaan saat malam tiba.

Bangun Dek Mengambang

model dek rumah

Keunikan dari sebuah model dek minimalis dan berhasil menjadi pembeda dengan motif teras minimalis biasa adalah bangunannya yang mengambang.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan darinya, terutama terkait gaya hidup dan aktivitas bersantai.

Nantinya, dek ini bisa menjadi pemisah antara aktivitas satu dengan yang lainnya. Contohnya pada acara keluarga, kita tak mungkin membakar barbekyu di atas dek yang sejatinya terbuat dari kayu.

Dengan membuatnya mengambang maka seolah memberikan perintah pada orang sekitar secara halus untuk tidak memasak di area tersebut.

Sebagai gantinya, dek bisa digunakan untuk acara bersantap dan berpesta bersama keluarga tercinta.

Pilih Pewarnaan yang Padat

model dek minimalis terbaru

Posisinya di luar ruangan mengharuskan kita memberikan pewarna yang kuat terhadap cuaca panas dan hujan.

Mungkin kekuatannya harus sama dengan cat dinding luar ruangan pada hunian utama kita. Akan tetapi perlu diingat bahwa dek seringkali terbuat dari kayu dan harus diberi jenis pewarna yang berbeda.

Alhasil, jangan pernah menggunakan cat pada dek baru kita. Namun akan lebih baik jika kita menggunakan stain padat.

Jenis pewarna ini lebih mampu menyerap ke dalam kayu dan terlihat sangat mirip cat. Bedanya, kekuatannya jauh lebih bertahan lama.

BACA JUGA :  4 Pagar Kebun Minimalis Membuat Pekarangan Rumah Nampak Menawan

Dalam dunia minimalisme, maka warna pada desain dek minimalis bisa begitu krusial karena erat kaitannya dengan pencahayaan dan demi bisa bersatu dengan warna bangunan utama.

Tinggalkan komentar