fbpx

Kelebihan Membuat Loteng Minimalis Dari Triplek dan Keindahannya

Lantai 2 kita pastinya terdiri dari berbagai berbagai macam bahan, dimulai dari beton, kaso, besi, hingga triplek. Jadi, perlu dicatat bahwa loteng minimalis dari triplek tentunya tidak dibuat dari satu jenis material saja.

Bayangkan jika misalnya loteng kita terbuat dari 100% triplek, maka lantainya bisa ambruk bahkan sebelum kita menempatkan furnitur di sana. Jadi jangan asal saat memasangkannya dan butuh bantuan dari para ahli yang mengerti struktur lantai loteng.

Karena biasanya triplek ini akan digabungkan dengan berbagai macam bahan sebagai salah satu elemen, dan bukan bahan dasar yang utama.

Intinya sama saja, mau itu dipasang di lantai kayu keras lantai pertama ataupun lantai kedua, maka kita membutuhkan bagian bawahnya yang kokoh agar tidak melorot sebagai penahan baku.

Jika kamu mampu memasangkannya dengan benar, maka triplek akan membawa banyak sekali keuntungan saat tersemat di lantai loteng.

Adapun keuntungan loteng minimalis dari triplek sudah dipaparkan di bawah ini dengan lengkap.

Harganya Terjangkau

warna loteng triplek

Jika kita berbicara masalah harga bahan dasar lantai, maka triplek berhasil menempatkan dirinya di urutan pertama setelah kayu keras, ubin, dan bambu.

Selain itu, biaya pemasangannya pun jauh lebih murah karena lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

Seperti misalnya, triplek tak memerlukan instalasi yang memerlukan banyak sekali tekhnik dan bahan. Perekat yang dibutuhkan dan digunakan pun tidak sebanyak bahan dasar lainnya.

Sangatlah Fleksibel

model loteng triplek

Lantai kayu lapis sejauh ini paling fleksibel jika dibandingkan dengan alternatif lainnya. Bahkan hampir tak ada bahan dasar yang mampu menyaingi triplek dalam urusan yang satu ini.

Silahkan saja coba bengkokkan bahan dasar seperti bambu, ubin, dan keramik. Sudah pasti tak akan mampu kita lakukan dan malah pecah atau patah jika dipaksakan.

BACA JUGA :  ✔ 38+ Railing Tangga Minimalis Pengaman Sekaligus Mempercantik Rumah

Berkat fleksibiltasnya tersebut jugalah, loteng minimalis dari triplek juga bermanfaat karena:

  • Mudah diperbaiki.
  • Dapat dicat berulang kali.
  • Dapat diberi aksen sesuai keinginan kita.
  • Dapat menggunakan stensil pada lantai sambil menjaga kualitas dan tampilannya tetap terjaga.
  • Bisa menambahkan lantai kayu lapis di atas atau di bawahnya tanpa harus kehilangan kualitasnya.
  • Bisa dipotong dengan mudah.
  • Dapat disatukan dengan tangga lipat loteng minimalis yang tengah beken.

Hampir tak ada ruginya menggunakan triplek untuk lantai kita, yang terpenting desain dan struktur bangunannya harus tetap kuat.

Gampang Dipasang

model loteng triplek terbaru

Tidak ada ilmu khusus untuk dapat memasang triplek. Dengan begitu, loteng minimalis dari triplek pun dapat dibuat oleh siapa saja.

Akan tetapi harus tetap diserahkan sepenuhnya pada para ahli karena mereka tahu betul cara agar lantai tidak bobrok saat dipasangkan.

Mereka biasanya akan melakukan pemotongan, mengampelasnya, menempatkannya di lantai, memaku, merekatkannya, dan setelah itu barulah finishing bisa kita sesuaikan sendiri dengan selera masing-masing.

Kita bahkan bisa memesan triplek tersebut untuk dipotong sesuai keinginan, entah dari segi bentuk ataupun ukuran tertentu.

Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan

loteng triplek sederhana

Lantai kayu lapis triplek ini ternyata dapat digunakan untuk kondisi lingkungan yang beragam, tak peduli panas ataupun dingin karena hanya mengalami sedikit sekali ekspansi dan konstraksi.

Adanya perubahan lingkungan yang ekstrim juga tak akan mempengaruhi loteng minimalis dari triplek yang telah kita bangun.

Bisa dibilang triplek merupakan bahan dasar yang tahan terhadap air dibandingkan dengan saudaranya kayu keras dan bambu.

Triplek cenderung tak menyerap air dengan begitu mudahnya karena lapisan yang yang rapat sehingga tak ada ruang bagi air untuk menyelinap ke dalam sela-sela dan serat kayu.

Namun tetap saja kadarnya tak boleh berlebihan, karena kayu akan selalu ada dalam kodratnya sebagai penarik air dan tak kuat terkena kondisi lembab.

BACA JUGA :  ✔ 36+ Desain Toko Minimalis Memaksimalkan Penjualan dan Kerapihan

Mudah Dibersihkan

loteng triplek rumah minimalis

Loteng minimalis dari triplek kita akan jadi lebih mudah dibersihkan berkat permukaannya yang benar-benar rata.

Bahkan triplek memiliki titik horizontal terbaik jika dibandingkan dengan jenis struktur permukaan kayu yang lainnya.

Dengan begitu, kita bisa menggunakan vacuum cleaner secara lebih bebas, efektif, dan efisien berkat sifatnya tersebut.

Sekalipun kita memang tak boleh menumpahkan air secara langsung, akan tetapi untuk pengelapan dengan kain basah masih diperbolehkan.

Kadar air seperti yang ada pada kain lap atau pel masih bisa diatasi oleh triplek. Alhasil, sangat mudah untuk menyingkirkan berbagai macam debu di lantai 2 kita yang nyaman.

Peningkat Usia Material Utama

loteng triplek minimalis

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kita tak boleh menggunakan loteng minimalis dari triplek 100%! Sebaliknya, kita harus menyematkannya pada material utama.

Nah, selain dapat memberikan sensasi lembut pada kaki kita di permukaan atas, juga bisa menjaga agar material utama di bawahnya tetap awet dan tahan lebih lama.

Kita pastinya menumbahkan minuman panas seperti kopi atau teh dari waktu ke waktu – atau bahkan bahan kimia.

Dengan dilapisi oleh triplek, maka material lantai utama kita akan terhindar serangan langsung dari agen perusak karena memiliki tameng yang tahan terhadap cairan.

Bisa Menyatu Dengan Semua Bahan

cat loteng triplek

Berkat sifatnya yang fleksibel, triplek mampu berteman dengan hampir semua bahan dasar dinding dan lantai.

Khusus untuk lantai, kita bisa memberikan lapisan pada kayu atau beton. Terutama lantai beton yang sebagian penghuningnya merasa enggan dilapisi oleh keramik karena bernuansa dingin, maka triplek menjadi alternatif terbaik untuk menggantinya dengan nuansa hangat.

Faktanya, lantai 1 dan 2 beralaskan kayu jauh lebih mampu menghidupkan ruangan minimalis dibandingkan dengan marmer ataupun keramik.

Saat kita menggelar karpet di atasnya, maka bahan kayu seperti triplek akan terlihat senada dan indah saat ditatap, sekaligus nyaman saat ditempati.

Tinggalkan komentar