fbpx

6 Tipe Lemari Perabot Minimalis Mengorganisir dan Mempercantik Hunian

Sebanyak apapun barang-barang yang kita miliki di rumah, pastikan untuk tidak membuatnya berantakan! Maka dari itulah kita memerlukan lemari perabot minimalis yang dapat kita letakkan di beberapa tempat penting dalam rumah.

Lemari ini akan menjalankan fungsinya sebagai ruang penyimpanan koleksi dan barang-barang rumahan yang vital.

Bedakan pula berdasarkan jenisnya agar tidak acak-acakan dan terorganisir dengan baik. Barang yang tersimpan pada tempatnya tentu akan memudahkan kita saat mencari dan ingin menggunakannya.

Lemari Perabot Minimalis

Jika tidak, maka akan menghabiskan banyak waktu dan bikin kepala puyeng. Coba hitung saja jika misalnya rata-rata mencari barang yang hilang itu selama 10 menit, dan sehari ada 5 buah barang yang selalu dicari.

Maka, kita kehilangan 50 menit waktu berharga setiap harinya. Kemudian kalikan seminggu, sebulan, atau bahkan setahun!

Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak mengorganisir barang dan menyimpannya di lemari perabot minimalis.

Untuk jenisnya sendiri maka bisa kita bagikan ke beberapa bagian, entah itu dari sisi fungsi ataupun bahan dasar yang digunakan.

Lemari Perabot Dapur

Lemari Perabot Dapur

Sesuai namanya, lemari ini digunakan untuk menyimpan peralatan dapur seperti piring, gelas, dan barang pecah belah lainnya.

Tentu saja, dikarenakan peralatan dapur sendiri memiliki banyak sekali kategori, maka harus kita pisahkan dan rapikan sesuai jenisnya juga!

Siapkan rak-rak di lemari tersebut untuk memisahkan barang-barang sesuai jenisnya. Perabotan yang lebih sering digunakan harus disimpan di tengah-tengah agar lebih mudah saat diambil.

Selanjutnya ukuran dari lemari pun harus kita tentukan dengan benar. Pasalnya, kita menggunakan kabinet tersebut untuk merapikan barang, dan bukan membuat dapur menjadi tambah lebih sempit. Bila perlu, kamu bisa menggunakan lemari setengah badan minimalis yang juga memiliki fungsi berupa sekat.

Berhati-hati juga terhadap lemari yang berbahan dasar kaca, jika kegedean sementara dapur kita sempit, maka kemungkinan terkena kecelakaan semakin bertambah.

BACA JUGA :  Rak TV Minimalis di Kamar Tidur Menina-Bobokan di Malam Hari

Lemari Perabot Rumah Tangga

Lemari Perabot Rumah Tangga

Perabotan rumah tangga itu ada banyak sekali jenisnya. Misalnya ada barang-barang dapur, service kit, pakaian, dan beberapa alat memasak tertentu.

Masing-masing darinya harus disimpan di ruang terpisah dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Apalagi jika kamu adalah seorang koki yang rajin memasak, sudah dipastikan memiliki banyak sekali alat memasak dan membutuhkan ruang penyimpanan yang luas.

Lemari perabot minimalis diperlukan untuk menentaskan masalah kamu tersebut, dan harus memiliki lebih dari satu.

Untungnya, ada banyak sekali cara untuk dapat memaksimalkan setiap ruangan yang ada. Seperti misalnya pada dapur, kita bisa menempatkan barang secara vertikal bertumpuk karena cenderung lebih hemat ruang dan beban.

Pasang pula rak portable untuk menempatkan barang-barang dapur yang sering digunakan termasuk wadah bumbu dan rempah-rempah agar kita tak perlu membuka pintu lemari setiap kali memasak.

Lemari Perabotan Kayu

Lemari Perabotan Kayu

Dari fungsi kita masuk ke bahan dasar. Salah satu jenis lemari perabot minimalis yang sering dipilih adalah terbuat dari kayu.

Ini karena kayu cenderung lebih banyak tersedia dan harganya yang murah. Mudah dibawa dan diangkut dan kuat terhadap benturan – tidak seperti kaca yang rentan pecah.

Kita juga bisa menempatkan berbagai macam perabotan dapur atau sekedar koleksi favorit di dalamnya.

Namun tetap bersihkan setiap waktu karena debu dapat menempel secara permanen dan sulit untuk dibersihkan jika dibiarkan terlalu lama pada lapisan kayu.

Selalu jaga lemari kayu agar tetap bersih dan rawatlah sebaik mungkin demi mencegah terjadinya keausan. Jika sudah terlanjur, maka lapisi dengan minyak kayu atau jati sesuai kebutuhan.

Lemari Perabotan Aluminium

Lemari Perabotan Aluminium

Ada pula jenis lemari perabot minimalis yang terbuat dari aluminium, entah itu dibuat seluruhnya dari bahan tersebut, atau dicampur dengan kaca dan kayu.

Namun apapun itu, aluminium memiliki banyak sekali keuntungan dan kelebihan jika dibandingkan dengan bahan dasar lainnya.

BACA JUGA :  Ukuran Kandang Ternak Perkutut Minimalis dan Cara Pengembangbiakannya

Misalnya, lemari aluminium cenderung tidak menyerap tumpahan air, tahan kelembapan, dan anti basah. Dengan demikian, perawatannya pun terbilang cukup rendah.

Harganya juga jauh lebih murah dan ekonomis. Kamu tentu bisa menempatkan makanan panas di dalamnya karena bisa tahan terhadap suhu tinggi serta kimia sekalipun.

Hama dan serangga tak akan mampu menyerang lemari kita! Jadi, sudah pasti bersih dan higienis.

Lemari Perabotan Kaca

Lemari Perabotan Kaca

Lemari perabot minimalis yang terbuat dari kaca mungkin menjadi satu-satunya kabinet yang paling artistik dan perlu dijaga dengan sebaik-baiknya.

Bisa kita ibaratkan sebagai anak bawang, sebagai pemilik kita harus memperlakukannya selembut mungkin.

Sebagai gantinya, kita dapat memajang perabotan rumah tangga secantik mungkin karena dapat terlihat dari luar.

Jadi bukan sekedar ruang penyimpanan, melainkan menjadi daya tarik rumah minimalis itu sendiri.

Kita bisa menyimpan semua barang dapur di dalam lemari indah yang satu ini, selama beratnya masih mampu ditahan.

Dari fungsinya, kita pun akan segera dengan mudah dan cepat mengetahui barang-barang yang ingin kita gunakan karena sudah terlihat dengan jelas bahkan sebelum kita membuka pintu lemari tersebut.

Lemari Perabot Jati

Lemari Perabot Jati

Katakanlah kamu ingin mendapatkan lemari perabot minimalis dari kayu, akan tetapi kekuatannya masih sebanding dengan besi, maka jawabannya adalah kayu jati!

Hanya saja harganya mungkin cenderung lebih mahal daripada jenis kayu manapun, bahkan nilai jual dari aluminium saja masih kalah bersaing dengannya.

Namun sesuai dengan hukum barang, maka ada harga dan ada rupa. Selain tahan lembab, kayu jati pada lemari perabotan rumah kita juga akan tahan terhadap cahaya dan panas, sehingga cocok disimpan di dapur.

Sifat alami kayunya juga membuatnya tahan terhadap hama dan agen berbahaya lainnya. Karakteristik tersebut jugalah yang membuat kayu jati menjadi alat yang sangat baik untuk peralatan dapur dan kamar mandi.

Tinggalkan komentar