fbpx

Ini Dia Penjelasan Paling Lengkap Tentang Lampu Paralon Minimalis

Assallamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh, kembali lagi bersama kami minimalis.co.id. Kali ini Kami akan membahas tentang lampu paralon minimalis. Kenapa lampu paralon ninimalis harganya kok agak mahal ya? ada yang seratus ribu rupiah ada yang seratus lima puluh ribu rupiah bahkan sampai duaratus ribu.

Memanfaatkan barang jadi sesuatu yang berguna merupakan cara kita untuk kurangi tumpukan sampah. Pipa paralon sering diakui remeh dan terbuang sia-sia dan sudah tidak diperhitungkan lagi oleh kebanyakan orang. Padahal kalau kita semua bisa menyadari ilmunya, paralon yang awalnya di anggap remeh bisa menghasilkan menjadi uang loh.

Lampu Paralon Minimalis
Lampu Paralon Minimalis

Tinggal bagaimana caranya kita mengemas paralon tersebut menjadi barang yang antik dan tentunya bisa di jual dengan harga yang tinggi.

Macam-Macam Kerajinan Tangan Berasal dari Pipa Paralon

Beranekaragam ciptaan yang terbuat dari pipa paralon untuk menjadi barang yang unik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Tapi, kita tidak hanya melihat atau jadi penonton saja, sekarang zaman sudah serba canggih dan modern. Mau info apa saja tinggal searching di Google, YouTube dan media media lainnya selama masih ada internet.

Berikut ini Beberapa Kerajinan Tangan dari Pipa Paralon

  1. Lemari Pakaian dari Pipa Paralon:Lemari pakaian dari Pipa Paralon merupakan salah satu keperluan yang di butuhkan dalam berumah tangga. Karena bisa menampung berbagai macam pakaian sepatu dll.Kerap kita jumpai lemari pakaian terbuat dan berasal dari besi ataupun kayu. Pernahkah kalian melihat lemari dari bahan-bahan pipa paralon? Cara membuat lemari dari paralon memang agak sedikit rumit.Anda dapat membuatnya dengan cara melihat video yang tersebar di YouTube, Google dan berbagai macam media lainnya yang tersebar di dunia maya.
  2. Rak Serbaguna:Nah kalau rak serbaguna ini sesuai dengan namanya yang bisa untuk menaruh berbagai macam barang barang kita yang ada di dalam rumah.Anda dapat menyulap paralon jadi rak serbaguna, anda bisa membuatnya dengn cara lihat tutorial yang ada di YouTube.
  3. Tempat Perkakas:Perkakas adalah suatu tempat yang akan menjadi masalah kalau kita tidak memilikinya. Apabila kita berpikir konsumtif, ujung-ujungnya wajib beli.Tetapi, coba kami ubah pola pikir, bagaimana kalau misalnya kita akan membuat barang-barang bekas menjadi perkakas ? cara membuatnya kita bisa melihat tutorial atau cara nya yang ada di YouTube, Google dan media media lainnya selama kita masih ada internet di rumah kita.
  4. Pot Bunga Bertingkat:Pekerjaan yang mampu kami buat berasal dari pipa paralon benar-benar beragam, salah satunya pot bunga bertingkat. Barang bekas yang berasal dari pipa paralon bisa disulap menjadi pot bunga bertingakat yang indah.Cara membuatnya kita bisa melihat tutorial atau cara nya yang ada di YouTube, Google dan media media lainnya selama kita masih ada internet di rumah kita.
  5. Dekorasi Interior:Dekorasi interior”, kedengarannya elegan, mewah dan membutuhkan biaya yang tidak murah. Mesti mencari jasa lah, mengatur desain dan segala macam.Biasanya dekorasi interior terbuat dari kayu, semen dan besi. Beda lagi ceritanya kalau misalkan kamarmu di hiasi dekorasi interior dengan pipa paralon, akan terlihat unik dan kreatif tentunya.Cara membuatnya pun kita bisa melihat tutorial atau cara nya yang ada di YouTube, Google dan media media lainnya selama kita masih ada internet di rumah kita.
BACA JUGA :  Kolam Buatan Minimalis Dengan 4 Desain yang Ciamik

Disini saya akan menjelaskan tentang lampu paralon minimalis kenapa kok bisa mahal? dari segi bahan dan proses pengerjaannya. Disini kita perinci bahan-bahan yang kita butuhkan.

Untuk membuat satu unit lampu hias paralon, kita membutuhkan paling tidak 35 cm tergantung jenis paralonya. Ada yang pakai 3 inchi, ada yang pakai 4 inchi dan type D atau tipe AW.

Khususnya saya, saya pakai tipe AW rata-rata ukuran lampu paralon minimalis saya dengan tinggi 35cm, itu saya membutuhkan satu lonjor atau satu batang paralon dengan harga 210 ribu, itu untuk merk Maspion.

Kita potong 35 cm, berarti kita dapat sekitar 10 sampai 11 potong dan disitu kita bisa kalkulasi 210 ribu : 11 paralon ukuran 4 inchi tpe harga 210 : 11= 19.000.

Jadi per potong bahan paralon 19.000, kemudian kita butuh juga staiker atau jek lalu saklar gantung, kemudian ada juga fitting lampu dan juga ada kabel.

Daftar harga harga yang bisa kalian lihat :

  • Steker : 3500
  • Saklar gantung : 35000
  • Fitting lampu : 3000
  • Kabel 1 meter : 3000 atau 4000

Tinggal kita kalkulasi saja bahan-bahannya, kemudian untuk biaya ngeprint katakanlah kita butuh model yang bagus, yang seperti satu lembar berkisar 1.500-2.000.

Tergantung rental komputer ngasih harga berapa tapi rata-rata 1500-2000 perlembar, berikut beberapa harga yang perlu disiapkan:

  • Amplas : 2.000
  • Clear varnish : 10.000
  • Gas LPG jika motif bakar : 3.000
  • Listrik : 5.000

Amplas masuk hitungan walaupun tidak sekali pakai, kita juga pakai vernish ataupun biaya tambahan ketika kita ingin membakar.

Kita bakar paralon sudah masuk biaya tambahan, anggap aja biayanya 4.000 atau 3.000 karena dalam satu tabung keseluruhan tak cuma sekali pakai, tapi bisa untuk berkali-kali pakai anggaplah 3000.

Kemudian listrik,  listrik kita kalkulasi juga berapa jam kita mengerjakan satu unit paralon. Terkadang ada yang tujuh jam atau sampai dua hari, kalau ukurannya besar biasanya sampai 10 hari. Tapi kita di sini bicara yang standar saja yang ukurannya 35 cm.

BACA JUGA :  Ukuran Loster Kayu Minimalis untuk Berbagai Macam Tujuan

Kemudian ada dudukan kayu juga dan ini sudah masuk biaya, makanya kenapa lampu paralon minimalis kok bisa mahal. Untuk dudukan kayu diperkirakan harganya sekitar 6.000-7.000.

Dan tidak lupa kita membicarakan ongkos tukang atau tenaga kerja, perhari kalau di Jawa kadang ada yang dapat 80-100. Itupun dikasih makan, masih dikasih rokok, masih dikasih makanan cemilan saat waktu istirahat.

Tapi di sini saya kasih taksiran Rp80.000 Rp70.000 sampai 80 ribu perhari itu sudah tanpa rokok, tanpa makanan. Jadi lebih murah dibanding tukang-tukang bangunan profesional yang lainnya.

Nah, tinggal kita kalkulasi saja biaya-biaya tadi bahan-bahan yang kita perlukan.

Berikut ini kalkulasi lengkapnya:

  1. Potongan palaron : 19.000
  2. Sreker  : 3500
  3. Saklar : 3500
  4. Fitting lampu : 3000
  5. Kabel : 3000/meter
  6. Amplas : 2000
  7. Clear varnish : 10.000
  8. Dudukan kayu : 6000
  9. Kertas mal : 1500
  10. Besi siku : 5000/pasang
  11. Listrik :  5000/ hari
  12. Biaya tukang : 70-80/ hari
  13. Total : 130.000

Daftar list harga di atas 130.000 itu masih kotor ya tanpa ada rokok, tanpa ada camilan-camilan, yang lainnya sudah bersih dan tinggal di jual.

Maka dari itu kalau misalnya harga lampu paralon minimalis dengan harga 140.000-150.000 itu sudah sangat minim dan sudah tidak bisa di tawar menawar lagi.

Baca juga: Bufet TV Minimalis

Kalau ada yang jual lebih murah dari itu, untungnya masih dipertanyakan, yang jelas pengrajin tak mungkin cuma bikin kerajinan saja tetapi juga cari untung.

Itu adalah hitungan untuk paralon tipe AW ada yang ukuran 4 inch, belum menyeluruh, mungkin ada yang pakai 3 inch ada yang pakai 6 inch, kemudian ada yang pakai tipe D atau type C yang tipis.

Kalau saya sendiri pakai tipe AW karena lebih mantab, kemudian ukirannya pun juga tidak tembus. Jadi bisa dijual mahal atau agak beda dikit harganya, itu karena ini tidak tembus. kalau tidak tembus biasanya semua motif pembuatan lampu paralon minimalis bias dibuat.

Kemudian motif  bakar bisa dijual agak mahal karena lebih mengedepankan kualitas. Itula sedikit ulasan dari kami, mungkin ada sesama pengrajin yang beda pendapat atau mungkin penjelasan ini kurang tepat . Silahkan tinggalkan pendapatnya di kolom komentar tentang harga lampu paralon minimalis ini.

Mudah-mudahan bermanfaat untuk para pengrajin agar tidak salah salah memberi harga, karena kita ingin cari untung bukan cuma cari konsumen saja. Cukup Sekian dari kami, kita sambung lagi di artikel-artikel berikutnya, terimakasih.

Tinggalkan komentar