fbpx

Lemari Triplek Minimalis Buatan Sendiri Khusus Ber-budget Mini

Lemari yang dijual di mebel itu mahal banget! Budget seratus atau dua ratus ribu pastinya tak memungkinkan kita mendapatkan model yang kokoh dan desain yang keren. Tapi selalu ada cara terbaik untuk dipilih, misalnya dengan membuat lemari triplek minimalis buatan sendiri.

Yang perlu kita lakukan adalah dengan memilih jenis triplek dan sedikit skill untuk mendesain dan memasangkan antara satu elemen dengan yang lainnya.

Pemilihan jenis triplek juga tak bisa sembarangan, karena ada banyak ukuran yang harus kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Adapun ukuran terbaik untuk membuat lemari triplek minimalis buatan sendiri adalah 19 mm. Ini sudah mampu menahan beban dengan desain yang beragam.

Lemari Triplek 1 Pintu

Lemari Triplek 1 Pintu

Segala macam ukuran sebenarnya bisa kita kreasikan sendiri, misalnya dengan membuat sebuah lemari triplek minimalis buatan sendiri dengan hanya 1 pintu saja, lengkap dengan rak triplek yang tersemat di sana.

Sesuai ukurannya, semakin kecil sebuah lemari maka akan mengurangi penggunaan daripada triplek itu sendiri. Sementara ukuran yang direkomendasikan masih sama, yakni 19 mm atau lebih.

Bahannya yang terdiri dari lembaran kayu tipis yang dipadatkan dan diikat membuat triplek menjadi bahan yang serbaguna dalam konstruksi berkat kekuatan, daya tahan, dan keserbagunaannya.

Konsep pembuatan furnitur dari kayu lapis ini sebenarnya sudah ada semenjak 1500 sebelum masehi di Mesir Kuno.

Akan tetapi penggunaannya secara besar-besaran untuk tujuan furnitur di zaman sekarang pertama kali diproduksi pada tahun 1928 di Amerika, dan sampai ke negara kita sebagai alternatif murah yang masih mengedepankan kualitas dan tampilan terbaik.

BACA JUGA :  Murah dan Indah, Dipan Palet Minimalis Siap Memberikan Manfaat Super!

Lemari Triplek 2 Pintu

Lemari Triplek 2 Pintu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa triplek termasuk ke dalam salah satu material paling serbaguna untuk pembuatan beragam furnitur.

Dengan begitu bisa kita gunakan pula untuk lemari triplek minimalis buatan sendiri dengan 2 pintu.

Tak perlu takut untuk membuat sebuah furnitur yang lebih besar daripada 1 pintu, karena sebenarnya triplek memang menawarkan keuntungan yang sama dengan kayu induknya, akan tetapi menawarkan stabilitas yang lebih besar berkat strukturnya yang berlapis.

Dengan struktur kayu lapis yang berbutir silang, maka kekuatannya cenderung terdistribusi dengan baik dan merata, sehingga cukup mumpuni saat dibuat menjadi sebuah lemari berdaun 2 pintu yang menarik hati untuk dilirik dan murah meriah.

Lemari Triplek 3 Pintu

Lemari Triplek 3 Pintu

Bahkan tak hanya 2 pintu saja, 3 buah ayunan pintu pun boleh kamu buat selama ukuran dari bahan bakunya sesuai.

Intinya adalah semakin lebar ukuran sebuah furnitur, maka ketebalannya pun harus kamu tingkatkan. Sedikit di atas 20 mm cenderung disarankan jika kamu ingin membuat lemari triplek minimalis buatan sendiri dengan ukuran di atas 3 pintu.

Lemari Triplek 4 Pintu

Lemari Triplek 4 Pintu

Ketebalan dan kepadatan pada penggunaan lemari 4 pintu pun masih sama dengan lemari 3 pintu di atas.

Apalagi furnitur yang satu ini membutuhkan lebih banyak sambungan yang pada prosesnya seringkali melakukan tusukan paku dan pukulan.

Demi menjaga agar triplek tersebut tetap bagus dalam menahan proses tersebut, maka ukuran di atas 20 mm cenderung lebih disarankan.

Semakin tebal maka akan semakin bagus, agar lemari triplek minimalis buatan sendiri kita tak mudah rusak, terutama pada saat proses pembuatan berlangsung.

Belum lagi furnitur besar lebih rentan terkena benturan saat dipindahkan. Jika triplek yang digunakan terlalu tipis, maka kemungkinan retak atau rusak parah malah semakin besar.

BACA JUGA :  Model Pintu 1 Daun Minimalis, Selalu Indah Siang Malam

Tinggalkan komentar