fbpx

8 Tips Memilih Loster Kamar Mandi Minimalis Agar Bebas Masalah

Ventilasi yang tak tersemat di kamar mandi dapat memberikan konsekuensi berupa aroma busuk dan kondisi sekitar yang terlalu lembap. Padahal ada loh pengganti kipas jika kamu tak terlalu menyukainya, misalnya loster kamar mandi minimalis dengan motif indah.

Akan tetapi kita tak boleh secara sembarangan dalam memasangkannya, karena loster tersebut sebenarnya elemen rumahan yang berlubang.

Tak mau kan jika ada orang yang mengintip dari luar masuk ke dalam kamar mandi kita!?

Untuk itulah, kita bisa mendesainnya dengan cara tertentu agar loster kamar mandi minimalis tetap menjalankan fungsinya sambil menjaga privasi secara utuh.

Selain itu, kita pastikan pula bahwa roster yang dipasangkan dapat awet dari serangan dan siraman air sehari-hari. Berikut adalah tipsnya.

Cari Bahan Keramik

roster untuk kamar mandi

Dikarenakan kondisi ruangannya yang seringkali terkena basah dan lembab, maka penggunaan loster yang terbuat dari bahan besi atau loster kayu sangat tidak disarankan.

Bahkan tembok beton saja bisa mengalami  keausan dari waktu ke waktu, makanya banyak orang yang senantiasa melapisinya dengan bahan ubin tersebut.

Begitupun dengan loster, bahan yang terbuat dari keramik mampu mengatasi kedua masalah tersebut dengan begitu efektif.

Faktanya, keramik sudah menjadi salah satu pilihan utama baik untuk lantai ataupun dinding kamar mandi berkat sifatnya yang tahan terhadap kelembapan, anti noda, dan tidak akan menyerap bakteri dan bau.

Tempatkan Agak Atas

loster kamar mandi

Selalu ada orang yang penasaran dengan isi dari rumah kita, dan mengintip ke dalam setiap kali ada kesempatan.

Untuk mencegah aktivitas bebersih kita diintip oleh tipe orang seperti itu, maka kita bisa mengakalinya dengan menempatkan loster kamar mandi minimalis agak ke atas.

Ini dibuat agar mereka tak mudah mengintip kecuali jika mereka benar-benar memang niat melakukannya.

Posisi ini juga tak akan mempengaruhi hawa segar yang masuk ke dalam sekaligus membuang aroma bau dari dalam toilet ke luar ruangan di saat yang bersamaan.

BACA JUGA :  ✔ 40+ Desain Cafe Minimalis Bikin Pelanggan Betah dan Jadi Langganan

Cari Motif Lubang Kecil

model loster kamar mandi

Loster kamar mandi minimalis dipasangkan tentunya dengan 1 tujuan, yaitu agar mendapatkan ventilasi sekaligus memberikan keindahan.

Nah, ada loh jenis loster berlubang kecil yang memenuhi kedua syarat tersebut. Lagipula, kita tak memerlukan lubang terlalu besar.

Semakin besar sebuah lubang maka akan semakin memberikan resiko. Sebut saja nyamuk yang dapat dengan mudah masuk ke dalam celah tersebut dan bertelur di bak, lalu menghasilkan jentik-jentik pembawa penyakit.

Belum lagi jika kita menerima panggilan alam di malam hari, maka lubang besar dapat membawa angin dingin sehingga kita pun rentan terkena masuk angin.

Cari yang Berkaca Kristal

loster kaca kamar mandi

Jika enggan menggunakan loster kamar mandi minimalis yang berlubang, ada pula pilihan yang menggunakan kaca kristal.

Loster ini pun dipasang dengan 2 buah kaca dan nampak saling tumpang tindih. Namun sebenarnya jika dilihat dari pinggir kaca tersebut tidak bersentuhan sehingga menyisakan sebuah lubang sebagai ventilasi.

Ini adalah pilihan yang tepat jika di kawasan kamu banyak sekali pria genit yang doyan mengintip.

Pasalnya, kaca kristal tak dapat tembus pandang sementara masih menyediakan jalur angin atau udara yang mumpuni.

Sama halnya seperti keramik, kaca ini tahan air dan kelembapan, serta tak akan menyerap bau-bauan sehingga menjadi salah satu elemen terbaik untuk tersemat di kamar mandi kita.

Buat Seunik Mungkin

loster keramik kamar mandi

Sementara dari desain dan bentuknya, kita bisa pilih sesuai dengan selera. Misalnya, ada desain loster kamar mandi minimalis yang berbentuk bulat dan lebar sehingga membawa nuansa Eropa ke dalam suatu ruangan.

Ada pula jenis-jenis motif yang indah dan bertema oriental yang cocok digunakan oleh kamu yang senang dengan seni budaya Jepang atau China.

Intinya, hindari penggunaan loster dengan lubang di tengah yang polos. Alasannya cukup sederhana, agar tidak mendorong serangga masuk atau mengundang para pengintip.

Sebagai gantinya, kita bisa memasangkan motif-motif indah agar ruangan tidak monoton dan tetap menarik saat ditatap dari luar.

Pastikan Tersorot Sinar Matahari

harga loster kamar mandi

Kemanapun arah rumah kamu menghadap, pastikan dinding kamar mandi yang dipasangi loster itu sering terkena sorotan matahari secara langsung.

BACA JUGA :  9 Jenis Dekorasi Photo Booth Minimalis Memeriahkan Setiap Acara

Ini ditujukan agar loster kamar mandi minimalis kita bisa segera kering dan lebih awet. Hal ini jugalah yang menjadi sebuah alasan kenapa kita harus memasangkan loster yang terbuat dari kaca kristal atau keramik.

Faktanya, kedua bahan tersebut sangatlah kuat terhadap sengatan sinar matahari dan air hujan secara langsung, serta tidak akan memuai atau mengerut selama terjadinya perubahan suhu dari siang ke malam – atau sebaliknya.

Carilah titik dinding mana yang paling terkena sorotan sinar matahari, kemudian kamu bisa menyematkan loster di sana.

Bersihkan Celahnya Secara Teratur

desain roster kamar mandi

Celah-celah tersebut pasti akan dipenuhi dengan debu dari waktu ke waktu. Jika tak percaya buktikan saja sendiri.

Biarkan loster kamar mandi minimalis tersebut selama satu minggu pasca pembelian, kemudian lihat permukaan selahnya! Pasti sudah banyak debu yang berkumpul di sana.

Untungnya, membersihkan celah loster yang terbuat dari keramik cenderung tak sulit sama sekali, karena bisa disiram langsung dengan menggunakan air di pagi hari.

Sebaliknya, jika dibiarkan maka ada kemungkinan celah tersebut menjadi sarangnya laba-laba. Memang bagus sih, karena bisa menjaring serangga seperti nyamuk untuk tidak masuk ke dalam kamar mandi.

Namun manfaatnya harus dibayar dengan kengerian dari binatang berkaki delapan tersebut. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang takut terhadap laba-laba, maka wajib dibersihkan setiap saat.

Hindari Penggunaan Bahan yang Kurang Pas

contoh loster kamar mandi

Ini termasuk semua hal yang ada pada loster kamar mandi minimalis tersebut, dimulai dari perekat, bahan utama, dan penutup (jika ada). Bahan yang kurang pas diantaranya besi dan kayu.

Kedua bahan tersebut tak kuat mendapatkan serangan dan cipratan air sehari-hari. Misalnya untuk kayu cenderung mudah busuk dan menyerap air serta bau. Sementara besi dapat dengan mudah terkena korosi.

Sekalipun kamu mencampurkan besi dengan bahan metal lainnya seperti baja, seng, aluminium, bahkan hingga galvalum, tetap tak disarankan!

Sekuat-kuatnya campuran besi masih rentan terkena kerusakan jika setiap hati bersentuhan dengan air.

Sementara besi yang karatan dapat membahayakan para pemilik rumah sekaligus membuatnya kurang enak dilihat.

Tinggalkan komentar