fbpx

4 Model Aquarium Hias Minimalis dan Jenis Ikan yang Boleh Dipilih

Ada sedikit unsur seni saat kita mencoba mendesain sebuah tempat tinggal para ikan dan hewan air lainnya, sehingga model aquarium hias minimalis dapat menjadi ekspresi kita dalam membuat sebuah ornamen rumah bernuansa air.

Prioritas utama kita dalam membuat sebuah aquarium haruslah mendahulukan kesehatan dan kebahagiaan ikan-ikan kita.

Dengan menyortir hal-hal yang dapat merusak penampilan aquarium dan penghuninya itu sendiri, maka ornamental rumah ini akan nampak begitu sempurna tersemat di rumah kita.

Kita juga dapat melakukan eksperimen terkait tata letak dan tampilannya. Untuk itulah, kita coba bahas sedikit beberapa jenis model aquarium lengkap dengan tipsnya di bawah ini.

Model Aquarium Ikan Hias

Model Aquarium Ikan Hias

Memasukan ikan hias ke dalam aquarium bisa dibilang mudah-mudah sulit. Mudah saat kita memilih konsep aquarium minimalis yang keren dan ikannya, namun sulit saat kita merawatnya.

Kesulitan datang ketika kamu mencoba menggabungkan antara jenis hewan air tawar dan air asin, yang mana dapat mengakibatkan salah satunya mati dalam waktu singkat.

Ini membuktikkan bahwa kita harus senantiasa melakukan perencanaan sebelum membuat atau menata aquarium yang telah kita miliki sebelumnya.

Sekalipun masih sama-sama hidup di dalam air, akan tetapi ikan hias air tawar tak akan mampu bertahan hidup di dalam air laut. Begitupun sebaliknya.

gambar aquarium ikan hias

Dengan begitu kita harus menyesuaikan habitat mereka berasal dan tak bisa disatukan dalam model aquarium hias minimalis yang sama.

Selain itu, ukuran dari aquarium juga haruslah kamu perhitungkan dengan baik. Jangan sampai kegedean karena dapat membuat ruangan kita sumpek.

Pasalnya, aquarium yang sejatinya terbuat dari kaca akan sangat sulit untuk diubah ukurannya jika sudah menjadi produk jadi.

Kaca tak bisa dipotong secara sembarangan karena akan mengakibatkan kebocoran dan kerusakan permanen.

Jika ada sedikit saja celah di sana, maka harus diganti seluruhnya. Memang ada alat untuk menambal, akan tetapi bisa merusak penampilan aquarium tersebut. Lagipula rata-rata penambalan cenderung tak dapat bertahan lama.

BACA JUGA :  Tolet Minimalis Lampu Mencegah Wajah Memiliki Dandanan Menor

Model Aquarium Ikan Hias Air Tawar

Model Aquarium Ikan Hias Air Tawar

Katakanlah kamu sudah menentukan jenis ikan air tawar sebagai penghuni dari model aquarium hias minimalis.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa setiap ikan memiliki cara perawatannya masing-masing selain daripada kondisi air itu sendiri.

Sudah jelas bahwa jika air tawar haruslah menggunakan air yang tak asin. Namun perawatannya tak berhenti sampai di sana.

Ada beberapa langkah dalam menjaga agar ikan air tawar kita tetap sehat dan panjang umur. Karena jika tak dijaga dengan baik maka bisa membuat semua ikan mati secara masal.

aquarium ikan hias air tawar terindah

Adapun beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan ikan air tawar beradaptasi dengan model aquarium hias minimalis yang kita miliki.
  2. Kenyamanan ikan nomor satu, setelah itu baru dekorasi.
  3. Ciptakan lingkungan alam dengan menambahkan bebatuan dan tanaman.
  4. Jauhkan dari AC.
  5. Jaga selalu kebersihan aquarium agar tak terserang parasit.
  6. Jaga suhu tangki yang tepat.
  7. Hilangkan kelebihan alaga.
  8. Cobalah satu atau dua ikan terlebih dahulu untuk melihat aktivitasnya di sana. Jika nampak sakit, segera pindahkan ikan kemudian ganti air dan segala tektek bengek lainnya.
  9. Jika ikan pertama mampu beradaptasi, baru tambah ikan hias lainnya secara berkala.

Saat menghias aquarium tersebut, pastikan kamu menambahkan titik fokus selain ikan. Misalnya, ada sebuah ornamen seperti tanaman, mainan seperti jangkar dan perahu tenggelam, dan lain sebagainya.

Model Aquarium Ikan Cupang Hias

Model Aquarium Ikan Cupang Hias

Ikan penyendiri ini haruslah kamu masukan ke dalam model aquarium hias minimalis di tempat yang berbeda. Jika tidak, mereka akan bertarung hingga mati.

Selain itu, ikan cupang juga tak boleh kamu tempatkan dengan jenis ikan lainnya karena akan terus mengejar dan membunuh dengan tujuan melindungi daerah kekuasaannya.

Dengan begitu, kita membiarkannya tinggal sendiri pada aquarium kecil dan disematkan di kamar pribadi.

Sekalipun ikan cupang memang terlahir sebagai petarung, akan tetapi kurang begitu bijak jika kita membeli ikan ini semata-mata hanya ingin melihatnya saling membunuh.

gambar aquarium ikan cupang hias

Karena terlepas dari sifatnya yang beringas, ikan cupang memiliki tubuh yang indah dan bisa kita jadikan sebagai penghuni terbaik dari model aquarium hias minimalis dengan ukuran kecil.

BACA JUGA :  Beragam Jenis dan Ide Steling Kayu Minimalis Sebagai Teman Berdagang

Kamu boleh menggabungkan antara ikan cupang pejantan dengan betina hanya pada waktu berkembang biak saja. Di luar daripada aktivitas tersebut, tetap harus dipisahkan satu sama lain karena akan menjadi arena ring tinju yang berdarah-darah.

Selain itu, kita juga dapat membuat ikan cupang merasa senang dengan memasang tanaman air dan dekorasi aquarium lengkap dengan tempat persembunyiannya.

Masukan pula beberapa mainan seperti cermin mengambang dan tanaman untuk tempat tidur gantung ikan cupang.

Model Hiasan Aquarium Mini

Model Hiasan Aquarium Mini

Model aquarium hias minimalis yang berukuran kecil di atas pun sebenarnya bisa kita gunakan untuk jenis ikan selain cupang.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa lain ikan maka lain lagi cara perawatannya. Ini karena ada beberapa jenis ikan yang tak dapat hidup sendiri.

Selain itu agar nampak memberikan dampak menyegarkan pada ruangan kita, aquarium mini ini pun harus memiliki semburat warna yang kontras.

Warna tersebut bisa datang dari ikan atau hiasan di dalamnya. Jika ingin menentukan semburat warna dan palet tertentu, maka pemilihan ikan pun harus kamu sesuaikan secara seksama.

Soalnya, ada juga spesies ikan yang akan berubah warna seiring dengan berjalannya usia mereka.

hiasan aquarium mini bulat

Namun jika misalnya saat ini kamu belum mendapatkan bayangan untuk membuat sebuah model aquarium hias minimalis yang menggugah jiwa, maka bisa dilakukan secara perlahan seiring dengan berjalannya waktu.

Masukkan beberapa elemen secara berkala menyesuaikan keadaan suasana hati, feeling, dan cita rasa kamu terhadap ornamen rumah yang satu ini.

Elemen pertama yang bisa kamu gunakan adalah bebatuan dan tanaman hijau. Tanaman tersebut bisa berbentuk asli atau plastik.

Tetap jaga koloni ikan dan ukurannya jika ingin disematkan pada aquarium mini. Segera pindahkan ke tangki yang lebih besar jika mereka mulai tumbuh menjadi lebih besar.

Lingkungan yang terlalu sumpek bagi ikan akan membuatnya stres dan cepat mati.

Tinggalkan komentar