fbpx

Meja Oshin Minimalis Modern, Serasa Ada di Drama Jepang 90an

Buat kamu yang lahir antara tahun 80 dan 90an, pasti pernah dong dengar drama Oshin. Berkat dorama Japan itu jugalah, ada sebuah istilah meja kecil dengan nama meja oshin minimalis modern yang imut.

Meja kecil ini sebenarnya memiliki istilah resmi yang disebut sebagai kotatsu, yaitu meja sejuta umat warga Jepang untuk membuat mereka tetap hangat.

Saat musim dingin tiba, meja ini selalu ditambahkan selimut dengan fitur penghangat ruangan di bawahnya. Sementara dari sisi desain dan gayanya, kita sebagai orang Indonesia bisa membuatnya sebagai meja lesehan dengan nuansa tradisional.

Alhasil, meja oshin minimalis modern ini pun dapat diterima oleh masyarakat kita secara luas – sekalipun masih jarang yang menggunakannya.

Berbicara masalah gaya dan desain, berikut adalah idenya sekaligus manfaat yang bisa kamu dapatkan!

Meja Oshin Jati

Meja Oshin Jati

Kita sudah tahu jikalau pohon jati menghasilkan kayu terbaik dengan tampilan dan daya tahannya yang tak bisa diremehkan begitu saja.

Saat dijadikan furnitur kotatsu, maka kayu terbaik ini akan meningkatkan fungsinya sebagai meja yang hemat ruangan dan cocok disematkan di ruangan kecil.

Karena desainnya yang pendek dan imut, maka jarak antara permukaan meja dan langit-langit ruangan menjadi jauh lebih lebar, memberikan ilusi ruangan luas di manapun kamu berada.

Normalnya kotatsu di Jepang sudah difituri dengan penghangat ruangan yang dicolokan ke listrik. Namun bagi kita orang Indonesia, fitur tersebut tak diperlukan sehingga jauh lebih menghemat energi.

Untuk menambahkan kesan minimalis dan rapi, tambahkan pajangan berupa buku atau mangkok berisi camilan di atas meja jati tersebut.

BACA JUGA :  Bentuk dan Bahan Sangkar Burung Kecil Minimalis Sesuai Selera

Meja Oshin Oval

Meja Oshin Oval

Saat pertama kali dibuat di Jepang, kotatsu selalu memiliki satu buah desain, yakni kotak atau persegi panjang.

Makanya, kotatsu yang berbentuk oval lebih dinilai sebagai meja oshin minimalis modern karena sudah menjadi alternatif lain dan terbaik dari kotatsu klasik.

Tak perlu berbentuk oval sempurna, yang penting sisinya tak tajam. Dengan begitu bisa mencegah atau mengurangi kemungkinan kita terkena kecelakaan seperti terantuk pada sisi meja.

Ini tentunya menjadi desain terbaik jika di rumah kamu terdapat anak-anak atau bahkan balita yang baru saja jalan. Tak mau dong mereka terjatuh dan terantuk pada ujung meja yang runcing dan tajam.

Dengan tampilannya yang modern tersebut, meja kotatsu ini akan nampak multifungsi berkat sisinya yang aman bagi keluarga dan buah hati kita.

Meja Oshin Bulat

Meja Oshin Bulat

Jika ruangan kamu lebih kecil daripada standar, misalnya kamar 2×2 minimalis, maka carilah meja oshin minimalis modern berbentuk bulat.

Sekalipun kamu menyematkannya di ruangan tengah, kamar masih akan terasa lapang karena mencegah kita terantuk meja daripada penggunaan meja kotak atau persegi panjang yang bersudut.

Bahkan di zaman sekarang, kotatsu melingkar ini menjadi pilihan yang paling banyak disukai oleh anak ABG Jepang.

Sebuah tempat ngopi terkenal bernama Starbucks saja sempat mempopulerkan meja bulat yang dikhususkan bagi pelanggan tunggal yang datang sendirian.

Itu berarti, meja bulat memang sangat cocok dijadikan sebagai furnitur di ruangan kecil yang minim penghuni. Sekalipun masih bisa digunakan oleh 2 hingga 4 orang, namun idealnya digunakan oleh 1 penghuni ruangan saja.

Meja Oshin Lipat

Meja Oshin Lipat

Lain lagi dengan meja oshin minimalis modern yang dapat dilipat, dimana bisa kita sesuaikan waktu penggunaannya. Selama tak digunakan, maka bisa disimpan sehingga mampu menghemat banyak ruang.

BACA JUGA :  ✔ 32+ Model Kitchen Set Minimalis Mewah, Tampilan Ngejreng Masak pun Nyaman!

Menariknya, ada juga loh kotatsu lipat yang ditambahkan ruang penyimpanan layaknya laci. Namun perlu diingat bahwa ruang tersebut nampak kecil dan tipis sehingga hanya cocok dijadikan area bagi ATK seperti buku, pensil, dan bolpoin.

Tinggalkan komentar